| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Angelus Paus Benediktus XVI, 24 Februari 2008 Minggu Prapaskah III, "Perempuan Samaria"

 oleh Paus Benediktus XVI, dikutip dari Angelus, 24 Februari 2008
 
Tahun ini, pada Minggu Ketiga Prapaskah ini, liturgi kembali menghadirkan salah satu perikop Alkitab yang paling indah dan mendalam: dialog antara Yesus dan perempuan Samaria (bdk. Yoh 4:5-42). Tidak mungkin memberikan penjelasan singkat tentang kekayaan perikop Injil ini. Seseorang harus membaca dan merenungkannya secara pribadi, mengidentifikasi dirinya dengan wanita yang, suatu hari seperti hari-hari lainnya, pergi menimba air dari sumur dan menemukan Yesus di sana, duduk di sebelahnya, "lelah karena perjalanan" di tengah hari. panas. "Beri aku minum", katanya, membuatnya sangat terkejut: sebenarnya sangat tidak biasa bahwa seorang Yahudi berbicara dengan seorang perempuan Samaria, dan terlebih lagi dengan orang asing. Tapi kebingungan perempuan itu ditakdirkan untuk meningkat. Yesus berbicara tentang "air hidup" yang dapat memuaskan dahaganya dan menjadi "mata air yang memancar hingga hidup yang kekal" di dalam dirinya; selain itu, Dia menunjukkan bahwa Dia mengetahui kehidupan pribadinya; Dia mengungkapkan bahwa waktunya telah tiba untuk menyembah satu-satunya Tuhan yang benar dalam Roh dan kebenaran; dan terakhir, Dia mempercayakan sesuatu yang sangat langka: bahwa Dia adalah Mesias.
 
Semua ini dimulai dari pengalaman kehausan yang nyata dan luar biasa. Tema kehausan tersebar di seluruh Injil Yohanes: dari pertemuan dengan wanita Samaria hingga nubuatan besar selama pesta Tabernakel (Yoh 7: 37-38), bahkan hingga Salib, ketika Yesus, sebelum ia wafat, dikatakan untuk menggenapi Kitab Suci: "Aku haus" (Yoh 19:28). Rasa haus Kristus adalah pintu masuk menuju misteri Allah, yang menjadi haus untuk memuaskan dahaga kita, sama seperti Ia menjadi miskin untuk membuat kita kaya (bdk. 2 Kor 8:9). Ya, Allah haus akan iman dan kasih kita. Sebagai Bapa yang baik dan penyayang, Dia menginginkan kebaikan kita yang total dan mungkin, dan kebaikan ini adalah Dia sendiri. Perempuan Samaria, di sisi lain, mewakili ketidakpuasan eksistensial dari seseorang yang tidak menemukan apa yang dicarinya. Dia memiliki "lima suami" dan sekarang dia tinggal bersama pria lain; dia pergi ke dan dari sumur untuk menimba air mengungkapkan kehidupan yang berulang dan pasrah. Namun, segalanya berubah untuknya hari itu, berkat percakapan dengan Tuhan Yesus, yang membuatnya kesal sampai-sampai dia meninggalkan kendi airnya dan berlari untuk memberi tahu penduduk desa: "Mari, lihat! Di sana ada seorang yang mengatakan kepadaku segala sesuatu yang telah kuperbuat. Mungkinkah Dia Kristus itu?" (Yoh 4:29).
 
Saudara dan saudari terkasih, seperti perempuan Samaria, marilah kita juga membuka hati kita untuk mendengarkan Sabda Allah dengan penuh kepercayaan untuk bertemu dengan Yesus yang mengungkapkan kasih-Nya kepada kita dan mengatakan kepada kita: "Akulah Dia, yang sedang berkata-kata dengan engkau." (Yoh 4: 26).
 
Public Domain

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy