| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 05 April 2012 Malam: Kamis Putih (P)

Kamis, 05 April 2012
Malam: Kamis Putih (P)
Peringatan Perjamuan Tuhan.

"Ekaristi sebagai kehadiran Kristus yang menyelamatkan adalah milik Gereja yang paling berharga dalam peziarahannya sepanjang sejarah" (Beato Yohanes Paulus II)

Antifon Pembuka (Gal 6:14)

Kita harus bangga akan salib Tuhan kita Yesus Kristus, pohon keselamatan, kehidupan dan kebangkitan kita, sumber penebusan dan pembebasan kita.


Pengantar

Hari ini merupakan hari terakhir masa Prapaskah. Kita bersama-sama memulai Tri Hari Paskah yang akan berakhir pada Minggu Paskah sore. Melalui perayaan ini, kita mengenangkan Perjamuan Malam Terakhir Yesus bersama murid-murid-Nya, di mana Ia menetapkan Perayaan Ekaristi sebagai kenangan akan Dia. Maka, boleh dikatakan bahwa perayaan Kamis Putih merupakan peringatan hari lahirnya Ekaristi.
Selain itu, kepada para murid, Yesus juga meminta agar mereka mengikuti teladan-Nya untuk saling membasuh kaki sebagai wujud cinta kasih.
Perintah untuk merayakan Ekaristi dan perintah untuk saling mengasihi merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Melalui perayaan ini, kita diajak untuk semakin menyadari dan menghayati bahwa kita semua dipersatukan dalam Ekaristi dan diutus untuk saling mengasihi.

Doa

Allah Bapa kami yang maha pengasih dan maha penyayang, malam hari ini kami Kauperkenankan untuk merayakan perjamuan-Mu yang mahakudus. Perjamuan cinta kasih ini dianugerahkan Kristus pada malam Ia menyerahkan diri, kepada Gereja-Nya sebagai kurban baru sepanjang masa pada malam Ia menyerahkan diri-Nya. Kami mohon, semoga kami Kauperkenankan menimba cinta kasih dan hidup melimpah dari misteri agung ini. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup, berkuasa, kini dan sepanjang masa. Amin.


Bacaan dari Kitab Keluaran (12:1-8.11-14)

"Aturan perjamuan Paska."

Pada waktu itu berfirmanlah Tuhan kepada Musa dan Harun di tanah Mesir, “Bulan ini akan menjadi permulaan segala bulan bagimu, bulan yang pertama bagimu tiap-tiap tahun. Katakanlah kepada segenap jemaat Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini hendaklah diambil seekor anak domba oleh masing-masing menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga. Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil jumlahnya untuk menghabiskan seekor anak domba, maka hendaklah ia bersama dengan tetangga yang terdekat mengambil seekor menurut jumlah jiwa; tentang anak domba itu, kamu buatlah perkiraan menurut keperluan tiap-tiap orang. Anak dombamu itu harus jantan, tidak bercela dan berumur satu tahun; kamu boleh mengambil domba, boleh kambing. Anak domba itu harus kamu kurung sampai tanggal empat belas bulan ini. Lalu seluruh jemaat Israel yang berkumpul harus menyembelihnya pada senja hari. Darahnya harus diambil sedikit dan dioleskan pada kedua tiang pintu dan pada ambang atas rumah, tempat orang-orang makan anak domba itu. Pada malam itu juga mereka harus memakan dagingnya yang dipanggang; daging panggang itu harus mereka makan dengan roti yang tidak beragi dan sayuran pahit. Beginilah kamu harus memakannya: pinggangmu berikat, kaki berkasut, dan tongkat ada di tanganmu. Hendaknya kamu memakannya cepat-cepat. Itulah Paskah bagi Tuhan. Sebab pada malam ini Aku akan menjelajahi negeri Mesir, dan membunuh semua anak sulung, baik anak sulung manusia maupun anak sulung hewan, dan semua dewata Mesir akan Kujatuhi hukuman. Akulah Tuhan. Adapun darah domba itu menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah tempat kamu tinggal. Apabila Aku melihat darah itu, maka Aku akan melewati kamu. Jadi tidak akan ada tulah kemusnahan di tengah-tengah kamu, pada saat Aku menghukum negeri Mesir. Hari ini harus menjadi hari peringatan bagimu, dan harus kamu rayakan sebagai hari raya bagi Tuhan turun temurun.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, do = g, 2/4, 3/4, PS 856
Ref. Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu. Inilah Darah-Ku yang ditumpahkan bagimu. Lakukanlah ini akan peringatan kepada-Ku.
Ayat. (Mzm 116:12-13.15-16bc.17-18; R: lh. 1Kor 10: lh.16)

1. Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebaikan-Nya kepadaku? Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan.

2. Sungguh berhargalah di mata Tuhan kematian semua orang yang dikasihi-Nya. Ya Tuhan, aku hamba-Mu; aku hamba-Mu, anak dari sahaya-Mu. Engkau telah melepaskan belengguku.
3. Aku akan mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama Tuhan. Aku akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya.

B
acaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 11:23-26)

"Setiap kali kamu makan dan minum, kamu mewartakan wafat Tuhan."

Saudara-saudara, apa yang telah kuteruskan kepadamu ini telah aku terima dari Tuhan, yaitu bahwa Tuhan Yesus, pada malam Ia diserahkan, mengambil roti, dan setelah mengucap syukur atasnya, Ia memecah-mecahkan roti itu seraya berkata, “Inilah tubuh-Ku, yang diserahkan bagimu; perbuatlah ini untuk mengenangkan Daku!” Demikian juga Ia mengambil cawan, sesudah makan, lalu berkata, “Cawan ini adalah perjanjian baru yang dimeteraikan dalam darah-Ku. Setiap kali kamu meminumnya, perbuatlah ini untuk mengenangkan Daku.” Sebab setiap kali kamu makan roti ini dan minum dari cawan ini, kamu mewartakan wafat Tuhan sampai Ia datang.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.


Bait Pengantar Injil, Mzm 95:8ab, do = bes, 4/4, PS 965
Ref. Terpujilah Kristus Tuhan, Raja mulia dan kekal.
Ayat. (Yoh 13:34)
Aku memberikan perintah baru kepada kamu, yaitu supaya kamu saling mengasihi, sama seperti Aku telah mengasihi kamu.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes (13:1-15)

"Ia mengasihi mereka sampai saat terakhir."

Sebelum Hari Raya Paskah mulai, Yesus sudah tahu bahwa saatnya sudah tiba untuk beralih dari dunia ini kepada Bapa. Sebagaimana Ia senantiasa mengasihi murid-murid-Nya, demikianlah sekarang Ia mengasihi mereka sampai saat terakhir. Ketika mereka sedang makan bersama, Iblis membisikkan dalam hati Yudas Iskariot, anak Simon, rencana untuk mengkhianati Yesus. Yesus tahu, bahwa Bapa telah menyerahkan segala sesuatu kepada-Nya dan bahwa Ia datang dari Allah dan akan kembali kepada Allah. Maka bangunlah Yesus dan menanggalkan jubah-Nya. Ia mengambil sehelai kain lenan dan mengikatkannya pada pinggang-Nya. Kemudian Ia menuangkan air ke dalam sebuah basi, dan mulai membasuh kaki murid-murid-Nya, lalu menyekanya dengan kain yang terikat pada pinggang-Nya itu. Maka sampailah Ia kepada Simon Petrus. Kata Petrus kepada-Nya, “Tuhan, Engkau hendak membasuh kakiku?” Jawab Yesus kepadanya, “Apa yang Kuperbuat, engkau tidak mengerti sekarang, tetapi engkau akan memahaminya kelak.” Kata Petrus kepada-Nya, “Selama-lamanya Engkau tidak akan membasuh kakiku!” Jawab Yesus, “Jikalau Aku tidak membasuh engkau, engkau tidak akan mendapat bagian bersama Aku.” Kata Simon Petrus kepada-Nya, “Tuhan, jangan hanya kakiku saja, tetapi juga tangan dan kepalaku!” Kata Yesus kepadanya, “Barangsiapa sudah mandi, cukuplah ia membasuh kakinya, karena ia sudah bersih seluruhnya. Kamu pun sudah bersih, hanya tidak semua!” Yesus tahu siapa yang akan menyerahkan Dia; karena itu Ia berkata, “Tidak semua kamu bersih.” Sesudah membasuh kaki mereka, Yesus mengenakan pakaian-Nya dan kembali ke tempat-Nya. Lalu Ia berkata kepada mereka, “Mengertikah kamu apa yang telah Kuperbuat kepadamu? Kamu menyebut Aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan. Nah, jikalau Aku, Tuhan dan Gurumu, membasuh kakimu, maka kamu pun wajib saling membasuh kaki. Sebab Aku telah memberikan suatu teladan kepadamu, supaya kamu juga berbuat seperti yang telah Kuperbuat padamu.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.


Renungan


Kita semua pasti tahu hukum utama yang diberikan Yesus. “Kasihilah Tuhan, Allahmu dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu. … Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri” (Mat 22:37.39). Melalui tindakan-Nya membasuh kaki para murid dan pengorbanan diri-Nya bagi kita, Yesus memberi teladan bagaimana melaksanakan hukum kasih itu sepenuh-penuhnya. Kedua tindakan itulah yang kita kenangkan pada Malam Kamis Putih ini.
Malam Kamis Putih, di mana Perjamuan Malam Terakhir kita peringati, kita mengenang 2 (dua) tindakan simbolis Yesus yang mengejawantahkan kasih, yaitu perjamuan makan bersama dan membasuh kaki para murid. Perjamuan Malam Terakhir merupakan pengenangan akan Perjamuan Paskah Yahudi sebagaimana dikisahkan dalam bacaan I. Namun, yang dibuat oleh Yesus tidak sama persis dengan Perjamuan Paskah Yahudi karena bagi Yesus, perjamuan Paskah yang sesungguhnya adalah pengurbanan diri-Nya di salib.
Dalam Perjamuan Paskah Yahudi, biasanya dikurbankan seekor lembu/ domba/ kambing dan darahnya dioleskan pada palang tintu rumah. Para penghuni rumah yang palang pintunya terdapat olesan darah binatang korban itu akan selamat. Dalam Perjamuan Malam Terakhir, yang dikurbankan bukan binatang tetapi diri Yesus sendiri yang menyerahkan tubuh dan darah-Nya dalam rupa roti dan anggur.
Namun, tindakan Yesus ini baru merupakan antisipasi atas pengurbanan diri-Nya di kayu salib esok harinya. Pada malam itu, Yesus menggunakan roti dan anggur sebagai simbol tubuh dan darah-Nya yang dikorbankan. Pengorbanan diri Yesus yang sesungguhnya baru terlaksana di kayu salib di mana darah-Nya yang dioleskan dalam palang salib (bukan pada palang pintu rumah) mendatangkan keselamatan bagi kita.
Pada malam itu, Yesus juga memberikan perintah bahwa perjamuan yang diadakan-Nya itu harus terus-menerus dilakukan untuk mengenangkan Dia” (bdk. 1Kor 11:24.25). Nah, inilah yang kita lakukan setiap kali kita merayakan Ekaristi. Dengan Ekaristi, kira merayakan dan mensyukuri kasih Allah yang tanpa batas, serta menimba daya penyelamatannya yang memperbarui hidup kita.
Untuk mengejawantahkan kasih yang tak berkesudahan, masih ada satu lagi tindakan simbolis Yesus, yaitu membasuh kaki para murid. Dalam tradisi Yahudi ada kebiasaan untuk mencuci kaki sendiri sebelum masuk ruang perjamuan. Hanya tamu yang amat dihormati yang kakinya dibasuhkan. Nah, dalam tindakan pembasuhan kaki para murid tersebut, terjadi sesuatu yang unik. Pembasuhan kaki dilakukan pada saat perjamuan. Yang dibasuh oleh Yesus justu kaki para murid, padahal Yesus adalah Guru dan Tuhan yang sangat dihormati para murid (Yoh 13:13). Hal ini menegaskan bahwa bagi Yesus, para murid sangat-sangat berharga dan terhormat. Oleh karena itu, Yesus mengasihi mereka sepenuh-penuhnya.
Tindakan Yesus ini dilakukan sebelum Ia kembali kepada Allah (Yoh 13:3) supaya para murid mendapat bagian dalam Dia (Yoh 13:8). Bagian yang dimaksud adalah agar para murid juga mendapat bagian untuk kembali kepada Allah dan memperoleh anugerah keselamatan abadi. Oleh karena itu, dengan ikut serta dalam perjamuan Tuhan, yang sekarang ini kita alami dalam perayaan Ekaristi, kita juga dibasuh oleh-Nya sehingga kita mendapat bagian keselamatan abadi dalam Dia.
Di akhir perjamuan, Yesus mengutus para murid untuk mengikuti teladan-Nya dan setiap akhir Ekaristi pun kita diutus untuk makin mengasihi Tuhan dan sesama. Maka, seperti Yesus sangat menghargai para murid, marilah kita juga menganggap sesama sedemikian berharga sehingga harus kita kasihi dan kita layani dengan penuh hormat. Inilah perintah cinta kasih yang kita terima malam ini dan harus kita wujudkan dalam hidup sehari-hari.


Rm. Agus Widodo, Pr.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy