PASKAH: KEBANGKITAN YESUS KRISTUS

KEBANGKITAN YESUS KRISTUS

Ada yang mengatakan bahwa Yesus tidak disalibkan sehingga tidak ada kebangkitan. Dan konon, katanya yang disalibkan itu adalah Yudas Iskariot yg wajahnya diserupakan dengan wajah Yesus untuk mengelabui para eksekutor-eksekutor untuk disalib. Janganlah kita percaya akan kebohongan-kebohongan berita yang menyesatkan itu, itu adalah fitnah dan penipu ! sebab berita2/karangan2/tulisan2/kisah2 itu tanpa pertanggunganjawab yang tanpa disertai dan dilengkapi oleh bukti-bukti maupun fakta2 yang konkrit dan nyata, semua itu hanya isapan jempol belaka alias HANYA berdasarkan omong doank (OMDO) alias MITHOS, untuk menggebuki IMAN umat Kristiani! Disinilah pentingnya peranan umat Kristiani di dalam menguasai Ilmu Apologetika untuk mempertahankan IMAN dan menjelaskan duduk persoalan yang sebenarnya, bukan berdasarkan OMDO !

Kristus sendiri mengajarkan bahwa akan ada kebangkitan baik bagi orang benar maupun tidak benar (Luk 14:14; 20:27-36; Yoh 5:29). Ia akan bangkit dari antara orang mati (Matius 20:19; 27:63; Markus 8:31;9:31; 10:34; Lukas 18:33;24:7,46)

Semua penulis Kitab Injil menyaksikan fakta bhw Kristus benar-benar bangkit diantara orang mati (Matius 28:6; Markus 16:9; Lukas 24:6; Yoh 20:8,9)

Dalam Kisah Para Rasul Alkitab mencatat :
Tetapi Allah membangkitkan Dia dengan melepaskan Dia dari sengsara maut, karena tidak mungkin Ia tetap berada dalam kuasa maut itu. (Kis 2:24). Bahkan Rasul Paulus sendiri mengklaim dirinya bahwa ia telah melihat Tuhan Yesus dalam tubuh kebangkitan-Nya (1 Korintus 15:8).

Petrus dengan kesaksian dengan membuka SURAT PERTAMANYA, memberi pernyataan bahwa Allah telah melahirkan kita kembali oleh kebangkitan Yesus Kristus dari antara orang mati, kepada suatu hidup yang penuh PENGHARAPAN (1 Petrus 1:3) Dan Yohanes melalui Kitab Wahyu melihat Tuhan Yesus menyatakan diri dalam kebesaran-Nya serta mendengar Yesus berkata : "Jangan takut! Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir Alfa dan Omega, dan Yang Hidup. Aku telah mati, namun lihatlah, Aku hidup, sampai selama-lamanya dan Aku memegang segala kunci maut dan kerajaan maut. (Bdk Wahyu 1:17b,18). Sungguh banyak lagi bukti-bukti lain yang tidak saya sebutkan lagi didalam artikel ini seperti Mat 16:21; Markus 16:11-13; Yoh 20:25; Kis 2:24; 2 Kor 4:14; Ibrani 13:20 dan banyak lagi yang lain. Maka sungguh tidak masuk diakal budi yang sehat kalau ada orang atau ajaran lain yang mengatakan bahwa yang di salibkan itu bukan Yesus Kristus tapi Yudas yang diserupakan muka atau wajahnya dengan Yesus, dan ceritera ini sepertinya Allah main sulap picisan saja tanpa memberi bukti dan fakta serta kesaksian-kesaksian mata. Tampak jelas sekali kebohongan-kebohongan itu, mungkin yang menuliskannya adalah sungguh-sungguh orang yang sangat bodoh, tidak bijaksana dan buta akal budinya. Tapi Yesus sudah memberitahu kepada kita dan Ia katakan, Orang buta nuntun orang buta dua-duanya masuk kedalam lobang!

Kebangkitan ini sungguh penting karena adalah meterai dan bukti bahwa kematian Yesus Kristus dan kebangkitan-Nya merupakan penggenapan atas hal yang Ia dan Alkitab katakan atau nubuatkan dan benar-benar telah terjadi. Sebab jika tanpa kebangkitan, dan mayat Yesus masih tetap terbaring di alam kubur dan mengalami siksa kubur, maka semua klaim-klaim serta nubuatan2 yang khas sebagai Anak Allah dan Mesias Sang Juru Selamat adalah tidak terbukti, dan tidak benar alias penipu! Tapi Kebangkitan Yesus penuh dengan fakta, bukti serta saksi-saksi serta penggenapan atas nubuatan2 maupun klaim-klaim yang telah dinyatakan dan telah terjadi serta benar adanya. Maka Yesus sungguh-sungguh mati disalib, dikuburkan hari ketiga Ia bangkit dan hidup selamanya! Maka sebaliknya jika ada yg mengatakan Yesus tidak disalib sehingga tak ada kebangkitan, maka si penulis atau ajaran inilah sebagai pembohong dan penipu, sebab kebenaran mutlak itu tidak bersifat ambigu dan tidak mengandung dualisme kebenaran, sebab kebenaran itu hanya ada satu saja, mutlak dan absolute ! Waspadalah!

Kebangkitan Yesus Kristus sudah terjadi, bagi umat Kristiani membuktikan bahwa PEMBENARAN sudah menjadi KENYATAAN, bukan untuk memberi kita pembenaran seperti ditafsirkan orang lain ! Kebangkitan-Nya adalah JAMINAN bagi kebangkitan kita, karena Ia bangkit, kita juga akan bangkit sebab HUTANG DOSA kita sudah dibayar lunas. Kebangkitan-Nya merupakan yang sulung bagi kebangkitan semua orang yang percaya ( 1 Korintus 15:20-23). Karena kebangkitan inilah merupakan alasan-alasan dan juga adalah bagian sangat perinsip dari IMAN yang MEMYELAMATKAN !

Yesus mengatakan :

"Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorangpun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku. (Yoh 14:6)

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapapun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan." (Kis 4:12)

By Eddy Tanribra Gandranata - mailinglist APIKatolik
Sumber utama Alkitab & Kitab2 lain



Bagikan