Minggu, 13 Juli 2008 Hari Minggu Biasa XV/A

HARI MINGGU BIASA XV/A

Minggu, 13 Juli 2008
  • Bacaan I : Yes 55:10-11
  • Bacaan II : Rm 8:18-23
  • Bacaan Injil : Mat 13:1-9
Renungan


Tanah subur mesti mendatangkan hasil seturut kadar kesuburannya. Namun, Yesus tidak mengutamakan tanah subur dan menyepelekan lahan yang kurang subur. Setiap lahan mestilah mendatangkan hasil sesuai dengan kondisi tanah itu sendiri.
Kondisi riil tidak selalu istimewa, namun bila kita mau bekerja sama, hasil yang dicapai akan lebih banyak. Tidak semua orang sama pandai dan berbakat, namun manakala diupayakan yang terbaik, kerja sama dan jejaring yang baik dan benar, hasil akan melimpah dan kenikmatan akan lebih besar. Maka, tak terpujilah sikap melemparkan kegagalan kepada orang lain.

Yesus mengingatkan bahwa yang paling penting adalah sikap dan kerelaan kita melakukan sesuatu dalam kerja sama dengan berbagai pihak yang berkehendak baik dan tidak menolak sentuhan yang membuahkan. Kesanggupan adalah bagaikan tanah subur menerima benih yang ditaburkan, membiarkannya bertumbuh sampai akhirnya berbuah berlipat ganda.

Tidak semua orang memiliki keterampilan atau pengalaman yang sama. Namun, siapa pun dapat menjalin kerja sama demi hasil yang maksimal.


Ya Yesus, ajarilah aku mencari kehendak Bapa di surga dan semakin berbuah dengan terbuka dan bekerja sama dengan banyak orang yang berkehendak baik. Amin.

Ziarah Batin 2008, Renungan dan Catatan Harian