Selasa, 06 Juli 2010 Hari Biasa Pekan XIV

Selasa, 06 Juli 2010
Hari Biasa Pekan XIV
Sta. Maria Goretti; Sta. Godeliva

Yesus mengundang para murid untuk ambil bagian dalam karya-Nya

Doa Renungan

Allah sumber kebijaksanaan, Engkau menghendaki supaya kami hidup sesuai dengan perintah-Mu yaitu mencintai Engkau dengan segenap hati dan mencintai sesama kami seperti kami mencintai diri sendiri. Maka kami mohon penyertaan-Mu dalam segala tugas dan aktivitas kami sepanjang hari ini, sehingga kami dapat hidup seturut dengan kehendak-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Pembacaan dari Kitab Hosea (8:4-7.11-13)

"Mereka menabur angin dan akan panen puting beliung."

Tuhan bersabda, "Mereka telah mengangkat raja, tetapi tanpa persetujuan-Ku; mereka mengangkat pemuka, tetapi dengan tidak setahu-Ku. Dari emas dan peraknya mereka membuat berhala-berhala bagi dirinya sendiri, sehingga mereka dilenyapkan. Aku menolak anak lembumu, hai Samaria; murka-Ku menyala terhadap mereka! Sampai berapa lama tidak dapat disucikan, orang-orang Israel itu? Itu dibuat oleh tukang, dan itu bukan Allah! Sungguh, akan menjadi serpih anak lembu Samaria itu! Sebab mereka menabur angin, maka mereka akan menuai puting beliung; gandum yang belum menguning tidak ada pada mereka; tumbuh-tumbuhan itu tidak menghasilkan tepung; dan jika memberi hasil, maka orang-orang lain menelannya. Sungguh, Efraim telah memperbanyak mezbah; mezbah-mezbah itu menjadikan mereka berdosa. Sekalipun Kutuliskan baginya banyak pengajaran-Ku, itu akan dianggap mereka sebagai sesuatu yang asing. Mereka mencintai korban sembelihan; mereka mempersembahkan daging dan memakannya; tetapi TUHAN tidak berkenan kepada mereka. Sekarang Ia akan mengingat kesalahan mereka dan akan menghukum dosa mereka; mereka harus kembali ke Mesir!
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Hai umat, percayalah kepada Tuhan.
Ayat. (Mzm 115:3-4.5-6.7ab-8.9-10)
1. Allah kita di surga; Ia melakukan apa yang dikehendaki-Nya! Berhala-berhala mereka adalah perak dan emas, buatan tangan manusia.
2. Mempunyai mulut, tetapi tidak dapat berkata-kata, mempunyai mata, tetapi tidak dapat melihat; mempunyai telinga, tetapi tidak dapat mendengar, mempunyai hidung, tetapi tidak dapat mencium.
3. Mempunyai tangan, tetapi tidak dapat meraba-raba, mempunyai kaki, tetapi tidak dapat berjalan. Seperti itulah jadinya orang-orang yang membuatnya, dan semua orang yang percaya kepadanya.
4. Hai Israel, percayalah kepada Tuhan: Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka. Hai kaum Harun, percayalah kepada Tuhan! Dialah pertolongan mereka dan perisai mereka.

Bait Pengantar Injil do = f, 2/2, PS 951
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 10:27)
Aku ini gembala yang baik, sabda Tuhan; Aku mengenal domba-domba-Ku, dan domba-domba-Ku mengenal Aku

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (9:32-38)

"Tuaian memang banyak tetapi pekerja sedikit."

Pada suatu hari dibawalah kepada Yesus seorang bisu yang kerasukan setan. Setelah setan diusur, orang bisu itu dapat berbicara. Maka heranlah orang banyak, katanya, "Hal semacam itu belum pernah dilihat orang di Israel!" Tetapi orang Farisi berkata, "Dengan kuasa penghulu setan Ia mengusir setan." Demikianlah Yesus berkeliling ke semua kota dan desa; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan mewartakan Injil Kerajaan Surga serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan. Melihat orang banyak itu tergeraklah hati Yesus oleh belas kasihan kepada mereka, karena mereka lelah dan terlantar seperti domba yang tidak bergembala. Maka kata Yesus kepada murid-murid-Nya, "Tuaian memang banyak, tetapi sedikitlah pekerjanya. Karena itu mintalah kepada tuan yang empunya tuaian, supaya ia mengirimkan pekerja-pekerja untuk tuaian itu."
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!


Renungan

Untuk apa bekerja? Ada orang bekerja demi kebutuhan hidup; mereka mencari uang. Orangtua bekerja demi kesejahteraan keluarga. Yang lain menyebut bekerja dengan ”berkarya”. Para artis dan seniman, misalnya, berkarya demi keindahan. Mereka menciptakan karya seni agar bisa dinikmati. Namun, masih ada juga yang belum punya pekerjaan, masih mencari.

Dalam bacaan hari ini dikisahkan bagaimana Yesus menyembuhkan orang bisu, mengusir setan, mengajar orang banyak, dan mewartakan Kerajaan Surga. Bisa dibayangkan betapa padat acara dan kegiatan-Nya. Apa yang dilakukan-Nya adalah kerja dan karya demi pemulihan manusia. Kehadiran-Nya memberikan asa pada yang sakit dan yang kerasukan setan. Yesus tidak hanya menyembuhkan penyakit, tetapi juga memulihkan relasi manusia dengan Allah. Ia mengharapkan iman sebagai tanggapan atas hadir-Nya.

Yesus mengundang para murid untuk ambil bagian dalam karya-Nya. Manusia dapat belajar apa hakikat bekerja. Kerja dan karya pada akhirnya tertuju kepada kesejahteraan dan kebaikan orang lain. Kerja dan karya merupakan jerih payah manusia untuk ambil bagian dalam karya Tuhan sendiri, mencipta dan mencinta atau menyelamatkan. Siapa mau ikut dalam karya-Nya?

Tuhan Yesus, aku bersyukur atas pekerjaan dan karyaku. Bantulah aku untuk mempersembahkan karya demi orang lain. Amin.

Ziarah Batin 2010, Renungan dan Catatan Harian



Bagikan