| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 12 Februari 2012 Hari Minggu Biasa VI/B - “Aku mau jadilah Engkau tahir”.

Bacaan Injil, yang merupakan pusat dari bacaan-bacaan hari ini, berkisah tentang penyembuhan orang kusta. Alur kisahnya demikian: orang kusta itu datang kepada Yesus, berlutut dihadapan-Nya dan memohon kepada Yesus, “Kalau Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku”. Maka, hati Yesus tergerak oleh belas kasihan. Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata, “Aku mau, jadilah engkau tahir”. Seketika itu juga, lenyaplah penyakit kusta orang itu dan ia menjadi tahir. Mari kita cermati kisah yang menarik ini dan kita timba pesan serta inspirasinya.

Penyakit kusta merupakan salah satu penyakit kulit yang mengerikan dan mudah menular. Kulit membusuk sedikit demi sedikit, semakin meluas (Jw: mbabrak) dan bagian demi bagian mulai terlepas satu persatu (Jw: mrithili). Keadaan ini menjadikan orang yang terkena kusta diasingkan dan dikucilkan. Hal ini digambarkan dengan jelas dalam bacaan I, "Orang yang sakit kusta harus berpakaian yang cabik-cabik, rambutnya terurai dan lagi ia harus menutupi mukanya sambil berseru-seru: Najis! Najis! Selama ia kena penyakit itu, ia tetap najis; memang ia najis; ia harus tinggal terasing, di luar perkemahan itulah tempat kediamannya" (Im 13:44-46). Jadi, orang kusta tidak hanya menderita secara fisik (sakit) tetapi juga batin (dianggap najis, diasingkan, disingkiri dan disingkirkan).

Meskipun orang kusta diasingkan dan tinggal di luar pemukiman, namun dalam Injil tadi dikisahkan bahwa ada seorang kusta datang kepada Yesus yang sedang berada di salah satu kota di Galilea (bdk. Mrk 1:38-19). Artinya, ia mempunyai keberanian keluar dari pengasingannya untuk datang kepada Yesus dan memohon bantuan-Nya. Apa yang membuatnya berani (nekad) adalah iman dan pengharapannya yang begitu besar kepada Yesus. Di hadapan Yesus, ia mengatakan, “Jika Engkau mau, Engkau dapat mentahirkan aku”. Ia percaya penuh bahwa Yesus dapat menyembuhkan dan mentahirkannya sehingga permohonannya bukan “Jika Engkau dapat” tetapi “Jika Engkau mau”. Ungkapan “jika Engkau mau” yang didasari oleh keyakinan iman bahwa Yesus pasti dapat (bisa) ini, menunjukkan kerendahan hati dan kepasrahan di kusta. Bahasa halusnya, “Jika Engkau berkenan … atau Menawi dados karsa/rena Dalem ….”

Tanggapan Yesus sungguh luar biasa. Ia tergerak oleh belas kasihan. Kalau banyak orang menyingkirkan, mengucilkan dan menjauhi orang kusta, Yesus justru sebaliknya. Ia mengulurkan tangan-Nya, menjamah orang itu dan berkata, “Aku mau jadilah Engkau tahir”. Yesus tidak takut kalau Ia menjadi najis dan ketularan kustanya. Kekudusan Yesus tak tercemar dan tidak dapat dinajiskan dengan menyentuh orang atau barang najis. Ia justru menyalurkan pengudusan dan penyembuhan sehingga si kusta yang dianggap najis justru disembuhkan dan ditahirkan. Ketika menyentuh si kusta, Yesus tidak menjadi najis, tetapi sebaliknya si kusta justru menjadi tahir.

Setelah kita mencermati sepenggal kisah penyembuhan orang kusta ini, kita diajak untuk belajar beriman dari si kusta dan belajar berbelas kasih dari Yesus. Kita masing-masing mempunyai “kusta” dalam diri kita sehingga membuat kita tidak tahir: kesombongan, ketamakan, hawa nafsu, iri hati, rakus, kemarahan, kemalasan (7 dosa pokok). Kita percaya, Tuhan pasti bisa mentahirkan dan membebaskan kita dari dosa-dosa ini. Maka, marilah kita dengan rendah hati, seperti si kusta, datang kepada Yesus, berlutut di hadapan-Nya dan memohon agar Ia berkenan menyembuhkan dan mentahirkan kita. Sarana yang dapat kita pakai untuk datang kepada-Nya antara lain berupa doa, Ekaristi, adorasi, pengakuan dosa, dll.

Marilah kita juga belajar berbelas kasih dari Yesus. Ada banyak orang di sekitar kita yang menderita “kusta” sehingga dianggap memalukan: hamil di luar nikah, perkawinannya tidak sah, perkawinannya tidak harmonis bahkan bercerai, narapidana, korban narkoba, difabel, dll. Sebagaimana Yesus tidak mengucilkan dan menjauhi si kusta tetapi malah mengulurkan tangan-Nya untuk menjamah dia sehingga sembuh, marilah kita melakukan hal yang sama. Kalau ada saudara-saudara kita yang disingkiri dan disingkirkan oleh masyarakat karena diaggap “memalukan”, kita tidak ikut-ikutan berbuat demikian tetapi malah sebaliknya. Dengan penuh belas kasih, kita ulurkan tangan dan hati kita untuk menolong mereka sesuai kemampuan kita masing-masing. Dengan demikian, kita menghayati pesan bacaan II, “Lakukanlah semuanya itu demi kemuliaan Allah … supaya mereka beroleh selamat”. (1Kor 10:31.33).


Rm. Agus Widodo, Pr

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy