Kamis, 06 Februari 2014 Peringatan Wajib St. Paulus Miki, dkk, Martir

Kamis, 06 Februari 2014
Peringatan Wajib St. Paulus Miki, dkk, Martir

“Tidak ada jalan lain untuk mencapai kesempurnaan di luar jalan orang Kristiani” (St. Paulus Miki)

Antifon Pembuka

Para kudus bergembira di surga, sebab mengikuti jejak Kristus. Mereka menumpahkan darahnya demi Dia, sehingga kini bersukaria selamanya.

Doa Pagi

Allah, Bapa yang Maharahim, syukur dan terima kasih atas anugerah orang tua yang telah memberi teladan dan segala bekal hidup setia dan takwa di hadirat-Mu. Bantulah kami dengan rahmat-Mu agar dapat tetap setia memelihara harta warisan rohani tersebut sampai ajal kami tiba. Kuatkanlah pula iman kami bila suatu saat kami menghadapi tantangan untuk bersaksi seperti St. Paulus Miki dan kawan-kawannya. Amin.

Setelah 40 tahun memerintah, Raja Daud mangkat. Sebelum mangkat, dari pergulatan imannya, Daud menasihati Salomo, penggantinya. Karena hanya sabda Allah yang kekal, maka kerajaan juga bisa kekal, jika menjadi lembaga yang menjamin pelaksanaan sabda Allah. Nanti, kita tahu bahwa sabda Allah tersebut menjadi manusia dalam diri Yesus Kristus, keturunan Daud.

Bacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja (2:1-4,10-12)

Saat kematian Daud sudah mendekat. Pada suatu hari ia berpesan kepada Salomo, anaknya, “Aku ini akan mengakhiri perjalananku yang fana. Maka kuatkanlah hatimu dan berlakulah kesatria. Lakukanlah kewajibanmu dengan setia terhadap Tuhan, Allahmu, dengan hidup menurut jalan yang ditunjukkan-Nya, dan dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya, seperti yang tertulis dalam hukum Musa. Semoga dengan demikian engkau beruntung dalam segala yang kaulakukan dan dalam segala yang kautuju, dan semoga Tuhan menepati janji yang diucapkan-Nya tentang aku, yakni: Jika anak-anakmu laki-laki tetap hidup di hadapan-Ku dengan setia, dengan segenap hati dan dengan segenap jiwa, maka keturunanmu takkan terputus dari takhta kerajaan Israel. Kemudian Daud mendapat istirahat bersama-sama nenek moyangnya, dan ia dikuburkan di kota Daud. Jadi Daud memerintah orang Israel selama empat puluh tahun; di Hebron ia memerintah tujuh tahun, dan di Yerusalem tiga puluh tiga tahun. Kemudian Salomo duduk di atas takhta Daud, ayahnya, dan menjadi kokohlah kerajaannya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Ya Tuhan, Engkau menguasai segala-galanya.
Ayat. (1Taw 29:10.11ab.11d-12a.12bcd)
1. Terpujilah Engkau, ya Tuhan, Allahnya bapa kami Israel, dari sediakala sampai selama-lamanya.
2. Ya Tuhan, milik-Mulah kebesaran dan kejayaan, kehormatan, kemasyhuran dan keagungan, ya segala-galanya yang ada di langit dan di bumi!
3. Ya Tuhan, milik-Mulah kerajaan. Engkaulah yang tertinggi melebihi segala-galanya. Sebab kekayaan dan kemuliaan berasal dari pada-Mu.
4. Engkaulah yang berkuasa atas segala-galanya. Dalam tangan-Mulah kekuatan dan kejayaan, dalam tangan-Mulah kuasa untuk memperluas dan memperkokoh kerajaan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Kerajaan Allah sudah dekat. Percayalah kepada Injil.

Dengan aneka persyaratannya, Yesus mengutus para murid pergi berdua-dua. Berita pertobatan, ternyata menjadi efektif jika disertai dengan keteguhan untuk mengusir kejahatan, dan penyembuhan orang sakit. Inilah misi Injili.

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (6:7-13)

Sekali peristiwa, Yesus memanggil kedua belas murid dan mengutus mereka berdua-dua. Ia memberi mereka kuasa atas roh-roh jahat, dan berpesan kepada mereka supaya jangan membawa apa-apa dalam perjalanan, kecuali tongkat; roti pun tidak boleh dibawa, demikian pula bekal dan uang dalam ikat pinggang; mereka boleh memakai alas kaki tetapi tidak boleh memakai dua baju. Kata Yesus selanjutnya kepada murid-murid itu, “Kalau di suatu tempat kamu sudah diterima dalam suatu rumah, tinggallah di situ sampai kamu berangkat dari tempat itu. Kalau ada suatu tempat yang tidak mau menerima kamu, dan kalau mereka tidak mau mendengarkan kamu, keluarlah dari situ dan kebaskanlah debu yang ada di kakimu sebagai peringatan bagi mereka.” Mereka mengusir banyak setan, dan mengoles banyak orang sakit dengan minyak, dan menyembuhkan mereka.
Demikianlah Injil Tuhan.
U. Terpujilah Kristus.

Renungan

Yesus mengutus para murid-Nya untuk pergi berdua-dua. Dua dipertimbangkan lebih baik daripada satu. Karena jika satu jatuh, rekannya akan membantu untuk mengangkatnya. Mereka melakukan banyak mukjizat. Kita pun juga diutus Yesus. Kesuksesan sebuah prutusan pertama-tama adalah percaya akan kuat kuasa Allah sendiri, mengandalkan hanya Allah semata. Selain itu, keberhasilan pewartaan ditunjukkan dengan kerja sama antar sesama rekan pewarta. St. Paulus Miki dan kawan-kawannya telah melakukannya.

Doa Malam

Tuhan Yesus, semoga kami tidak menyia-nyiakan kepercayaan yang telah Kauberikan kepada kami untuk menjadi utusan-Mu di tengah-tengah dunia yang semakin menantang iman Kristiani kami. Hanya Engkaulah yang menjadi bekal dan kekuatan sepanjang hidup kami. Amin. 

RUAH