| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sejarah singkat dan simbolisme membasuh kaki pada Kamis Putih

 Salah satu bagian khas liturgi selama Pekan Suci adalah tradisi membasuh kaki pada Kamis Putih. Di tengah Misa, para imam akan membasuh kaki umat paroki, meniru teladan Yesus pada Perjamuan Terakhir.

Tindakan membasuh kaki selama liturgi sangat kuno dan awalnya tidak dikhususkan untuk Kamis Putih.

Prosper Louis Pascal Guéranger adalah seorang imam Prancis dan biarawan Benediktin kelahiran tahun 1805, menjelaskan dalam Tahun Liturginya bagaimana hal itu dimulai pada Gereja perdana.

     "Pada awalnya itu hampir menjadi praktik sehari-hari. Santo Paulus ketika menyebutkan sifat-sifat yang harus menghiasi Janda Kristen, termasuk membasuh kaki para Orang Kudus, yaitu Orang Beriman. Kami menemukan tindakan amal yang rendah hati ini dipraktekkan di Zaman Penganiayaan dan bahkan sesudahnya. Kisah Para Orang Kudus dari enam abad pertama dan Homili serta Tulisan para Bapa Suci dipenuhi dengan kiasan untuk itu."

  

 

    Wolfgang Sauber (CC)


 
St Agustinus menyebutkannya dalam surat kepada Januarius.

     "Mengenai pembasuhan kaki , karena Tuhan merekomendasikan ini karena ini adalah contoh kerendahan hati yang Dia datang untuk ditembak, seperti yang Dia sendiri jelaskan kemudian, pertanyaan yang muncul adalah pada waktu apa yang terbaik, dengan pelaksanaan literal dari pekerjaan ini, untuk memberikan instruksi publik tentang tugas penting yang diilustrasikannya, dan kali ini [Prapaskah] disarankan agar pelajaran yang diajarkan olehnya dapat memberikan kesan yang lebih dalam dan lebih serius"

Pada abad pertengahan tindakan membasuh kaki menjadi bagian dari perayaan liturgi Kamis Putih, di mana para uskup setempat dan bahkan berhenti akan membasuh kaki 12 orang miskin .

Ini kemudian diakhiri dan dibatasi di Vatikan untuk 12 diakon, imam, atau uskup. Pada intinya, dinyatakan dalam Misa Romawi tahun 1955 bahwa 12 orang akan dipilih untuk upacara pembasuhan kaki pada hari Kamis Putih, mewakili 12 Rasul.

Upacara tersebut tetap menjadi bagian yang indah dari Kamis Putih, mengingatkan kita bahwa pemuridan menuntut kita untuk meniru Kristus, yang memberikan hidup-Nya untuk kita dan menunjukkan kepada kita bagaimana saling mengasihi.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy