| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Rabu, 11 November 2009 :: Peringatan Wajib St. Martinus dari Tours, Uskup

Rabu, 11 November 2009
Peringatan Wajib St. Martinus dari Tours, Uskup

Lupa bersyukur, penyakit manusia


Doa Renungan

Allah Bapa yang maha kuasa, Engkau telah mengutus Putera-Mu untuk menjadi manusia demi menyelamatkan dunia dari kebinasaan yang mengerikan. Banyak sekali manusia yang tidak sadar akan hal itu apalagi berterima kasih. Dengan teladan St. Martinus, bimbinglah aku agar sepanjang hari ini aku selalu mensyukuri cinta kasih-Mu melalui perbuatan kasihku kepada sesama. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Semakin bertambah pengertian seseorang, maka semakin besar pula tanggungjawab yang dituntut dari padanya. Demikian juga semakin besar kekuasaan seseorang, maka semakin besar pula tanggungjawab yang dituntut darinya.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Kitab Kebijaksanaan (6:2-11)

"Dengarkanlah, hai para raja, dan pelajarilah kebijaksanaan."

2 Condongkanlah telinga, hai kamu yang memerintah orang banyak dan bermegah karena banyaknya bangsa-bangsamu. 3 Sebab dari Tuhanlah kamu diberi kekuasaan dan pemerintahan datang dari Yang Mahatinggi, yang akan memeriksa segala pekerjaanmu serta menyelami rencanamu, 4 oleh karena kamu yang hanya menjadi abdi dari kerajaan-Nya tidak memerintah dengan tepat, tidak pula menepati hukum, atau berlaku menurut kehendak Allah. 5 Dengan dahsyat dan cepat Ia akan mendatangi kamu, sebab pengadilan yang tak terelakkan menimpa para pembesar. 6 Memang yang bawahan saja dapat dimaafkan karena belas kasihan, tetapi yang berkuasa akan disiksa dengan berat. 7 Sang Kuasa atas segala-galanya tidak akan mundur terhadap siapapun, dan kebesaran orang tidak dihiraukan-Nya. Sebab yang kecil dan yang besar dijadikan oleh-Nya, dan semua dipelihara oleh-Nya dengan cara yang sama. 8 Tetapi terhadap yang berkuasa akan diadakan pemeriksaan keras. 9 Jadi perkataanku ini tertuju kepada kamu, hai pembesar, agar kamu belajar kebijaksanaan dan jangan sampai terjatuh. 10 Sebab mereka yang secara suci memelihara yang suci akan disucikan pula, dan yang dalam hal itu terpelajar akan mendapat pembelaan. 11 Jadi, hendaklah menginginkan serta merindukan perkataanku, maka kamu akan dididik.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Bangunlah, ya Allah, hakimilah bumi.
Ayat. (Mzm 82:3-4.6-7)
1. "Berilah keadilan kepada orang lemah dan kepada anak yatim, belalah hak orang sengsara dan orang yang kekurangan! Luputkanlah orang lemah dan miskin, lepaskanlah mereka dari tangan orang fasik."
2. Allah sendiri telah berfirman, "Kamu adalah allah, kamu sekalian adalah anak-anak Yang Mahatinggi. Namun kamu akan mati seperti manusia, dan seperti salah seorang pembesar kamu akan tewas."

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, Alleluya
Ayat.
Hendaklah kalian mengucap syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah bagi kalian di dalam Kristus Yesus.


Hati adalah pusat segala gerak. Mata dapat memandang tetapi jika hati tidak tergerak maka tak ada tindakan. Hati Yesus tergerak ketika mata memandang orang yang menderita maka muncul belas kasih untuk menolong. Hati seorang Samaria tergerak ketika mata memandang dirinya sembuh, maka hati tergerak untuk memuliakan Allah.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (17:11-19)


"Tidak adakah yang kembali untuk memuliakan Allah selain orang asing itu?"

11 Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus menyusur perbatasan Samaria dan Galilea. 12 Ketika Ia memasuki suatu desa datanglah sepuluh orang kusta menemui Dia. Mereka tinggal berdiri agak jauh 13 dan berteriak: "Yesus, Guru, kasihanilah kami!" 14 Lalu Ia memandang mereka dan berkata: "Pergilah, perlihatkanlah dirimu kepada imam-imam." Dan sementara mereka di tengah jalan mereka menjadi tahir. 15 Seorang dari mereka, ketika melihat bahwa ia telah sembuh, kembali sambil memuliakan Allah dengan suara nyaring, 16 lalu tersungkur di depan kaki Yesus dan mengucap syukur kepada-Nya. Orang itu adalah seorang Samaria. 17 Lalu Yesus berkata: "Bukankah kesepuluh orang tadi semuanya telah menjadi tahir? Di manakah yang sembilan orang itu? 18 Tidak adakah di antara mereka yang kembali untuk memuliakan Allah selain dari pada orang asing ini?" 19 Lalu Ia berkata kepada orang itu: "Berdirilah dan pergilah, imanmu telah menyelamatkan engkau."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.

Renungan

Lupa bersyukur dan berterimakasih itulah penyakit manusia. Ketika sedang butuh, kita akan memohon-mohon dan mengiba-iba. Namun ketika keinginan telah terpenuhi, kita lupa bersyukur dan berterimakasih atas segala yang telah diterima. Apakah demikian kita juga terhadap Allah?

Doa Renungan

Allah Bapa sumber segala rahmat, terimakasih atas segala rahmat yang selalu Engkau limpahkan kepadaku. Ajarilah aku selalu untuk menanggapi rahmat-rahmat-Mu dengan iman yang sepadan sehingga rahmat-rahmat itu menghasilkan buah yang manis dalam hidupku. Amin.



R U A H



Bagikan

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy