Senin, 28 Juli 2011

Renungan

Ada orang yang mudah dikenal dan pengaruhnya cepat diakui. Mereka menjadi pokok pemberitaan media massa atau tokoh pada pertemuan formal dan informal. Dan cepat menjadi selebritis. Banyak juga orang yang berbuat baik, tetapi tidak mendapat tanggapan atau reaksi publik. Mereka tidak pernah muncul dengan kegemerlapan, namun pengabdian dan pokok pikirannya mengubah banyak hal demi kebaikan. Mereka adalah para guru yang dikenal sebagai pahlawan tanpa tanda jasa, atau mungkin para serdadu yang gugur di medan tempur tanpa prasasti.

Yesus mengingatkan kita untuk memainkan peran dan pengaruh kita tidak pertama-tama dengan gembar-gembor. Pengaruh itu tidak mesti cepat kelihatan; mungkin amat lambat dan bahkan seperti bergeming, namun dalam kurun waktu tertentu memberi pengaruh seperti ragi yang menjadikan adonan khamir.

Ada manusia yang selalu kelihatan di atas panggung dan ada orang yang selalu di belakang panggung. Peranan mana pun yang kita miliki, kiranya satu hal ditandaskan oleh Yesus bahwa kita tidak pernah boleh menjadi penonton. Kita mesti menjadi pemain dan memainkan peranan kita dengan sebaik-baiknya.

Ya Allah, bimbinglah aku mengerti rahasia-Mu dan memasukinya dengan hati yang pasrah. Jadilah kekuatanku untuk tetap berbuat yang terbaik sesuai dengan tugas dan anugerah yang Engkau berikan kepadaku. Amin.

Ziarah Batin 2008, Renungan dan Catatan Harian