Jumat, 08 Agustus 2008 Peringatan Wajib Santo Dominikus

Jumat, 08 Agustus 2008
Peringatan Wajib Santo Dominikus

Bacaan I : Nah 1:15; 2:2; 3:1-3.6-7
Bacaan Injil : Mat 16:24-28

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (16:24-28)

“Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya?”

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya: "Setiap orang yang mau mengikut Aku, ia harus menyangkal dirinya, memikul salibnya dan mengikut Aku.Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya. Apa gunanya seorang memperoleh seluruh dunia tetapi kehilangan nyawanya? Dan apakah yang dapat diberikannya sebagai ganti nyawanya? Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya. Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya. Inilah Injil Tuhan kita! Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan

Mengikuti Yesus tidak boleh setengah-setengah. Menjadi pengikut Yesus berarti kita diajak untuk mengikuti jalan hidup Yesus sendiri. Kita merelakan dan menyerahkan hidup kita hanya kepada Yesus.

Melalui cara itu, kita akan mendapatkan hidup dari Yesus sendiri. Hidup yang bersumber dari Yesus adalah hidup dalam kebahagiaan sejati. Kebahagiaan yang boleh dialami bukan hanya di dunia yang bersifat sementara, tetapi juga dialami secara abadi di rumah Bapa.

Karena itu, setiap orang yang mampu mengenal ajakan Yesus untuk mengikuti-Nya pasti dengan rela akan meninggalkan segala-segalanya untuk mengikuti Dia.

Apa yang dimiliki dan dicari di dunia ini tidak sebanding dengan apa yang diperoleh dalam diri Yesus.

Maukah Anda memilih jalan hidup Yesus?

Ya Yesus, bukalah mata hatiku untuk mengenal-Mu dan mengikuti jalan-Mu. Amin.

Ziarah Batin 2008, Renungan dan Catatan Harian