| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Rabu, 17 Juni 2009

Rabu, 17 Juni 2009
Hari Biasa Pekan XI

"Kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami." (2Kor 9:11)

Doa Renungan

Kristus Putra Allah yang hidup, Engkau mengecam orang-orang Farisi yang melakukan tindakan-tindakan rohani di depan umum. Engkau mengecam mereka karena mengetahui bahwa mereka melakukan itu supaya mendapat perhatian dan pujian. Kristus, kami sebagai manusia juga sering dikuasai oleh keinginan untuk dipuji dan diperhatikan. Maka kami mohon supaya kami dapat pelan-pelan menyangkal diri dan hidup sesuai dengan kehendak-Mu. Demi Kristus Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Paulus kepada umat di Korintus (9:6-11)


"Allah mengasihi orang yang memberi sukacita."

6 Saudara-saudara, camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga.7 Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita.8 Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.9 Seperti ada tertulis: "Ia membagi-bagikan, Ia memberikan kepada orang miskin, kebenaran-Nya tetap untuk selamanya." 10 Ia yang menyediakan benih bagi penabur, dan roti untuk dimakan, Ia juga yang akan menyediakan benih bagi kamu dan melipatgandakannya dan menumbuhkan buah-buah kebenaranmu; 11 kamu akan diperkaya dalam segala macam kemurahan hati, yang membangkitkan syukur kepada Allah oleh karena kami.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya.
Ayat.
(Mzm 112:1-2.5-6.7-8.9)
1. Berbahagialah orang yang takwa pada Tuhan, yang sangat suka akan segala perintah-Nya. Anak cucunya akan perkasa di bumi; keturunan orang benar akan diberkati.
2. Harta dan kekayaan ada dalam rumahnya, kebajikannya tetap dikenang selama-lamanya. Bagi orang benar ia bercahaya laksana lampu di dalam gelap, ia pengasih dan penyayang serta berlaku adil.
3. Ia murah hati, orang miskin diberinya derma; kebajikannya tetap untuk selama-lamanya, tanduknya meninggi dalam kemuliaan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Barangsiapa mengasihi Aku, ia akan menaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (6:1-6.16-18)


"Bapamu yang melihat yang tersembunyi, akan mengganjar engkau."

Dalam khotbah di bukit, Yesus bersabda, "Hati-hatilah, jangan sampai melakukan kewajiban agamamu di depan orang supaya dilihat. Sebab jika demikian, kalian takkan memperoleh upah dari Bapamu yang di surga. Jadi, apabila engkau memberi sedekah, janganlah engkau mencanangkan hal itu, seperti yang dilakukan orang-orang munafik di rumah-rumah ibadat dan di lorong-lorong, supaya dipuji orang. Aku berkata kepadamu, 'Mereka sudah mendapat upahnya. Tetapi jika engkau memberi sedekah, janganlah tangan kirimu tahu apa yang diperbuat tangan kananmu. Hendaklah sedekahmu itu diberikan dengan tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." "Dan apabila kalian berdoa, janganlah berdoa seperti orang munafik. Mereka suka mengucapkan doanya dengan berdiri dalam rumah-rumah ibadat dan di tikungan-tikungan jalan raya, supaya mereka dilihat orang. Aku berkata kepadamu, 'Mereka sudah mendapat upahnya.' Tetapi jikalau engkau berdoa, masuklah ke dalam kamarmu, tutuplah pintu, dan berdoalah kepada Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu." "Dan apabila kalian berpuasa, janganlah muram mukamu, seperti orang munafik. Mereka mengubah air mukanya, supaya orang melihat bahwa mereka sedang berpuasa. Aku berkata kepadamu, 'Sesungguhnya mereka sudah mendapat upahnya.' Tetapi apabila engkau berpuasa, minyakilah kepalamu dan cucilah mukamu, supaya jangan dilihat orang bahwa engkau sedang berpuasa, melainkan hanya oleh Bapamu yang ada di tempat tersembunyi. Maka Bapamu yang melihat yang tersembunyi akan membalasnya kepadamu."
Inilah Injil Tuhan kita!
Sabda-Mu sungguh mengagumkan!


Renungan


· Ketika terjadi musibah atau bencana alam seperti banjir bandang atau gempa bumi yang mengibatkan cukup banyak korban, ada pribadi atau organisasi dalam menyampaikan sumbangan atau bantuan dengan cara provokatif atau demi keuntungan sendiri, misalnya memasang atribut organisasi secara mencolok. Bahkan ada organisasi memanfaatkan kesemapatan tersebut untuk berkampanye. Perbuatan baik atau social menjadi komersial itulah yang terjadi. Bacaan Injil hari ini mengingatkan dan mengajak kita semua untuk dengan tulus dan rendah hati dalam berbuat baik atau membantu orang lain. Yang utama dan penting adalah mereka yang harus dibantu atau ditolong memperoleh bantuan atau pertolongan.

Marilah kita menyadari dan menghayati bahwa masing-masing dari kita dapat menjadi baik, damai dan sejahtera sebagaimana adanya pada saat ini tidak lain karena perbuatan baik orang lain, antara lain orangtua kita, para pendidik/guru atau pendamping kita maupun sesama , yang secara diam-diam atau tersembunyi telah berbuat baik kepada kita. Maka selayaknya jika kita berbuat baik kepada orang lain, yang penting orang lain tersebut menjadi baik dan kita tidak perlu ‘pasang bendera’ atau menyombongkan diri bahwa telah dapat berbuat baik. Hal yang sama juga berlaku pada diri kita sendiri ketika saya tumbuh berkembang menjadi baik karena matiraga hendaknya juga tidak menyombongkan diri, biarlah aneka perbuatan baik kita menjadi saksi bahwa kita adalah orang baik.

· “Camkanlah ini: Orang yang menabur sedikit, akan menuai sedikit juga, dan orang yang menabur banyak, akan menuai banyak juga. Hendaklah masing-masing memberikan menurut kerelaan hatinya, jangan dengan sedih hati atau karena paksaan, sebab Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita” (2Kor 9:6-7). Apa yang dikatakan oleh Paulus kepada umat di Korintus ini kiranya baik menjadi permenungan dan pedoman atau acuan cara hidup maupun cara bertindak kita. Kita dipanggil untuk menaburkan kebaikan atau apa yang baik sebanyak mungkin sesuai dengan kemungkinan atau kesemapatan yang ada dengan rela hati, bukan karena paksaan.

Marilah kita lihat dan perhatikan sesama atau saudara-saudari dalam lingkungan hidup maupun kerja kita, apakah ada orang atau pribadi yang membutuhkan kebaikan demi keselamatan atau kesejahteraan mereka. “Allah mengasihi orang yang memberi dengan sukacita”, demikian peringatan Paulus. Memberi dengan sukacita akan memperteguh dan memperdalam sukacita yang telah ada, sebaliknya memberi dengan terpaksa yang berarti dengan sedih hati maka yang bersangkutan juga akan menjadi semakin sedih hati. Diri kita dan segala sesuatu yang menyertai kita atau yang kita miliki dan kuasai sampai ini adalah anugerah Allah yang kita terima melalui orang lain dengan sukacita dan rela hati, maka selayakn kita hidup penuh syukur dan terima kasih dengan menyalurkan atau meneruskan aneka anugerah tersebut kepada sesama kita dengan sukacita dan rela hati. Rela hati juga berarti murah hati, artinya hatinya dijual murah kepada siapapun atau memberi perhatian kepada siapapun, lebih-lebih atau terutama mereka yang sungguh membutuhkan perhatian kita.

Kami berharap para orangtua atau orang dewasa, para pemimpin atau atasan dapat menjadi teladan atau saksi dalam menaburkan kebaikan dengan rela hati dan sukacita kepada siapapun juga.



Ignatius Sumarya, SJ


Renungan Pagi

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy