| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Santo Bonifasius, Uskup dan Martir


Bonifasius lahir tahun 672 di Kirton, Inggris, dari keluarga bangsawan. Nama kecilnya, Winfred. Setelah dewasa ia menjadi biarawan Benediktin. Ia ditahbiskan menjadi imam pada usia 30 tahun. Atas perintah Paus Gregorius II ia dikirim ke Jerman sebagai misionaris. Tujuannya ialah untuk memperkenalkan agama Kristen kepada masyarakat Jerman yang belum mengenal Yesus.

Tahun 723, saat berkunjung ke Roma, Paus mengangkat Winfred menjadi uskup dan mengubah namanya menjadi Bonifasius. Ia membentuk keuskupan-keuskupan dan membawahi 13 keuskupan. Banyak perubahan yang dilakukannya, terutama bertobatnya orang-orang Jerman dari penyembahan berhala. Diceritakan bahwa pada waktu itu orang-orang Jerman menyembah sebatang pohon Ek raksasa yang dianggap sebagai tempat tinggal "Thor" (dewa guntur dan dewa perang). Bonifasius kemudian menebang pohon besar itu.

Perbuatan ini menimbulkan kemarahan banyak orang. Namun, ketika ia menebang pohon itu, datang angin kencang menerjang pohon itu hingga patah menjadi empat bagian yang sama panjangnya. Ketika orang-orang melihat tumbangnya pohon itu tidak menimbulkan kemarahan para dewa, mereka menjadi percaya akan pengajarannya. Bonifasius dikenal sebagai Rasul Jerman.

Dalam upaya menyebarkan kekristenan, Uskup Bonifasius mendapat banyak tantangan. Namun, ia dilindungi oleh Raja Karel Martel dari suku Franka. Ia mendirikan banyak biara Benediktin sebagai tempat doa. Salah satu biara yang terkenal ada di Fulda, yang hingga kini merupakan salah satu pusat Kristen-Katolik di Jerman Tengah. Ia juga berusaha supaya para rohaniwan kembali taat kepada Paus di Roma.

Tahun 754, ketika sedang menjalankan misinya di Frisia, bersama dengan 52 pengikutnya, ia dibunuh dengan pedang. Tulang-belulangnya dikumpulkan dan disimpan di Utrecht, kemudian dipindahkan ke Mainz, dan akhirnya disimpan di Fulda.

Lambang Santo Bonifasius: seorang Uskup dengan Alkitab yang ditusuk pedang. Peringatannya dirayakan setiap tanggal 5 Juni.

RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy