| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selamat Tahun Baru 2012 & Hari Raya SP Maria Bunda Allah

Selamat Tahun Baru; hari ini kita memasuki Tahun Baru persis Hari Tuhan. Semoga ini pertanda baik bahwa kita mengawali perjalanan Tahun 2012 ini dengan berkat Tuhan yang dipakai kata-kata untuk memberkati orang Israel dulu:
“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera.”
Setelah kita merenungkan perjalanan kita sepanjang tahun dan kita menuliskan kenangan renungan kita dalam hati “TUHAN membuat kita mampu tersenyum walau sedang menangis; bertahan saat kita ingin menyerah; berdoa saat sedang kehabisan kata-kata; mengasihi walau hati kita sedang hancur berkeping-keping mampu untuk mengerti walau merasa tak satupun kelihatan memberi arti; itulah tantangan yang sudah lalu dan mungkin juga masih ada pada tahun yang mendatang.

Percaya bahwa hari ini hari PERDAMAIAN DUNIA, hari ini juga hari Santa Maria Bunda Gereja, hari Pertama menapakkan kaki di tahun 2012. Dengan modal berkat TUHAN; kita mau melangkah dengan penuh percaya bahwa Tuhan memberkati kita; bahwa Tuhan menyinari langkah kita dengan sinar wajah-Nya; bahwa Tuhan melimpahi kita dengan Kasih KaruniaNya; Tuhan menghadapkan wajah-Nya dan memberi kita Damai.

Semoga dengan hati dan pikiran yang damai kita berjalan bersama dengan bergandengan tangan untuk mengukir kehidupan di tahun 2012 ini menjadi tahun yang membawa perdamaian sejati; dijauhkan dari hati dan pikiran yang membenci, tamak, iri hati, takabur, serakah, menang sendiri, selalu membohongi dan menipu. Baik terhadap anak, istri, suami, rekan kerja, bawahan atau atasan, maupun sesama demi berkat Tuhan tidak menjadi sia-sia. Dengan Sinar wajah Tuhan, kita mau memandang penuh kasih, menyapa dengan sapaan penuh makna untuk setiap bagian anggota keluarga demi hati yang damai dan bahagia, sebutan “papi” dan “mami” yang penuh isi dan getaran hati yang murni. Kepada om-om dan tante-tante yang memberikan hati dan wajah yang teduh dan hangat. Sebutan saudara tanpa rasa curiga dan prasangka. Melantunkan satu doa Bapa Kami dengan satu nada dan satu suara, untuk memuji serta memohon kepada Bapa dengan rasa hati yang sama, meminjam istilah St. Paulus “sehati sepikir dan seperasaan” dengan Tuhan kita Yesus Kristus.

Sebagaimana para gembala, yang dengan begitu riang gembira berjumpa dengan Tuhan Yesus dan Bunda Maria dan Yusup setelah mendapat kabar gembira dari para Malaekat yang mengatakan "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa: Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: Kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan". Mereka tidak mendapatkan emas dan perak atau mobil dan rumah mewah, tetapi mereka mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan sejati karena bertemu dengan Tuhan Sang Emanuel. Kedamaian dan kebahagiaan yang mereka rasakan tidak dapat digantikan oleh harta kekayaan apapun.

Kembali kita memohon berkat Tuhan yang pernah dipesankan untuk memberkati kita melalui Musa yang menjadi nyata dalam Sang Emanuel :

“TUHAN memberkati engkau dan melindungi engkau;
TUHAN menyinari engkau dengan wajah-Nya dan memberi engkau kasih karunia;
TUHAN menghadapkan wajah-Nya kepadamu dan memberi engkau damai sejahtera”
Selamat memasuki tahun 2012

Salam dan doa.

Pastor Antonius Sumardi, SCJ

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy