| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 26 Juli 2016: Peringatan Wajib St. Yoakim dan Ana


Yoakim dan Ana adalah orangtua kandung dari St. Perawan Maria, Bunda Yesus. Keduanya dikenal sebagai keturunan Raja Daud yang setia menjalankan kewajiban-kewajiban agama serta dengan ikhlas mengasihi dan mengabdi Allah dan sesama. Karena itu, keduanya layak di hadapan Allah untuk serta dalam karya keselamatan Allah.
  
Santo Yohanes Damasenus dalam khotbahnya pada peringatan St. Yoakim dan St. Ana berkata, "O Suami istri bahagia, yang paling suci murni, Yoakim dan Ana! Dari buah kedua tubuhmu kamu dikenal, seperti dikatakan, 'Dari buahnya kamu akan mengenal mereka.' Kamu mengambil cara hidup yang berkenan kepada Tuhan dan karena cara hidupmu yang suci murni, kamu menghasilkan permata keperawanan; dia yang perawan sebelum melahirkan, perawan selama melahirkan, dan tetap perawan setelah melahirkan; ya, dia yang selalu satu-satunya, yang harus mengemban keperawanan dalam budi, dalam roh dan dalam tubuh."
     
Santo Yohanes Damaenus menegaskan, "O suami istri yang paling murni, Yoakim dan Ana! Dalam menanti kemurnian yang ditetapkan oleh hukum kodrat, dengan bantuan ilahi kamu melaksanakan hal yang melampaui kodrat; bagi dunia kamu melahirkan Perawan, Ibu Tuhan. Dalam menjalani hidup taat pada kewajiban lagi suci di dunia ini, kamu mendapatkan putri yang lebih besar daripada para malaikat, dan sekarang menjadi ratu para malaikat." (Sumber: Mgr. Nicolaas Martinus Schneiders, CICM, Orang Kudus Sepanjang Tahun, Jakarta: Obor, 1977, hlm. 364; Bacaan kedua Peringatan St. Yoakim dan St. Ana, Bacaan Ofisi Para Kudus 2, 26 Juli, Yogyakarta; Kanisius, 1982/RUAH 2016)

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy