| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Bacaan Harian 23 - 29 April 2012

Bacaan Harian 23 - 29 April 2012

Senin, 23 April: Hari Biasa Pekan III Paskah (P).

Kis 6:8-15; Mzm 119:23-24.26-27.29-30; Yoh 6:22-29.
Man For Others.
Tenggelam dalam kesibukan sehari-hari adalah ciri khas umat Jakarta. Sayangnya, banyak orang yang akhirnya terjebak dalam kesibukannya sendiri dan tidak tahu bagaimana cara memaknainya. Dalam Yoh 6:27 Yesus berkata: “Bekerjalah, bukan untuk makanan yang akan dapat binasa, melainkan untuk makanan yang bertahan sampai kepada hidup yang kekal, yang akan diberikan Anak Manusia kepadamu; sebab Dialah yang disahkan oleh Bapa, Allah, dengan meterai-Nya." Ucapan Yesus ini mengingatkan kita bahwa segala kegiatan yang kita jalani hendaknya dilakukan untuk sesuatu yang lebih bernilai, yaitu untuk memuliakan Tuhan dan untuk sesama, bukan untuk diri sendiri semata. Be Man of God and Man For Others.

Selasa, 24 April: Hari Biasa Pekan III Paskah (P).

Kis 7:51 – 8:1a; Mzm 31:3cd-4.6ab.7b.8a.17.21ab; Yoh 6:30-35.
Keterbukaan Hati.
Pada umumnya, sebagian besar orang tidak suka dikritik. Ketika dikritik biasanya seseorang akan melakukan pembelaan diri, entah dengan marah, adu argumen, mencari dukungan dari pihak lain, kembali mengkritik, atau yang lainnya. Pertanyaannya adalah: mengapa seseorang tidak suka dikritik? Antara lain penyebabnya adalah karena kritik dapat menghancurkan image yang telah susah payah ia bangun dan jaga di dalam masyarakat. Sama seperti jemaat Yahudi dan Libertini yang akhirnya membunuh Stefanus karena dikritik habis-habisan oleh Stefanus. Rasanya seorang Kristiani patut menyikapi kritik dengan hati yang terbuka dan bijaksana. Melihat kritik bukan sebagai serangan tetapi sebagai bantuan untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik lagi. Siapkah Anda membangun diri?

Rabu, 25 April: Pesta St Markus, Penginjil (M).

1Ptr 5:5b-14; Mzm 89:2-3.6-7.16-17; Mrk 16:15-20.
Kesombongan vs Rendah Hati.
Beberapa waktu yang lalu saya pergi memancing di tengah laut lepas. Saat itu saya sungguh takjub melihat betapa luasnya lautan dan sekaligus menyadari betapa kecilnya saya di tengah samudera membentang. Keberadaan saya ibarat setetes air di tengah lautan luas. Maka, sungguh disayangkan apabila ada seseorang yang merasa dirinya paling hebat, paling pandai, paling kaya, atau paling yang lain. Mengapa? Karena begitu seseorang menyombongkan dirinya, saat itulah dia lupa bahwa sebenarnya dirinya hanyalah setetes air di tengah lautan. Dalam I Petrus 5:5 ditegaskan, “... dan kamu semua, rendahkanlah dirimu seorang terhadap yang lain, sebab: Allah menentang orang yang congkak, tetapi mengasihani orang yang rendah hati." Rendah hati merupakan suatu sikap yang patut diutamakan sebagai pengikut Kristus. Be Humble.

Kamis, 26 April: Hari Biasa Pekan III Paskah (P).

Kis 8:26-40; Mzm 66:8-9.16-17.20; Yoh 6:44-51.
All About ME.
Egosentris, menjadikan diri sendiri sebagai titik pusat; segala sesuatunya berpusat pada AKU. Selalu AKU, AKU, dan AKU. Yup, memang begitulah kecenderungan manusia pada umumnya, selalu mengutamakan diri sendiri daripada orang lain. Terkadang bahkan sampai tidak peduli dengan sesama karena mementingkan diri sendiri. Di sini Yesus mengajarkan sebuah nilai yang kontradiktif, yaitu berkorban. Seperti yang tertulis dalam Yoh 6:51, “ ... roti yang Kuberikan itu ialah daging-Ku yang akan Kuberikan untuk hidup dunia.” Yesus rela mengorbankan diri-Nya bukan semata-mata untuk kepentingan diri-Nya sendiri, melainkan untuk kepentingan umat manusia. Mari kita belajar dari Yesus dengan mulai menanamkan kesadaran bahwa bukan AKU yang terpenting, melainkan apa yang bisa AKU perbuat untuk sesamaku.

Jumat, 27 April: Hari Biasa Pekan III Paskah (P).

Kis 9:1-20; Mzm 117:1-2; Yoh 6:52-59.
Mengasah Kepekaan.
Titik pertobatan Saulus dimulai ketika ia mendapatkan suatu pengalaman iman yang luar biasa. Saat itu Saulus sedang melakukan perjalanan ke Damsyik, dan Tuhan menyapanya secara langsung, membuat ia tidak bisa melihat lalu menyembuhkannya kembali. Banyak dari kita juga yang akhirnya mengalami pertobatan ketika mendapatkan suatu peristiwa yang luar biasa mengejutkan, biasanya peristiwa itu menyangkut soal hidup dan mati. Namun sesungguhnya pertobatan tidak harus melalui suatu pengalaman yang spektakuler macam Saulus, tapi bisa melalui pengalaman sehari-hari. Di sinilah kita perlu mengasah kepekaan kita untuk melihat pengalaman-pengalaman tersebut. Mungkin tanpa disadari sebenarnya Tuhan menyapa kita di sana.

Sabtu, 28 April: Hari Biasa Pekan III Paskah (P).

Kis 9:31-42; Mzm 116:12-17; Yoh 6:60-69.
Teguh Beriman.
Mukjizat yang dilakukan Petrus dengan menyembuhkan orang sakit dan membangkitkan orang yang sudah meninggal ternyata memberikan efek yang luar biasa, bukan hanya kepada orang yang disembuhkan tetapi juga kepada orang-orang yang di sekitarnya. Banyak orang yang akhirnya menjadi percaya dan beriman ketika melihat dan mendengar mukjizat tersebut. Namun, bagaimana jika tidak ada mukjizat, apakah kita masih tetap percaya dan beriman kepada Tuhan? Pilihan terletak di tangan kita masing-masing. Bagi saya, Tuhan melakukan segala sesuatu pasti dengan tujuan tertentu. Ada mukjizat ataupun tidak, kita harus tetap teguh beriman karena iman tidak harus tergantung pada mukjizat belaka.

Minggu, 29 April: Hari Minggu Paskah IV (P).

Kis 4:8-12; Mzm 118:1.8-9.21-23.26.28cd.29; 1Yoh 3:1-2; Yoh 10:11-18.
Ada udang di balik bakwan.
Mungkin Anda sering mendengar peribahasa ini. Pada kenyataannya memang terjadi, banyak orang yang melakukan sesuatu dengan suatu motivasi tertentu, yaitu mencari keuntungan untuk dirinya sendiri. Dari luar seolah-olah terkesan baik, padahal maksud yang sebenarnya adalah demi dirinya sendiri. Dalam Yoh 10, perbuatan kasih diumpamakan dalam gambaran seorang gembala yang baik. Kasih yang sejati didasarkan pada ketulusan hati, tanpa mengharapkan suatu imbalan, tapi semata-mata hanya demi kebaikan orang tersebut. Mari kita bersama-sama belajar mengasihi dengan tulus.

YL INDRA KURNIAWAN - WARTA RC EDISI 5/TAHUN VI

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy