Ujud Doa Bulan Desember 2009

Ujud Umum
Semoga anak-anak senantiasa dihargai serta dicintai, dan tidak menjadi korban eksploitasi dalam pelbagai bentuknya.

Ujud Misi
Semoga pada Hari Raya Natal seluruh bangsa di muka bumi mengenali dalam Sabda Yang Menjelma: Terang yang menerangi setiap manusia; dan semoga bangsa-bangsa pun mebuka pintu mereka bagi Kristus, Penyelamat dunia.

Ujud Gereja Indonesia
Semoga di akhir tahun ini, kita umat Kristiani berani bersyukur dan lebih beriman karena sepanjang tahun Tuhan telah menyertai kita.



Bagikan

Senin, 30 November 2009 Pesta St. Andreas, Rasul

Senin, 30 November 2009
Pesta St. Andreas, Rasul

“Dan ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan.” --- Matius 4: 18

Doa Renungan

Tuhan Yesus Kristus, puji syukur kami panjatkan kepada-Mu atas kasih karunia dan perlindungan yang boleh kami alami hingga saat ini. Engkaulah Sang Juruselamat kami. Hari ini Engkau memanggil murid-murid-Mu untuk menjadi pengikut-Mu. Sebagaimana para murid setia menjadi pengikut-Mu, buatlah kami juga setia menjadi murid-murid-Mu, terutama dalam mewartakan kabar gembira kepada sesama dan orang-orang yang kami kasihi, agar nama-Mu semakin dimuliakan di dunia ini. Sebab Engkaulah Tuhan, Pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan Pertama (Rm 10:9-18)

L. Iman timbul dari pendengaran, dan pendengarkan dari firman Allah

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Roma

Saudara-saudara, jika kamu mengaku dengan mulut bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hati bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan. Karena Kitab Suci berkata, "Barangsiapa percaya kepada Dia tidak akan dipermalukan." Sebab tidak ada perbedaan antara orang Yahudi dan orang Yunani. Karena, Allah yang satu itu adalah Tuhan semua orang, dan Dia kaya bagi semua orang yang berseru kepada-Nya. Sebab, barangsiapa berseru kepada nama Tuhan akan diselamatkan. Tetapi bagaimana mereka dapat berseru kepada-Nya, jika mereka tidak percaya kepada Dia? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jika tidak mendengar tentang Dia? Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jika tidak ada yang memberitakan-Nya, jika tidak diutus? Seperti ada tertulis, "Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik." Tetapi tidak semua orang telah menerima kabar baik itu. Yesaya sendiri berkata, "Tuhan, siapakah yang percaya kepada pemberitaan kami?" Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran dari firman Kristus. Tetapi aku bertanya: Adakah mereka tidak mendengarnya? Sungguh, mereka telah mendengarnya! "Suara mereka sampai ke seluruh dunia, dan perkataan mereka sampai ke ujung bumi."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan (Mzm 19:2-3.4-5)
Ref. Di seluruh bumi bergemalah suara mereka.
1. Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan karya tangan-Nya; hari yang satu mengisahkannya kepada hari yang lain, dan malam yang satu menyampaikan pengetahuannya kepada malam berikut.
2. Meskipun tidak berbicara, dan tidak memperdengarkan suara, namun di seluruh bumi bergaunglah gemanya, dan amanat mereka sampai ke ujung bumi.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.

Bacaan Injil (Mat 4:18-22)

I. Ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius

Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berjalan menyusur Danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka itu penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka, "Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia." Mereka pun segera meninggalkan jalanya, lalu mengikuti Yesus. Setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus, dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka, dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan

SANTO ANDREAS adalah Rasul pertama yang disebutkan dalam injil Yohanes (Yoh 1: 40). Barangkali ini karena Andreas juga adalah penginjjil yang pertama. Ia membawa orang-orang kepada Yesus, termasuk mengajak Simon Petrus, saudaranya, si Batu Karang, di mana Yesus mendirikan Gereja di atasnya, dan pengkotbah pada hari pentakosta. Santo Andreas juga membawa kepada Yesus anak laki-laki yang membawa lima roti jelai dan dua ekor ikan (Yoh 6: 8-9). Ini merupakan peristiwa mujizat Yesus yang terbesar, melipatgandakan roti dan ikan. Santo Andreas diminta oleh Filipus untuk membawa beberapa orang Yunani untuk bertemu dengan Yesus (Yoh 12: 21-22). Filipus mungkin telah mengakui reputasi Andreas sebagai seseorang yang memiliki karunia khusus dalam membawa jiwa-jiwa kepada Yesus.

Meskipun demikian, Santo Andreas, yang berasal dari Betsaida (Yoh 1: 44). Tidak banyak orang dari daerahnya yang bertobat dan menerima Yesus. Yesus mengkritik orang di Betsaida karena tidak bertobat dan tidak ada tanggapan dari mereka terhadap banyak mujizat yang telah Yesus lakukan di tengah-tengah mereka (Luk 10: 13).

Singkatnya, Santo Andreas mengalami keberhasilan dalam membawa banyak orang datang kepada Yesus. Santo Andreas masih terus membawa orang-orang kepada Yesus. Dia akan membawa anda dan kami kepada Yesus hari ini. Apakah anda akan juga seperti Andreas yang berhasil membawa orang-orang kepada Yesus ?

Doa : Bapa, sebagaimana kita memulai adven ini, kiranya aku mulai dengan saat yang bermanfaat bagi penginjilandalam hidupku.
Janji : “Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan.” --- Roma 10: 9.
Pujian : Santo Andreas dipakai Allah dalam membawa Simon Petrus calon bapa paus masa berikutnya bagi Yesus.


Renungan Satu Perjamuan Satu Jemaat

Bagikan

Bacaan Harian 30 Nopember - 06 Desember 2009

Bacaan Harian 30 Nopember - 06 Desember 2009

Senin, 30 Nopember
: Pesta St. Andreas, Rasul (M).
Rm 10:9-18; Mzm 19:2-5; Mat 4:18-22.

Selasa, 01 Desember
: Peringatan Wajib Beato Dionisius dan Redemptus, Biarawan Martir Indonesia (M).
Yes11:1-10; Mzm 72:2.7-8.12-13.17; Luk 10:21-24.

Rabu, 02 Desember
: Hari biasa Pekan I Adven (U).
Yes 25:6-10a; Mzm 23:1-6; Mat 15:29-37.

Kamis, 03 Desember
: Pesta St. Fransiskus Xaverius, Imam (P). Pelindung Misi.
1Kor 9:16-19.22-23; Mzm 117:1-2; Mrk 16:15-20.

Jumat, 04 Desember
: Hari biasa Pekan I Adven (U).
Yes 29:17-24; Mzm 27:1.4.13-14; Mat 9:27-31.

Sabtu, 05 Desember
: Hari biasa Pekan I Adven (U).
Yes 30:19-21.23-26; Mzm 147:1-6; Mat 9:35 – 10:1.6-8.

Minggu, 06 Desember
: Hari Minggu Adven II (U).
Bar 5:1-9; Mzm 126:1-6; Flp 1:4-6.8-11; Luk 3:1-6.


Bagikan