Jumat, 04 September 2009 :: Hari Biasa Pekan XXII

Jumat, 04 September 2009
Jumat Pertama Dalam Bulan

Hiduplah dengan penuh hikmat terhadap orang-orang luar, pergunakanlah waktu yang ada -- Kol 4:5


Doa Renungan Pagi

Allah Bapa kami di surga, kami bersyukur atas kehidupan yang masih kami alami serta kesehatan yang telah kami terima. Buatlah kami mampu menyadari kasih-Mu sehingga sepanjang hari ini dimampukan untuk memulai, melaksanakan dan mengakhiri semua pekerjaan dan tugas kami dalam nama-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.

Membuka pengajarannya, Paulus menegaskan dasar dan sendi utama yang menyokong harapan iman kita. Kristuslah dasar karya keselamatan Allah sejak semula. Karena itu, Ia juga menjadi kepala atas tubuh, yaitu jemaat. Sebab itu, Gereja mengajarkan bahwa kita memperoleh jalan lempang keselamatan melalui Kristus.

Bacaan Pertama

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose (1:15-20)

"Segala sesuatu diciptakan dengan perantaraan-Nya dan untuk Dia."

Saudara-saudara, Allah tidak kelihatan. Kristuslah gambar-Nya. Dialah yang pertama dari segala ciptaan. Sebab dalam Kristuslah telah diciptakan segala sesuatu, baik di surga maupun di bumi, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan, baik singgasana maupun kerajaan, baik pemerintah maupun penguasa. Segala sesuatu diciptakan dengan perantaraan-Nya dan untuk Dia. Dia ada mendahului segala sesuatu dan segala sesuatu ada dalam Dia. Kristuslah kepala tubuh, yaitu jemaat. Dialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang mati, sehingga Dialah yang paling utama dalam segala sesuatu. Karena seluruh kepenuhan Allah berkenan diam dalam Kristus, dan dengan perantaraan Kristus Allah mendamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya. Baik yang ada di bumi, maupun yang ada di surga, segalanya didamaikan oleh darah Kristus yang tersalib.
Demikianlah Sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan
Ref. Datanglah ke hadapan Tuhan dengan sorak-sorai.
Ayat.
(Mzm 100:2.3.4.5)
1. Beribadahlah kepada Tuhan dengan sukacita, datanglah ke hadapan-Nya dengan sorak-sorai!
2. Ketahuilah, bahwa Tuhanlah Allah, Dialah yang menjadikan kita, dan punya Dialah kita; kita ini umat-Nya dan kawanan domba gembalaan-Nya.
3. Masuklah melalui pintu gerbang-Nya dengan nyanyian syukur, masuklah ke pelataran-Nya dengan puji-pujian, bersyukurlah kepada-Nya, dan pujilah nama-Nya!
4. Sebab Tuhan itu baik, kasih setia-Nya untuk selama-lamanya, dan kesetiaan-Nya tetap turun-temurun.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Aku ini cahaya dunia, sabda Tuhan. Yang mengikuti Aku, hidup dalam cahaya. Alleluya

Orang perlu memahami dan mengerti benar apa yang menjadi tujuan dari tindakan menjalankan kesalehan iman. Berpuasa pun demikian. Bagi murid-murid Yesus, berpuasa memiliki arti rohani. Berpuasa dilakukan untuk makin dekat dan meneladan Yesus. Yesuslah yang menjadi dasar arti rohani itu. Dialah anggur baru bagi kita.

Bacaan Injil

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (5:33-39) 


"Apabila mempelai diambil, barulah sahabat-sahabat mempelai akan berpuasa."


Sekali peristiwa orang-orang Farisi dan ahli-ahli Taurat berkata kepada Yesus, "Murid-murid Yohanes sering berpuasa dan sembahyang. Demikian pula murid-murid orang Farisi. Tetapi murid-murid-Mu makan dan minum." Yesus menjawab, "Dapatkah sahabat mempelai disuruh berpuasa, selagi mempelai itu bersama mereka? Tetapi akan datang waktunya mempelai diambil dari mereka; pada waktu itulah mereka akan berpuasa." Yesus mengatakan juga suatu perumpamaan kepada mereka, "Tiada seorang pun mengoyakkan secarik kain dari baju yang baru untuk ditambalkan pada baju yang tua. Sebab jika demikian, yang baru itu pun akan koyak. Apalagi kain penambal yang dikoyakkan dari baju baru tidak akan cocok pada baju yang tua. Demikian juga tiada seorang pun mengisikan anggur baru ke dalam kantong kulit yang tua. Sebab jika demikian, anggur baru itu akan mengoyakkan kantong tua itu, lalu anggur akan terbuang dan kantong itu pun hancur. Tetapi anggur baru harus disimpan dalam kantong yang baru pula. Dan tiada seorang pun yang telah minum anggur tua ingin minum anggur yang baru, sebab ia akan berkata, 'Anggur yang tua lebih baik'."
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

Renungan


Ada pepatah mengatakan, di mana bumi dipijak, di sana langit dijunjung. Demikian pula dengan iman kita. Apabila kita telah memutuskan untuk beriman kepada Yesus, kebiasaan-kebiasaan masa lalu yang tidak berkenan kepada-Nya haruslah ditinggalkan. Kalau tidak, yang terjadi adalah kebingungan yang tak berujung. Apakah aku masih terikat pada kebiasaan-kebiasaan lama?

Doa Renungan Malam



Allah Bapa sumber kedamaian sejati, sungguh berlimpah kasih-Mu yang boleh kami alami sepanjang hari ini. Engkau menyertai, membimbing, dan membantu kami dalam semua aktivitas dan tugas kami. Maka sudah layak dan sepantasnya bila pada akhir hari ini kami bersyukur atas rahmat-Mu itu. Dan kami mohon, ampunilah kesalahan kami sehingga kami dapat beristirahat dalam damai-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putera-Mu yang hidup dan berkuasa bersama Bapa dalam persekutuan Roh Kudus, kini dan sepanjang masa. Amin.


RUAH