| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Apa yang dimaksud dengan Masa Paskah?

Masa Paskah adalah masa dalam kalender liturgi Gereja katolik yang dimulai dari Hari Minggu Paskah sampai hari Raya Pentakosta. Pada masa ini kita diajak untuk merefleksikan Yesus yang bangkit dari alam kematian; suatu kesempatan yang diberikan Gereja kepada umatnya untuk kembali menghadirkan peristiwa puncak dari seluruh rencana keselamatan Allah bagi kita.

Paskah yang kita kenal ini memang diambil dari tradisi Yahudi. Namun, tentu ada perbedaan antara Paskah Yahudi dengan Paskah yang ada dalam tradisi Gereja Katolik. Paskah Yahudi adalah masa peringatan bagi bangsa Israel akan pembebasan bangsa ini dari perbudakan di Mesir oleh Yahweh. Paskah Yahudi ditandai oleh upacara makan bersama dalam keluarga Yahudi. Dalam acara keluarga itu dibacakan kembali kisah keluarnya bangsa Yahudi dari tanah Mesir.

Mengapa pada Malam Paskah diarak lilin Paskah dan mengapa minggu-minggu setelah Paskah, lilin itu masih diletakkan di dekat mimbar?

Dalam liturgi Malam Paskah ada bagian yang dikenal dengan Upacara Cahaya. Dalam upacara itu diaraklah sebuah lilin besar yang dinyalakan dari api baru yang sudah diberkati. Biasanya lampu-lampu gereja dipadamkan sehingga ruangan menjadi gelap. Hanya nyala lilin paskah dan juga nantinya lilin-lilin kecil yang dipegang umat yang menyala menerangi ruang gereja hingga Madah Kemuliaan dinyanyikan.

Lilin Paskah ini melambangkan kemuliaan Kristus yang menerangi kegelapan dunia akibat kedosaan umat manusia. Ia membawa cahaya baru bagi dunia. Oleh karena itu umat juga menyanyikan lagu “Kristus Cahaya Dunia”. Lilin Paskah itu penuh simbol yang mengungkapkan Kristus Mulia sang pembawa terang bagi dunia. Dalam lilin itu tertera tanda Alfa (Δ) dan Omega (Ω) yang melambangkan awal dan akhir dan tertera pula tahun bersangkutan sebagai lambang Kristus penguasa waktu. Kemuliaan dan kekuasaan-Nya tak habis dimakan zaman.

Setelah diarak dari luar gereja, lilin ini lalu diletakkan di samping mimbar tempat lektor biasanya membacakan Kitab Suci. Secara simbolik posisi ini mau mengajarkan bahwa Kristus yang mulia itu menuntun langkah manusia lewat sabda-sabda kehidupan yang dibacakan dari atas mimbar ini. Lilin paskah ini akan terus ada di samping mimbar selama masa Paskah.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy