Jumat, 12 November 2010 Pw. St. Yosafat, Uskup dan Martir

Jumat, 12 November 2010
Pw. St. Yosafat, Uskup dan Martir

Doa adalah lagu hati yang membimbing ke arah singgasana Tuhan di tengah suara ribuan orang yang sedang meratap <--->

Doa Renungan

Allah Bapa, kami bersyukur atas St. Yosafat yang berani menumpahkan darahnya untuk persatuan Gereja. Bantulah kami agar dapat mengikis kesombongan dan mengusahakan sikap rendah hati, agar mampu membangun persatuan dan kedamaian. Dengan pengantaraan Kristus Tuhan kami. Amin.

Mengasihi satu sama lain merupakan perintah yang utama. Setiap orang Kristiani dipanggil untuk mewujudkan kasih persaudaraan dengan penuh ketabahan dan ketekunan. Semakin hari hidup mereka harus menampakkan kasih Kristus sendiri.

Pembacaan dari Surat Kedua Rasul Yohanes ( 4 - 9 )

"Barangsiapa setia kepada ajaran, dia memiliki Bapa maupun Putra."

Hai Ibu yang terpilih, aku sangat bersukacita, bahwa separuh dari anak-anakmu kudapati hidup dalam kebenaran, yaitu sesuai dengan perintah yang telah kita terima dari Bapa. Maka sekarang aku minta kepadamu, ya ibu agar kita saling mengasihi. Ini kutulis bukan seolah-olah merupakan perintah baru bagimu, melainkan menurut perintah yang sudah ada pada kita sejak semula yaitu supaya kita saling mengasihi. Dan kasih itu berarti bahwa kita harus hidup menurut perintah-Nya. Dan perintah itu ialah bahwa kalian harus hidup dalam kasih, sebagaimana telah kalian dengar sejak semula. Banyak penyesat telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Mereka tidak mengakui, bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia. Mereka itulah penyesat dan antikristus. Waspadalah, jangan sampai kalian kehilangan apa yang telah kami kerjakan. Tetapi berusahalah agar kalian mendapat ganjaranmu sepenuhnya. Setiap orang yang tidak setia pada ajaran Kristus, tetapi menyimpang daripadanya, dia tidak memiliki Allah. Barangsiapa setia kepada ajaran itu dia memiliki Bapa maupun Putera.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Berbahagialah orang yang hidup menurut hukum Tuhan.
Ayat. (Mzm 19:1.2.10.11.17.18)
1. Berbahagialah orang yang hidupnya tidak bercela, yang hidup menurut Taurat Tuhan.
2. Berbahagialah orang yang memegang peringatan-peringatan-Nya, yang mencari Dia dengan segenap hati.
3. Dengan segenap hatiku aku mencari Engkau, jangan biarkan aku menyimpang dari perintah-Mu.
4. Dalam hatiku aku menyimpan janji-Mu, supaya aku jangan berdosa terhadap Engkau.
5. Lakukanlah kebajikan kepada hamba-Mu ini supaya aku hidup, dan aku hendak berpegang pada firman-Mu.
6. Singkapkanlah mataku, supaya aku memandang keajaiban-keajaiban hukum-Mu.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya.
Ayat. Angkatlah mukamu, sebab penyelamatanmu sudah mendekat.

Masa depan orang beriman adalah masa dimana mereka menyambut kedatangan Kristus yang mulia. Mereka harus mengisi hidup mereka dengan penuh iman. Sebab hanya imanlah yang membuat mereka sungguh-sungguh siap menyambut Kristus.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (17:26-37)

"Kapan Anak Manusia akan menyatakan diri?"

Pada suatu ketika Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, "Sebagaimana halnya pada zaman Nuh, demikian pula kelak pada hari Anak Manusia. Pada zaman Nuh itu orang-orang makan dan minum, kawin dan dikawinkan, sampai pada hari Nuh masuk ke dalam bahtera. Lalu datanglah air bah dan membinasakan mereka semua. Demikian pula yang terjadi pada zaman Lot. Mereka makan dan minum, membeli dan menjual, menanam dan membangun, sampai pada hari Lot keluar dari Sodom. Lalu turunlah hujan api dan belerang dari langit dan membinasakan mereka semua. Demikianlah halnya kelak pada hari Anak Manusia menyatakan diri. Pada hari itu barangsiapa sedang ada di peranginan di atas rumah, janganlah ia turun untuk mengambil barang-barang di dalam rumah. Demikian pula yang sedang berada di ladang, janganlah ia pulang. Ingatlah akan isteri Lot! Barangsiapa berusaha memelihara nyawanya, ia akan kehilangan nyawanay, dan barangsiapa kehilangan nyawanya, ia akan menyelamatkannya. Aku berkata kepadamu: Pada malam itu kalau ada dua orang di atas ranjang, yang satu akan dibawa dan yang lain ditinggalkan. Kalau ada dua orang wanita yang sedang bersama-sama mengilang, yang seorang akan dibawa dan yang lain akan ditinggalkan." Para murid lalu bertanya, "Di mana, Tuhan?" Yesus menjawab, "Dimana ada mayat, di situ berkerumun burung nasar."
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!


Renungan

Orang harus punya komitmen yang kuat dengan panggilan hidupnya. Ia tidak boleh bimbang, ragu, atau mendua hatinya. Pandangannya harus focus dan lurus ke depan. Itulah komitmen orang beriman dalam mengikuti panggilan Yesus Kristus. Orang yang masih menoleh ke belakang, tidak layak menjadi murid-Nya. Tuhan menuntut totalitas hidup kita.

Doa Malam

Yesus Sang Gembala Sejati, syukur dan terimakasih Engkau tidak membiarkan kami jatuh dalam dosa. Bantulah kami agar dapat bangun kembali bila jatuh ke dalam dosa, berani bertobat dan kembali ke jalan yang benar. Amin.


RUAH