| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Rabu, 04 Juli 2012 Hari Biasa Pekan XIII

Rabu, 04 Juli 2012
Hari Biasa Pekan XIII

Kasih akan kebenaran mendorong untuk mencari waktu senggang yang kudus --- St Agustinus


Antifon Pembuka (Amos 5:24)

Hendaknya keadilan bergulung-gulung seperti air, dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir.

Doa


Bapa yang berbelas kasih, sertailah aku hari ini dalam berbuat baik lewat hal-hal kecil sederhana, dengan membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Rahmat ini kumohon kepada-Mu, dengan pengantaraan Kristus, Tuhan dan Juruselamat dunia. Amin.

Bacaan dari Kitab Amos (5:14–15.21–24)

"Jauhkanlah daripadaku keramaian nyanyianmu, dan biarlah keadilan selalu mengalir seperti sungai."

Carilah yang baik dan jangan yang jahat, supaya kamu hidup; dengan demikian TUHAN, Allah semesta alam, akan menyertai kamu, seperti yang kamu katakan. Bencilah yang jahat dan cintailah yang baik; dan tegakkanlah keadilan di pintu gerbang; mungkin TUHAN, Allah semesta alam, akan mengasihani sisa-sisa keturunan Yusuf. "Aku membenci, Aku menghinakan perayaanmu dan Aku tidak senang kepada perkumpulan rayamu. Sungguh, apabila kamu mempersembahkan kepada-Ku korban-korban bakaran dan korban-korban sajianmu, Aku tidak suka, dan korban keselamatanmu berupa ternak yang tambun, Aku tidak mau pandang. Jauhkanlah dari pada-Ku keramaian nyanyian-nyanyianmu, lagu gambusmu tidak mau Aku dengar. Tetapi biarlah keadilan bergulung-gulung seperti air dan kebenaran seperti sungai yang selalu mengalir."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Aku akan memperlihatkan keselamatan Allah kepada yang jujur jalannya.
Ayat. (Mzm 50:7.8–9.10–11.12–13.16bc–17; R: 23b)

1. Dengarlah, hai umat-Ku, Aku hendak berfirman! Dengarlah hai Israel , Aku hendak bersaksi terhadap kamu: Akulah Allah, Allahmu!
2. Bukan karena kurban sembelihan engkau Kuhukum, sebab kurban bakaranmu senantiasa ada di hadapan-Ku! Tidak usah Aku mengambil lembu dari rumahmu atau kambing jantan dari kandangmu.
3. Sebab segala binatang hutan adalah milik-Ku, dan ribuan hewan di gunung adalah kepunyaan-Ku. Aku kenal segala burung di udara, dan semua yang bergerak di padang adalah milik-Ku.
4. Jika Aku lapar, tidak usah Kukatakan kepadamu, sebab punya-Kulah dunia dan segala isinya. Daging lembu jantankah makanan-Ku? Atau darah kambing jantankah minuman-Ku?
5. Apakah urusanmu menyelidiki ketetapan-Ku, dan menyebut-nyebut perjanjian-Ku dengan mulutmu, padahal engkau membenci teguran, dan mengesampingkan firman-Ku?

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. Atas kehendak-Nya sendiri Allah telah menciptakan kita dengan kebenaran, agar kita menjadi yang pertama dari ciptaan-Nya.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (8:28-34)

"Adakah Engkau kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?"

Pada suatu hari Yesus menyeberang danau Genesaret dan tiba di daerah orang Gadara. Maka datanglah dari pekuburan dua orang yang kerasukan setan, menemui Dia. Mereka itu sangat berbahaya, sehingga tak seorang pun berani melalui jalan itu. Dan mereka itu pun berteriak, katanya, "Apakah urusan-Mu dengan kami, hai Anak Allah? Adakah Engkau datang kemari untuk menyiksa kami sebelum waktunya?" Tidak jauh dari mereka itu ada sejumlah besar babi sedang mencari makan. Maka setan-setan itu minta kepada Yesus, katanya, "Jika Engkau mengusir kami, suruhlah kami pindah ke dalam kawanan babi itu." Maka Yesus berkata kepada mereka, "Pergilah!" Lalu keluarlah mereka dan masuk ke dalam babi-babi itu. Maka terjunlah seluruh kawanan babi itu dari tepi jurang ke dalam danau, dan mati di dalam air. Para penjaga babi lari, dan setibanya di kota mereka menceritakan segala sesuatu, juga tentang dua orang yang kerasukan itu. Maka keluarlah seluruh kota mendapatkan Yesus dan setelah berjumpa dengan Dia, mereka mendesak supaya Ia meninggalkan daerah mereka.
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!

Renungan


Pada suatu pagi ada dua orang pemuda hendak mengikuti perayaan Ekaristi harian di Gereja. Ketika hampir masuk Gereja, tiba-tiba ada satu keluarga membawa seorang gadis yang kerasukan roh jahat, dan minta didoakan oleh pastor. Pastor tersebut mengambil air suci dan mengajak dua pemuda dan keluarga tersebut untuk berdoa. Ketika didoakan dan diperciki air suci, roh jahat dalam diri wanita tersebut berteriak-teriak: ”Ampun! Ampun! Panas! Panas!” Roh jahat tersebut kepanasan dan memohon ampun ketika kuasa Tuhan datang atasnya.

Hari ini pun kita menyaksikan bagaimana roh jahat yang menguasai dua orang yang datang dari pekuburan tunduk dan ketakutan ketika melihat Yesus. Roh jahat tidak berdaya melawan Yesus. Dan saat itu Yesus melakukan pengusiran setan (eksorsisme) dari dalam diri dua orang yang kerasukan setan itu.

Di dalam hidup sehari-hari roh jahat selalu berusaha menggoda supaya kita jatuh ke dalam dosa, jatuh ke dalam kekuasaannya. Tetapi tidak usah takut, dalam nama Yesus kita bisa mengalahkan mereka.

Tuhan Yesus Kristus, aku bersyukur bahwa aku boleh memiliki Engkau sebagai Terang hidupku. Dampingilah aku selalu supaya kegelapan dosa jangan sampai menguasai aku. Amin.

Ziarah Batin 2012, Renungan dan Catatan Harian

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy