| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 18 Oktober 2009 :: Hari Minggu Biasa XXIX

Minggu, 18 Oktober 2009
Hari Minggu Biasa XXIX (Hari Minggu Evangelisasi)

“MEMINUM CAWAN DAN MENERIMA PEMBAPTISAN”

Renungan

Saudara-saudari yang dicintai Tuhan,

Hari ini adalah Hari Minggu Evangelisasi. Kata Euaggelion berarti Kabar Yang Baik. Tema Hari Minggu Evangelisasi ini adalah ”Bangsa-bangsa akan berjalan di dalam cahaya-Nya” (Why 21:24). Paus Benediktus XVI dalam suratnya menegaskan bahwa tujuan misi Gereja adalah menerangi semua umat manusia yang sedang mengarungi sejarah kehidupan menuju Allah di bawah panduan cahaya Injil sehingga di dalam Dia, mereka menjadi penuh dan lengkap. Dalam perspektif inilah para murid Kristus menyebar dalam seluruh karya dunia, berusaha mengatasi beban penderitaan, mempersembahkan hidup mereka. Semua umat beriman, karena pembaptisan, memiliki ”tugas” untuk menjadi pewarta Kabar Yang Baik (Redemptoris Missio no. 71). Prasyarat menjadi seorang pewarta adalah meminum cawan, menerima pembaptisan, melayani, dan memberikan nyawa untuk tebusan bagi banyak orang (Mrk 10:35-45). Sanggupkah kita melakukan prasyarat ini?

Yakobus dan Yohanes meminta kepada Yesus supaya mereka diperkenankan duduk di sisi kanan dan kiri dalam kemuliaan-Nya kelak. Menanggapi permintaan ini, Yesus menjawab, ”Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Dapatkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan pembaptisan yang harus Kuterima?” (ayat 38). Meminum cawan berarti berani mengalami penderitaan, menerima cemoohan. Keyakinan semitis bahwa isi dari cawan berasal dari Yang Ilahi. Apabila isi cawan tidak diminum maka seluruh umat manusia akan mengalami penderitaan. Inilah makna simbolis dari meminum cawan. Bagi Yesus belumlah cukup dengan meminum cawan tetapi para murid harus menerima pembaptisan. Pembaptisan dalam konteks ini berarti berani menerima penderitaan yang membawa maut. Yesus meminum cawan penderitaan sampai tuntas bahkan wafat di kayu salib. Dengan menerima penderitaan dan wafat, Yesus bangkit. Kebangkitan Tuhan Yesus menjadi Terang untuk semua umat manusia. Terang kebangkitan inilah yang harus menjadi isi pewartaan.

“Karena Anak Manusia juga datang bukan untuk dilayani, melainkan untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang” (ayat 45). Jiwa seorang pewarta adalah memberi dan melayani. Hidup seorang pewarta bukan demi dirinya sendiri tetapi untuk orang lain. Yesus memberikan nyawa-Nya untuk menebus umat manusia. Memberikan nyawa berarti memberikan diri sepenuhnya, memiliki komitmen yang total, apabila perlu mengurbankan nyawa. Jalan pewartaan kita adalah pemberian diri-komitmen yang total, pengurbanan diri, dan kesetiaan akan iman Katolik serta panggilan hidup kita.



Salam dan berkat.


Pastor L. Setyo Antoro, SCJ.

http://www.st-stefanus.or.id

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy