Rabu, 16 September 2009 :: Pw. St. Kornelius, Paus dan Siprianus, UskupMartir

Rabu, 16 September 2009
Pw. St. Kornelius, Paus dan Siprianus, UskMrt

Tanpa pengetahuan kerajinan pun tidak baik; orang yang tergesa-gesa akan salah langkah -- Amsal 19:2


Doa Renungan


Allah Bapa kami yang maha pengasih, lindungilah kami dalam nama Yesus Putra-Mu dan semoga kejahatan di dunia ini terhalau oleh kekuatan cinta kasih. Ajarilah kami hidup jujur bersama dalam cinta kasih yang menyatukan. Demi Yesus Kristus, Tuhan dan pengantara kami kini dan sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan Pertama
Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada Timotius (3:14-16)

"Sungguh agunglah rahasia iman kita."

14 Saudara-saudara terkasih, semuanya ini kutuliskan kepadamu, walaupun kuharap segera dapat mengunjungi engkau. 15 Jadi jika aku terlambat, sudahlah engkau tahu bagaimana orang harus hidup sebagai keluarga Allah, yakni jemaat dari Allah yang hidup, tiang penopang dan dasar kebenaran. 16 Dan sesungguhnya agunglah rahasia ibadah kita: "Dia, yang telah menyatakan diri-Nya dalam rupa manusia, dibenarkan dalam Roh; yang menampakkan diri-Nya kepada malaikat-malaikat, diberitakan di antara bangsa-bangsa yang tidak mengenal Allah; yang dipercayai di dalam dunia, diangkat dalam kemuliaan."
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah

Mazmur Tanggapan PS 830
Ref. Aku wartakan karya agung-Mu Tuhan, karya agung-Mu karya keselamatan.
Ayat.
(Mzm111:1-6)
1. Aku bersyukur kepada Tuhan dengan segenap hati, dalam lingkungan orang-orang benar dan di tengah jemaat. Besarlah perbuatan-perbuatan Tuhan, layak diselidiki oleh semua orang yang menyukainya.
2. Agung dan semaraklah pekerjaan-Nya, keadilan-Nya tetap untuk selama-lamanya. Perbuatan-perbuatan-Nya yang ajaib dijadikan peringatan; Tuhan itu pengasih dan penyayang.
3. Kepada orang takwa diberikan-Nya rezeki, selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya. Kekuatan perbuatan-Nya Ia tunjukkan kepada umat-Nya, dengan memberikan kepada mereka milik pusaka para bangsa.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, Alleluya
Ayat: Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan. Pada-Mulah sabda kehidupan kekal.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (7:31-35)

"Hikmat Allah dibenarkan oleh orang yang menerimanya."

31 Sekali peristiwa berkatalah Yesus kepada orang banyak, "Dengan apakah akan Kuumpamakan orang-orang dari angkatan ini dan dengan apakah mereka itu sama? 32 Mereka itu seumpama anak-anak yang duduk di pasar dan yang saling menyerukan: Kami meniup seruling bagimu, tetapi kamu tidak menari, kami menyanyikan kidung duka, tetapi kamu tidak menangis. 33 Karena Yohanes Pembaptis datang, ia tidak makan roti dan tidak minum anggur, dan kamu berkata: Ia kerasukan setan. 34 Kemudian Anak Manusia datang, Ia makan dan minum, dan kamu berkata: Lihatlah, Ia seorang pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orang berdosa. 35 Tetapi hikmat dibenarkan oleh semua orang yang menerimanya."
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya.
Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran dan hidup kami.


Renungan


Yesus mengalami penolakan dari orang-orang Israel. Mereka menganggap Dia sebagai orang yang bersalah. Ia dibandingkan dengan Yohanes Pembaptis yang juga telah mereka tolak. Yesus dianggap tidak dapat memenuhi harapan orang-orang Israel yang mengharapkan datangnya Mesias.

Menghadapi penolakan itu, Yesus tetap setia pada perutusan-Nya. Dia tetap mewartakan Kerajaan Allah dan berkarya dengan menyembuhkan banyak orang.

Pernahkah Anda ditolak oleh sesama? Bagaimana Anda bersikap ketika perbuatan baik pun dicurigai dan ditolak oleh sesama? Apakah Anda berhenti berbuat baik dan bersikap tidak peduli? Atau apakah Anda mengikuti teladan Yesus?

Ya Yesus, ajarilah aku untuk meneladan Engkau ketika aku mengalami penolakan karena imanku. Amin.


Ziarah Batin 2009 (Renungan dan Catatan Harian)