| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Yohanes Pembaptis, Tokoh Terpuji

Minggu, 24 Juni 2012
Hari Raya Kelahiran Santo Yohanes Pembaptis
Tidak salah bila Yohanes Pembaptis itu disebut sebagai seorang tokoh yang unik dan mengagumkan. Runutan hidup dan keunikannya menunjukkan keistimewaan dirinya. Betapa tidak! Kita runut saja. Ia berasal dari keluarga saleh, orang tuanya imam Zakharia dan Elisabet. Bahkan Alkitab berani menyebut mereka sebagai keluarga yang benar di hadapan Allah dan hidup menurut segala perintah serta ketetapan Tuhan dengan tidak bercacat. Jarang kualitas keluarga sehebat itu. Tetapi justru ujian dan tantangannya tidak ringan.

Pernikahan yang dijalaninya tidak kunjung menghadirkan anak. Keluarga yang demikian merasa menanggung aib. Kenyataan ini tentu menjadi ujian yang berat. Toh mereka mampu menjalani hidup sebagaimana yang harus dijalani. Mereka tidak mengenal putus asa, cerminan nyata dari keluarga beriman. Mampukah keluarga kita seperti itu?

Pada akhirnya datanglah malaikat utusan Tuhan untuk menyampaikan berita bahwa Elisabet akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laiki. Ia akan penuh Roh Kudus mulai dari rahim ibunya. Benar, di usia lanjut Elisabet mengandung. Nubuat Tuhan selalu terpenuhi. Rencana Tuhan selalu indah pada waktunya. Betapa tidak! Elisabet sudah menopause. Artinya sel indung telur sudah tidak dapat dibuahi alias sudah mati. Orang-orang modern sekarang sepakat mengatakan harapan untuk mempunyai anak sudah pupus. Tetapi, apa yang tidak mungkin bagi manusia selalu mungkin bagi Allah. Di tangan Allah segala sesuatu menjadi mungkin; dan benar terjadi demikian!

Dari sini kita mencatat dua hal. Pertama, anak adalah anugerah Allah. Artinya, anak semata-mata pemberian Allah. Hal ini perlu ditegaskan agar orang menyadari suatu kepercayaan ilahi ini terhadapnya. Kepercayaan ini sebagai amanah dari Tuhan. Tentu kepercayaan ini sesuatu yang luhur dari sananya. Oleh karena itu, kita --- Gereja Katolik ---- tidak pernah mengenal anak haram. Kalau pun anak lahir di dalam keluarga yang bermasalah (baca: dosa) secara hukum Gereja, bukan berarti anak ini juga bermasalah. Tidak! Yang berdosa adalah orang tuanya. Anak tetap menjadi anugerah Allah terindah.

Allah mempunyai rencana unik untuk setiap kelahiran anak. Kita perlu yakin sebagai orang tua dengan pemberian anak pada Anda kalian. Tuhan sudah mempunyai rencana pada anak Anda. Sehubungan dengan Yohanes Pembaptis sangat jelas. Malaikat Tuhan telah menyampaikannya, anak ini nanti akan membuat banyak orang Israel berbalik kepada Tuhan Allah mereka dan ia akan berjalan mendahului Tuhan dalam roh dan kuasa Elia untuk membuat hati bapa-bapa berbalik pada anak-anaknya dan hati orang-orang durhaka kepada pikiran orang-orang benar dan dengan demikian menyiapkan Tuhan suatu umat yang layak bagi-Nya.

Kedua, tanggung jawab. Orang tua mempunyai tanggung jawab hakiki terhadap anak. Kita semua tahu setiap anugerah menuntut tanggung jawab dan tugas dari setiap orang yang menerima anugerah Allah. Anugerah Allah tidak pernah boleh diremehkan apalagi disia-siakan. Maka, niscaya tanggung jawab orang tua terhadap anak dimulai sedari kandungan, kelahiran dan seterusnya. Inilah tugas terindah!

Dalam hal ini kita belajar dari tanggung jawab Zakharia dan Elisabet. Berkat keluarga ini dirasakan juga oleh kerabat dan sesamanya. Mereka datang dan ikut hadir dalam persalinannya. Mereka bersukaria dan kagum terhadap anak ini. Menjadi lengkaplah kebahagiaan itu. Anak ini memang penuh keistimewaan. Sebelum, saat dikandung dan sesudah kelahirannya mendatangkan kekaguman bagi banyak orang. Sampai-sampai banyak orang berdecak, “Menjadi apakah anak ini nantinya?” Banyak perkara ajaib yang menyertainya. Zakharia yang tadinya bisu saat menamai anak ini dengan Yohanes terbukalah mulutnya dan terlepaslah lidahnya, lalu ia berkata-kata memuji Allah.

Karya Allah memang patut kita syukuri. Kita puji Allah atas kebaikannya. Jangan sampai ketika kita ada dalam situasi sulit penuh penderitaan, kita memohon berkat Allah dengan halleluya. Tetapi setelah doa dikabulkan, kita menjadi hallelupa. Zakharia dan Elisabet tidak demikian. Kita patut mencontoh mereka. Selain itu, di kesempatan perayaan kelahiran Yohanes Pembaptis ini, kita mantapkan niat, motivasi dan tugas kita sebagai orang tua dalam memelihara, mengembangkan, dan mendidik anak sebagai anugerah Tuhan dengan penuh tanggung jawab.



RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy