| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 02 Mei 2024 St. Athanasius dari Alexandria

Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St Athanasius, Uskup dan Pujangga Gereja, pembela iman yang hebat dan hamba Tuhan yang setia. St Athanasius adalah Patriark Aleksandria yang membela imannya melawan mereka yang menganut ajaran sesat Arianisme.

Ajaran sesat Arianisme pada saat itu begitu serius sehingga banyak umat beriman, khususnya para imam dan uskup, menganut ajaran sesat tersebut. Setelah dipopulerkan oleh pengkhotbah Arius yang menyatakan bahwa Tuhan Yesus tidak setara atau kekal dengan Bapa, melainkan hanya makhluk ciptaan. Ini adalah sebuah ajaran sesat yang besar, karena Gereja dan Kitab Suci telah dengan tegas menegaskan bahwa Allah ada dalam Tritunggal Mahakudus, yaitu Bapa, Putra, dan Roh Kudus, yang telah ada sejak sebelum permulaan zaman dan setara satu sama lain, terikat secara tak terpisahkan oleh kasih yang sempurna.

St Athanasius dengan tegas menentang ajaran sesat Arius, menentang pandangannya dan secara terbuka menentang ajarannya, dan mendorong umat beriman untuk menentang ajaran dan khotbah palsunya. Namun, banyak di antara mereka yang terpengaruh oleh Arius yang karismatik, dan banyak uskup serta imam yang mendukung ajaran sesatnya. St Athanasius harus menanggung tantangan dan kesulitan, bahkan melawan Kaisar dan sesama uskup yang berkuasa, karena ia diasingkan dari Tahta Aleksandria karena pertentangan tersebut.

Meskipun demikian, St Athanasius tidak menyerah atau mundur karena semua pertentangan terhadap dirinya. Dia terus berkampanye dan bekerja dengan penuh semangat melawan ajaran-ajaran palsu para bidah, dan pandangan-pandangannya yang teguh serta keyakinan ortodoksnya dapat dilihat saat ini dalam versi Pengakuan Iman yang disusun oleh orang suci itu sendiri, Pengakuan Iman Athanasius, sebuah versi yang jauh lebih komprehensif. Pengakuan Iman Nikea, yang dirancang khusus untuk mengutuk ajaran sesat para bidah.

Banyak jiwa telah diselamatkan karena karya orang suci yang suci ini, dan karena semua yang telah dilakukannya, ia telah menjaga kesatuan banyak umat beriman dengan Pokok Anggur yang Sejati, yaitu Yesus Kristus. Iblis tahu bahwa jika ia ingin berhasil mendapatkan jiwa umat beriman, ia harus menyerang mereka yang bekerja keras untuk memelihara kesatuan Gereja. Itulah sebabnya dia begitu gigih menyerang St. Athanasius, serta banyak hamba Tuhan lainnya, bekerja tanpa kenal lelah untuk menjaga umat beriman dari taring setan yang rakus.

Saudara-saudari dalam Kristus, sekarang, setelah mendengar perkembangan iman kita dan bagaimana kita bersatu sebagai satu Gereja, tidak lagi terpecah belah karena adat istiadat atau identitas ras, tetapi sebagai satu umat bersama di hadapan Allah, marilah kita semua menyadari kewajiban kita. yang kita miliki, untuk melayani Tuhan dengan segenap hati kita dan dengan segenap kekuatan kita. Hal inilah yang perlu kita lakukan, yaitu menapaki jejak para Rasul dan para kudus, khususnya mengingat kerja keras St. Athanasius Agung, pendahulu kita yang kudus.

Oleh karena itu marilah kita semua melakukan yang terbaik, bekerja sama sebagai bagian dari satu Gereja yang bersatu, agar kita dapat menjadi teladan dalam semua tindakan, perkataan dan perbuatan kita, menjalani hidup kita yang dipenuhi dengan kasih dan rahmat Tuhan. Mari kita lakukan yang terbaik dalam segala hal yang kita lakukan, agar dapat menginspirasi lebih banyak orang, bahkan mereka yang masih hidup dalam dosa dan jauh dari Tuhan, sebagai pantulan cahaya Tuhan di dunia ini, agar mereka pun dapat berbalik. kepada Tuhan karena kita, dan diselamatkan. Semoga Tuhan menyertai kita semua, dan semoga melalui perantaraan St. Athanasius, perbuatan baik kita di dalam Dia akan semakin membawa kemuliaan bagi Tuhan dan Nama-Nya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy