| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Selasa, 21 Februari 2012 Hari Biasa Pekan VII

Selasa, 21 Februari 2012
Hari Biasa Pekan VII

Tuhan menginginkan supaya kita mempersembahkan kurban dalam kesederhanaan dan ketulusan hati --- St Ireneus

Antifon Pembuka (Mzm 55:23)


Serahkanlah bebanmu kepada Tuhan, maka Ia akan menopang Engkau. Tidak untuk selamanya dibiarkan-Nya orang benar goyah.


Doa Pagi


Allah Pencipta alam semesta, kenikmatan duniawi demikian memikat dan menggoda. Dalam kehidupan sehari-hari, kami sering cenderung ingin memuaskan hawa nafsu kami. Ya Allah, ampunilah dan bimbinglah kami, orang yang lemah ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.


Tuhan menciptakan manusia untuk hidup bersama dengan harmonis. Suasana harmonis perlu diciptakan oleh masing-masing orang. Dengan demikian, tiap orang mesti rendah hati dan mengutamakan kepentingan bersama di atas kepentingan pribadi. Sikap ini jelas akan menghindarkan diri dari pertengkaran dan perpecahan. Hidup bersama menjadi damai dan bahagia.


Bacaan dari Surat Rasul Yakobus (4:1-10)


Saudara-saudara terkasih, dari manakah datangnya sengketa dan pertengkaran di antara kamu? Bukankah datangnya dari hawa nafsumu yang saling berjuang di dalam tubuhmu? Kamu mengingini sesuatu, tetapi kamu tidak memperolehnya, lalu kamu membunuh; kamu iri hati, tetapi kamu tidak mencapai tujuanmu, lalu kamu bertengkar dan kamu berkelahi. Kamu tidak memperoleh apa-apa, karena kamu tidak berdoa. Atau kamu berdoa juga, tetapi kamu tidak menerima apa-apa, karena kamu salah berdoa, sebab yang kamu minta itu hendak kamu habiskan untuk memuaskan hawa nafsumu. Hai kamu, orang-orang yang tidak setia! Tidakkah kamu tahu, bahwa persahabatan dengan dunia adalah permusuhan dengan Allah? Jadi barangsiapa hendak menjadi sahabat dunia ini, ia menjadikan dirinya musuh Allah. Janganlah kamu menyangka, bahwa Kitab Suci tanpa alasan berkata: "Roh yang ditempatkan Allah di dalam diri kita, diingini-Nya dengan cemburu!" Tetapi kasih karunia, yang dianugerahkan-Nya kepada kita, lebih besar dari pada itu. Karena itu Ia katakan: "Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Karena itu tunduklah kepada Allah, dan lawanlah Iblis, maka ia akan lari dari padamu! Mendekatlah kepada Allah, dan Ia akan mendekat kepadamu. Tahirkanlah tanganmu, hai kamu orang-orang berdosa! dan sucikanlah hatimu, hai kamu yang mendua hati! Sadarilah kemalanganmu, berdukacita dan merataplah; hendaklah tertawamu kamu ganti dengan ratap dan sukacitamu dengan dukacita. Rendahkanlah dirimu di hadapan Tuhan, dan Ia akan meninggikan kamu.

Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan

Ref. Serahkanlah bebanmu kepada Tuhan, maka Ia akan menopang Engkau.
Ayat. (Mzm 55:7-11a.23)

1. Pikirku, "Sekiranya aku diberi sayap seperti merpati, aku akan terbang dan mencari tempat tenang; aku akan lari jauh-jauh dan bermalam di padang gurun.
2. Aku akan segera mencari tempat perlindungan terhadap angin ribut dan badai." Bingungkanlah mereka, ya Tuhan, kacaukanlah perkataan mereka.
3. Sebab aku melihat kekerasan dan perbantahan di dalam kota! Siang malam mereka mengelilingi kota itu, berjalan di atas tembok-temboknya.
4. Serahkanlah bebanmu kepada Tuhan, maka Ia akan menopang engkau! Tidak untuk selama-lamanya dibiarkan-Nya orang itu goyah.

Bait Pengantar Injil

Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (bdk Gal. 6:14)
Tiada yang kubanggakan, selain salib Tuhan. Karenanya dunia tersalib bagiku dan aku bagi dunia.

Keselamatan Allah melalui jalan salib yang terjal. Jalan ini dilalui dengan rendah hati, taat setia dan mengandalkan kekuatan Allah. Tindakan ini menunjukkan sikap orang yang merasa 'kecil' di hadapan Allah. Anak kecil menjadi lambang penyerahan diri yang sejati. Semua orang tidak pantas untuk memegahkan diri. Ia mesti menjadi pelayan bagi sesamanya.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (9:30-37)


Pada suatu hari Yesus dan murid-murid-Nya melintasi Galilea. Yesus tidak mau hal itu diketahui orang, sebab Ia sedang mengajar murid-murid-Nya. Ia berkata kepada mereka, "Anak Manusia akan diserahkan ke dalam tangan manusia, dan mereka akan membunuh Dia. Tetapi tiga hari setelah dibunuh, Ia akan bangkit." Mereka tidak mengerti perkataan itu, namun segan menanyakannya kepada Yesus. Kemudian Yesus dan murid-murid-Nya tiba di Kapernaum. Ketika sudah berada di rumah Yesus bertanya kepada para murid itu, "Apa yang kalian perbincangkan tadi di jalan?" Tetapi mereka diam saja, sebab di tengah jalan tadi mereka mempertengkarkan siapa yang terbesar di antara mereka. Lalu Yesus duduk dan memanggil keduabelas murid itu. Kata-Nya kepada mereka, "Jika seorang ingin menjadi yang terdahulu, hendaklah ia menjadi yang terakhir dari semuanya dan menjadi pelayan semuanya." Yesus lalu memanggil seorang anak kecil ke tengah-tengah mereka. Kemudian Ia memeluk anak itu dan berkata kepada mereka, "Barangsiapa menerima seorang anak seperti ini demi nama-Ku, dia menerima Aku. Dan barangsiapa menerima Aku, sebenarnya bukan Aku yang mereka terima, melainkan Dia yang mengutus Aku."

Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan


Jabatan sering membius banyak orang. Yang dilupakan adalah, bahwa jabatan itu suatu amanah, suatu tugas dari yang di Atas. Maka, pejabat itu sekaligus pelayan, bukan bos masyarakat. Satu lagi, amanah itu membawa penderitaan sekaligus kemuliaan. Apakah kita menyadari dua sisi yang menyertai jabatan, yaitu penderitaan dan kemuliaan? Atau dengan nakal, kita hanya mengambil satu sisinya?


Doa Malam


Yesus Tuhan kami, Engkau mengajarkan agar kami rendah hati dan mau bersikap seperti anak-anak, menerima dan melayani sesama dengan tulus dan jujur. Ampunilah, ya Yesus, bila sepanjang hari ini kami hanya mencari kebesaran dan kekuasaan diri sendiri. Sebab Engkaulah Tuhan, Pengantara kami, kini dan sepanjang segala masa. Amin.


RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy