| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Sakramen Ekaristi, Sumber Kekuatan

Oleh: M.T. Eleine Magdalena

Berikut ini adalah sharing pengalaman iman saya berkaitan dengan Sakramen Ekaristi, sumber yang “mengalirkan rahmat kepada kita, dan dengan hasil guna yang amat besar diperoleh pengudusan manusia dan pemuliaan Allah dalam Kristus, tujuan semua karya Gereja lainnya” (Konstitusi tentang Liturgi Suci, 10)

Ekaristi, Sumber Kekuatan Keluargaku

Hampir setiap hari kami sekeluarga menghadiri Misa. Sebisanya kami mengawali hari dengan hari Misa dan menyambut Tubuh Kristus. Sayng rasanya melewati begitu saja kesempatan istimewa untuk bertemu dengan Yesus yang hadir dalam Ekaristi, jika ada kesempatan untuk menghadirinya. 

Setiap kali menerima Hosti, saya mengimani bahwa saya makin diubah menjadi lebih serupa dengan-Nya dalam segi apa pun yang Tuhan kehendaki. Setiap menerima Hosti saya membayangkan apa yang dikatakan Yesus dalam Yoh 15:1-8 bahwa kita perlu bersatu dengan pokok anggur yang benar yaitu Kristus. Ekaristi menyatukan kita dengan Kristus. Penyatuan ini adalah suatu relasi yang perlu makin hari makin dipererat dan diperdalam hingga kita mencapai persatuan abadi kelak di surga.

Doa Sesudah Komuni

Doa setelah Komuni adalah saat intim bersama Yesus; adalah saat Yesus menghibur dan meneguhkanku. Ada kalanya Yesus membiarkanku menangis dalam dekapan cinta-Nya. Saya tidak kuatir akan apa kata orang walaupun saya menangis dalam gereja. Tangisan meluapkan sebagian yang ada dalam jiwaku. Ada waktunya juga kami saling berdiam dalam keheningan yang mempesona seakan waktu terhenti. 

Saat itu, waktu hanya milik kami berdua tanpa dikejar-kejar apa pun karena sesungguhnya Dialah Sang Empunya waktu. Kasih dan cinta-Nya yang sedemikian besar melampaui pikiran dan keberadaanku membuat saya selalu ingin tinggal di dalam Dia.

Berdoa bagi Anak-anak

Ketika kedua anak kami belum menerima Komuni pertama, ada kerinduan agar Winner dan Rayner, juga mengalami cinta-Nya yang kurasakan secara lebih istimewa dalam perayaan Ekaristi. Setiap kali sesampai di rumah sepulang Misa harian atau setelah menyambut Komuni kudus di gereja, saya memeluk sambil mendoakan mereka. Saya rindu Winner dan Rayner mempunyai kesempatan bersatu dengan Kristus dengan cara yang amat istimewa ini. Saya mohon Tuhan mengalirkan juga rahmat-Nya secara istimewa kepada mereka. Kini setelah kedua anak kami menerima Komuni, kami usahakan bisa menghadiri Misa harian bersama. 

Kalimat yang diucapkan oleh seluruh Gereja sebelum menyambut Hosti suci, yang dikutip dari kata-kata perwira Romawi, “Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya tetapi bersabdalah saja maka saya akan sembuh,” selalu menggetarkanku.

Sakramen Ekaristi menyembuhkan

Ketika hamil anak kedua, saya merasakan nyeri pada punggung dan pinggang sejak usia kandungan dua bulan. Saya tidak mampu bertahan duduk lebih dari 15 menit. Karena merasa sangat memerlukan, saat itu saya ingin sekali mengikuti retret di Pertapaan Karmel, Tumpang – Malang (Jatim). Ketika itu usia kehamilan saya memasuki bulan keenam. 

Retret yang berlangsung hari Kamis sampai dengan hari Minggu ini diawali dengan Misa. Semua peserta duduk di bawah memakai bantal atau bangku doa. Saat Misa berlangsung, rasa nyeri pada punggung mulai saya rasakan. Saya berkata dalam hati, “Tuhan, retret masih baru akan dimulai tapi pinggang dan punggung saya sudah terasa sangat nyeri. Saya ingin sekali dapat mengikuti retret hingga selesai.” 

Saya berharap sekali Tuhan menyembuhkan nyeri pada pinggang dan punggung saya. Dengan iman saya mengucapkan sungguh-sungguh, “Ya Tuhan, saya tidak pantas Engkau datang pada saya tetapi bersabdalah saja maka saya akan sembuh.” Saya mengucapkan kalimat ini dengan kesungguhan hati dan kesadaran bahwa Kristus yang mau datang padaku berkuasa menyembuhkan. 

Saat menyambut Komuni saya mengimani penuh bahwa Tuhan mengalirkan kasih-Nya dan menyembuhkan saya. Setelah itu saya mengikuti acara demi acara tanpa terganggu oleh rasa sakit itu lagi hingga hari terakhir retret. Bahkan hingga saya melahirkan, rasa nyeri pada punggung dan pinggang tidak lagi saya alami. Saya bersyukur, Sakramen Ekaristi menyembuhkanku.



Sumber: Cafe Rohani

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy