| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Pengantar Panduan Adven 2010 Keuskupan Agung Semarang: Menyambut Kedatangan Tuhan Dalam Dunia Modern

Bulan Adven merupakan bulan dimana semua umat selama kurang lebih empat minggu diajak untuk secara khusus mempersiapkan diri menyambut kedatangan Tuhan di tengah-tengah kehidupan. Ia hadir dalam kehidupan yang konkret, kehidupan yang diwarnai suka dan duka, harapan dan kecemasan, serta dalam segala situasi yang penuh kegembiraan dan keprihatinan. Tema Adven yang diangkat pada tahun ini adalah MENYAMBUT KEDATANGAN TUHAN DALAM DUNIA MODERN.

Pengangkatan tema ini dilatarbelakangi oleh pertemuan SAGKI (Sidang Agung Gereja Katolik) 2010 yang mengangkat tema MENGHADIRKAN WAJAH KRISTUS DALAM KEHIDUPAN NYATA (KERAGAMAN BUDAYA, PLURALITAS AGAMA DAN KEMISKINAN). Dengan tema itu, SAGKI ingin meneguhkan kepada semua umat bahwa Kristus hadir dalam kehidupan umat dengan segala situasi dan keprihatinannya. Ia hadir bukan untuk membeda-bedakan dan mengkotak-kotakkan, tetapi hadir untuk menyatukan dan meneguhkan kehidupan bersama sebagai tanda kebaikan Allah yang tanpa batas.

Kecuali SAGKI, Keuskupan Agung Semarang juga akan menyambut ARAH DASAR BARU yaitu Arah Dasar Keuskupan Agung Semarang 2011-2015 yang akan mengangkat tema seputar panggilan dan perutusan kaum awam dalam usaha membarui dan menyempurnakan tata dunia dengan membangun habitus baru berdasar semangat Injil (Mat 5-7). Dalam dunia yang terus berkembang dengan segala kemajuan dan keprihatinannya, kaum awam diharapkan memiliki dasar iman yang kuat, dewasa dan mendalam dan memiliki semangat untuk menjadi saksi kehadiran Kristus di tengah masyarakat.

Salah satu perkembangan zaman yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia adalah perkembangan teknologi komunikasi. Aneka macam alat komunikasi dari yang paling sederhana sampai yang paling canggih telah ditawarkan kepada semua orang dan telah dimanfaatkan oleh banyak orang untuk berbagai kepentingan. Misalnya pemakai handphone dan jaringan internet telah meluas di berbagai lapisan usia, lapisan masyarakat, dan daerah.

Umat kristiani, khususnya kaum awam, sebagai bagian dari masyarakat juga turut menjadi pemakai bahkan ada pula yang menjadi penggagas penemuan-penemuan baru yang berbasis alat-alat komunikasi tersebut. Di satu sisi, mereka telah menikmati kemajuan tersebut untuk mendukung kehidupannya, tetapi di sisi lain, mereka juga mengalami berbagai dampak negatif. Banyak orang tua prihatin dengan anaknya yang mengalami berbagai perubahan cara pandang dan perilaku negatif akibat perkembangan teknologi tersebut; banyak pula berbagai tindak kriminal dengan sarana alat-alat tersebut dan akhirnya ada pula yang mengalami degradasi moral.

Dalam rangka menyambut Adven 2010, Komisi Kateketik Keuskupan Agung Semarang mengajak semua umat Katolik Keuskupan Agung Semarang untuk menyikapi keadaan tersebut sebagai medan pergulatan iman di tengah perkembangan zaman. Sebagaimana bangsa Israel dahulu saat mereka mengalami pergumulan hidup yang berat, mereka merindukan Mesias, demikian juga sekarang saat umat Katolik yang mengalami pergumulan hidup akibat perkembangan zaman diajak untuk merindukan kehadiran Yesus di tengah-tengah hidupnya. Dan pengalaman bangsa Israel, kehadiran Tuhan meneguhkan hidup mereka dan menjadikan mereka sebagai komunitas/paguyuban kontras, yaitu komunitas/paguyuban yang melawan arus zaman yang tidak sejalan dengan sejarah keselamatan. Mereka menjadi komunitas mistik, yaitu komunitas yang secara internal hidupnya berakar dari pengalaman perjumpaan dan kesatuan dengan Tuhan dan secara eksternal, mereka menjadi saksi kehadiran dan karya Tuhan di tengah masyarakat. Masa Adven diharapkan mengantar semua umat Katolik untuk mewujudkan diri sebagai paguyuban mistik di tengah arus perkembangan zaman yang bersaksi menghadirkan Kristus yang menyelamatkan melalui sikap iman yang kuat di tengah berbagai tantangan dan godaan dan melalui sikap hidup yang memperjuangkan keutamaan-keutamaan Kristiani.

Akhirnya selamat memasuki masa Adven, semoga renungan-renungan yang ada dalam setiap pertemuan membuat penantian akan kedatangan Tuhan berdaya makna dalam kehidupan konkret yang terus berubah akibat perkembangan zaman.

FX Sugiyana, Pr. Ketua Komkat KAS.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy