| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 27 Mei 2010 Hari Biasa Pekan VIII

Kamis, 27 Mei 2010
Hari Biasa Pekan VIII

Doa Renungan

Allah Bapa, Engkaulah sumber hidup dan penghiburan kami. Hari ini Engkau menunjukkan kemuliaan-Mu kepada si buta. Berkat imannya yang teguh ia memperoleh keselamatan. Bapa tambahkanlah juga iman kami agar kami pun boleh memperoleh keselamatan. Amin.

Petrus terus meneguhkan iman jemaat yang telah percaya kepada Kristus. Sebagai Israel yang baru, mereka menjadi bangsa terpilih, kaum imam yang rajawi, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah. Meterai surgawi ini adalah buah Paskah kebangkitan Tuhan. Konsekuensinya, jemaat mesti hidup secara baik dan benar untuk memuliakan Allah.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus (2:2-5.9-12)

"Kalianlah bangsa terpilih, kaum imam yang rajawi, bangsa yang kudus, umat milik Allah sendiri. Kalian harus memaklumkan karya agung Tuhan. Sebab Ia telah memanggil kalian."

Saudara-saudara terkasih, seperti bayi yang baru lahir, hendaklah kalian selalu ingin akan air susu yang murni dan rohani. Berkat susu itu kalian akan bertumbuh dan beroleh keselamatan, jika benar-benar kalian telah mengecap kebaikan Tuhan. Datanglah kepada Tuhan. Dialah batu yang hidup, yang dibuang oleh manusia, tetapi dihormati dan dipilih dari hadirat Allah. Biarlah kalian juga dipergunakan sebagai batu hidup untuk pembangunan suatu rumah rohani, bagi suatu imamat kudus, untuk mempersembahkan persembahan rohani, yang berkenan kepada Allah karena Yesus Kristus. Kalianlah bangsa yang terpilih, kaum imam yang rajawi, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri. Maka kalian harus memaklumkan perbuatan agung Allah. Ia telah memanggil kalian keluar dari kegelapan masuk ke dalam cahaya-Nya yang menakjubkan. Kalian yang dahulu bukan umat Allah, kini telah menjadi umat-Nya. Kalian yang dahulu tidak dikasihani, kini telah memperoleh belas kasih. Saudara-saudara yang terkasih, aku menasihati kalian, supaya sebagai pendatang dan perantau, kalian menjauhkan diri dari keinginan-keinginan daging yang berjuang melawan jiwa. Hiduplah secara baik di tengah-tengah bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kalian sebagai orang-orang jahat, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawati mereka.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan PS 840
Ref. Bahagia kuterikat pada Yahwe. Harapanku pada Allah Tuhanku.
Ayat. (Mzm 100:2.3.4.5)
1. Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai.
2. Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah; Dialah yang menjadikan kita, dan punya Dialah kita: kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
3. Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, masuklah pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya, dan pujilah nama-Nya!
4. Sebab Tuhan baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun temurun.

Bait Pengantar Injil PS 951
Ref. Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat. Akulah cahaya dunia. Barangsiapa mengikuti Aku, hidup dalam cahaya abadi. (Yoh 8:12b)

Iman itu mempunyai kekuatan yang dahsyat. Berkat iman, Bartimeus si buta mmperoleh keselamatan Allah. Ia dapat melihat dan mengalami hidup yang serba baru. Dengan menanggalkan jubahnya, Bartimeus bertekad meninggalkan kehidupan yang lama dan mengenakan hidup yang baru dalam kasih Yesus yang diikutinya.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (10:46-52)


"Rabuni, semoga aku melihat."

Pada suatu hari, Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Yerikho. Ketika Yesus keluar lagi dari Yerikho, bersama murid-murid-Nya, dan orang banyak yang berbondong-bondong, duduklah di pinggir jalan seorang pengemis yang buta, bernama Bartimeus, anak Timeus. Ketika didengarnya, bahwa yang lewat itu Yesus dari Nazaret, mulailah ia berseru, “Yesus, Anak Daud, kasihanilah aku!” Banyak orang menegurnya supaya ia diam. Namun semakin keras ia berseru, “Anak Daud, kasihanilah aku!” Maka Yesus berhenti dan berkata, “Panggillah dia!” Mereka memanggil si buta itu dan berkata kepadanya, “Kuatkanlah hatimu. Berdirilah , Ia memanggil engkau.” Orang buta itu lalu menanggalkan jubahnya. Ia segera berdiri, dan pergi mendapatkan Yesus. Yesus bertanya kepadanya, “Apa yang kaukehendaki Kuperbuat bagimu?” Orang buta itu menjawab, “Rabuni, semoga aku dapat melihat.” Yesus lalu berkata kepadanya, “Pergilah, imanmu telah menyelamatkan dikau.” Pada saat itu juga melihatlah ia! Lalu ia mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan

Salah satu keutamaan dalam kehidupan adalah pengharapan. Setiap orang berharap mendapat dan mengalami hal-hal yang indah, menyenangkan, dan membahagiakan dalam hidupnya.

Apa yang menjadi harapan khusus dari Bartimeus yang buta ketika ia mendengar bahwa Yesus berada di kotanya, Yeriko? ”Supaya aku dapat melihat!” Suatu harapan realistis di hadapan Yesus. Walaupun harus berdesakan dengan orang banyak, dan Bartimeus dianggap hanya mengganggu pengajaran Yesus serta kenyamanan mereka karena teriakannya—”Yesus, anak Daud, kasihanilah aku”—ia tetap tegar ingin dijamah dan disembuhkan oleh Yesus. Yesus pun berpaling kepadanya. Yesus memberi perhatian khusus. Bartimeus disembuhkannya dengan sapaan: ”Pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau!”

Kejadian ini mengungkapkan sesuatu yang sangat penting tentang cara Allah berinteraksi dengan kita manusia. Orang kecil yang terabaikan mendapat perhatian Yesus dan sebaliknya orang seperti ini mempunyai iman yang besar akan Penyelenggaraan Ilahi. Yesus tidak hanya bersimpati dengan orang-orang kecil, tetapi mengambil tindakan nyata membebaskan mereka dari penderitaan. Yesus yang mempunyai hati yang mengasihi adalah batu penjuru yang menjadikan kita umatnya sebagai bangsa terpilih, imamat rajani, bangsa yang kudus, bangsa kepunyaan Allah sendiri, yakni bangsa yang punya pengharapan, bangsa yang dibebaskan dan diselamatkan.

Ya Tuhan, bangkitkanlah senantiasa pengharapanku bahwa di dalam Dikau segala kesusahan dapat diatasi. Kuatkanlah imanku akan kasih-Mu yang membebaskan. Amin.

Ziarah Batin 2010, Renungan dan Catatan Harian

Bagikan

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy