"Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik ... Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."

Sabtu, 13 September 2014
Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja
 

1Kor. 10:14-22a; Mzm. 116:12-13,17-18; Luk. 6:43-49.
   
"Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik ... Karena yang diucapkan mulutnya, meluap dari hatinya."
  
Hari ini kita memperingati St. Yohanes Krisostomus. Yohanes adalah Uskup Kostatinopel (397-404) yang sangat saleh. Kotbah dan tulisan-tulisannya sangat berbobot sehingga ia dijuluki "Krisostomus" yang artinya "Si Mulut Emas". Tentu, "emas" yang dikeluarkan dalam kata-kata lesannya dan tulisan-tulisannya tersebut berasal dari perbedaraan hatinya yang baik. Dan perbendaharaan hatinya yang baik itu selalu dipupuk melalui relasinya yang mendalam dengan Tuhan. Di zaman sekarang, ketika ada banyak media untuk mengeluarkan perbedaharaan hati kita, tidak hanya secara langsung melalui mulut kita tetapi ada juga melalui tulisan-tulisan kita di FB, twitter, path, dll, semoga kita semakin bijaksana. Kita perbanyak perbedaharaan hati kita dengan hal-hal yang baik, misalnya dengan semakin banyak doa, membaca Kitab Suci dan buku-buku yang bermutu, sehingga yang kita keluarkan pun selalu yang baik. Kita jernihkan pikiran kita supaya menjadi filter yang baik untuk setiap hal yang masuk melalui mata dan telinga kita, juga untuk setiap hal yang kita keluarkan melalui kata-kata, tulisan dan bahasa tubuh kita lainnya.

Doa: Tuhan, bantulah kami untuk memiliki perbendaharaan akan semua hal yang baik dalam hati kami agar apa pun yang keluar melalui kata-kata, tulisan, tindakan dan bahasa tubuh kami selalu baik. Amin. -agawpr-

Sabtu, 13 September 2014 Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja

Sabtu, 13 September 2014
Peringatan Wajib St. Yohanes Krisostomus, Uskup dan Pujangga Gereja
  
“Kristus besertaku, siapa yang akan kutakuti?” (St. Yohanes Krisostomus)
  
Antifon Pembuka (Yeh 34:11.23-24)
  
Aku akan memperhatikan domba-domba-Ku, mengangkat seorang gembala sebagai pemimpin, dan Aku, Tuhan sendiri, menjadi Allah mereka.
 
Tobat 3 (Luk 6:43-49)
   
Tuhan Yesus Kristus, Engkau mengajar kami ketaatan dengan hidup taat kepada Bapa sampai wafat di kayu salib. Tuhan, kasihanilah kami.

Engkau bersabda, "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas wadas." Kristus, kasihanilah kami.

Engkau juga mengingatkan kami bahwa yang mendirikan rumah di atas pasir akan mudah roboh bila ada angin kencang. Tuhan, kasihanilah kami.

Doa Pagi

Ya Allah, dalam diri Yesus Kristus, Putra-Mu, Engkau telah menaruh Sabda cinta kasih-Mu. Kami mohon, buatlah Sabda-Mu itu berkembang subur dalam diri kami agar kami semakin menyerupai Putra-Mu dalam cinta kasih yang tulus kepada sesama kami. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
 
Perjalanan menuju persatuan dengan Allah mengandalkan penolakan terhadap segala bentuk berhala. Persatuan ini akan semakin nyata ketika kita tidak mencemarinya dengan tindakan persekutuan dengan roh-roh jahat atau pun berhala. Kemurnian persekutuan dengan Kristus hendak kita jaga dengan tidak bersekutu dengan roh-roh jahat dan berhala.
 
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Paulus kepada umat di Korintus (1Kor 10:14-22a)
     
"Kita ini sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu."
     
Saudara-saudaraku terkasih, jauhilah penyembahan berhala! Aku berbicara kepada kalian, sebagai orang-orang yang bijaksana. Pertimbangkanlah sendiri apa yang kukatakan. Bukankah piala syukur yang kita syukuri merupakan persekutuan dengan darah Kristus? Bukankah roti yang kita bagi-bagi merupakan persekutuan dengan tubuh Kristus? Karena roti itu hanya satu, maka kita ini sekalipun banyak, merupakan satu tubuh, karena kita semua mendapat bagian dalam roti yang satu itu. Perhatikanlah bangsa Israel yang alami: Bukankah mereka yang makan apa yang dipersembahkan mendapat bagian dalam pelayanan mezbah? Apa yang kumaksudkan? Apakah daging persembahan berhala itu mempunyai arti? Ataukah berhala itu sendiri mempunyai arti? Bukan! Yang kumaksudkan ialah: apa yang mereka persembahkan itu dipersembahkan kepada roh-roh jahat, bukan kepada Allah. Dan aku tidak mau, kalian bersekutu dengan roh-roh jahat. Kalian tidak dapat minum dari piala Tuhan dan sekaligus juga dari piala roh-roh jahat. Kalian tidak dapat mengambil bagian dalam perjamuan Tuhan dan sekaligus juga dalam perjamuan roh-roh jahat. Atau maukah kita membangkitkan cemburu Tuhan?
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
    
Mazmur Tanggapan, do = g, 2/4, 3/4, PS 856
Ref. Inilah Tubuh-Ku yang diserahkan bagimu, Inilah Darah-Ku yang ditumpahkan bagimu. Lakukanlah ini akan peringatan kepada-Ku.
atau Aku mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu, ya Tuhan.
Ayat. (Mzm 116:12-13.17-18)
1. Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebajikan-Nya kepadaku? Aku akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan,
2. Aku akan mempersembahkan korban syukur kepada-Mu, dan akan menyerukan nama Tuhan, akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya,

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. Orang yang mengasihi Aku akan menaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.
  
Buah-buah baik yang terungkap dalam tindakan sehari-hari tentu berasal dari hati yang baik. Kebaikan itu diperoleh dari sang sumber kebaikan yaitu Allah sendiri. Oleh karena itu, sangatlah perlu untuk selalu menjalin persekutuan dengan sumber kebaikan. Ini semua bisa dikerjakan dengan mengisi hati kita dengan firman Tuhan.
   
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (6:43-49)
   
"Mengapa kalian berseru kepada-Ku, 'Tuhan, Tuhan!' padahal kalian tidak melakukan apa yang Kukatakan?"
  
Yesus menyampaikan wejangan ini kepada murid-murid-Nya, “Tidak ada pohon baik yang menghasilkan buah yang tidak baik. Dan tidak ada pula pohon tidak baik yang menghasilkan buah baik. Sebab setiap pohon dikenal dari buahnya. Karena dari semak duri orang tidak memetik buah ara dan dari duri-duri orang tidak memetik buah anggur. Orang yang baik mengeluarkan barang yang baik dari perbendaharaan hatinya yang baik. Tetapi orang jahat mengeluarkan barang yang jahat dari perbendaharaan hatinya yang jahat. Sebab yang diucapkan mulut meluap dari hati. Mengapa kalian berseru kepada-Ku, ‘Tuhan, Tuhan!’ padahal kalian tidak melakukan apa yang Kukatakan? Setiap orang yang datang kepada-Ku dan mendengarkan sabda-Ku serta melakukannya, - Aku menyatakan dengan siapa ia dapat disamakan: - Dia itu sama dengan orang yang mendirikan rumah. Ia menggali dalam-dalam dan meletakkan dasarnya di atas batu. Ketika datang air bah dan banjir melanda rumah itu, rumah itu tidak dapat digoyahkan, karena dibangun dengan kokoh. Sebaliknya barangsiapa mendengar sabda-Ku dan tidak melakukannya, ia sama dengan orang yang mendirikan rumah di atas tanah tanpa dasar. Ketika dilanda banjir, rumah itu segera roboh, dan hebatlah kerusakannya.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
 
Renungan
 
Kualitas buah pertama-tama bergantung pada bibitnya. Jika berasal dari bibit unggul, tentu buah itu berkualitas unggul. Yohanes Krisostomus, sang mulut emas, adalah salah satu contoh bibit unggul dalam Gereja. Kotbah-kotbahnya yang menyentuh dan menggerakkan itu adalah bukti bahwa perbendaharaan hatinya sangat baik. Oleh kotbah-kotbah dan ajarannya banyak orang bertobat dan kembali kepada Tuhan. Apakah hidupku sudah membuahkan hasil yang baik? Ataukah aku masih memerlukan pupuk rohani?
   
Doa Malam
  
Ya Yesus, sesungguhnya Engkau selalu menumbuhkembangkan iman, harapan dan cinta yang ada padaku dalam hidup sehari-hari. Bantulah aku untuk mengupayakan hal-hal yang baik, sehingga banyak orang merasakan buah-buah yang manis. Dengan demikian nama-Mu semakin dimuliakan. Amin.

RUAH