| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Apa peran Maria di antara para rasul?


ditulis oleh Philip Kosloski/aleteia.org

Perawan Maria yang Terberkati, yang menjadi ibu dari Mesias, Yesus Kristus, memainkan peran penting dalam peristiwa yang akan mengubah dunia. Dia melahirkan-Nya, membesarkan-Nya, dan ada di sana untuk-Nya di kaki salib.

Setelah kematian dan kebangkitan Yesus, hanya sedikit yang dicatat dalam Perjanjian Baru tentang kegiatan Maria. Sementara Yesus mempercayakan kepada para rasul tugas untuk menginjili dunia, apa yang Maria lakukan? Apakah dia terlibat pada masa-masa awal Gereja?

Perjanjian Baru memberi kita beberapa petunjuk tentang peran Maria di antara para rasul.

Pertama-tama, Yesus mempercayakan ibu-Nya kepada rasul St. Yohanes, murid yang “dicintai”. Secara umum diterima bahwa pada saat kematian Yesus, ayah angkatnya Yusuf telah meninggal, meninggalkan Yesus sebagai anggota keluarga yang terutama bertanggung jawab atas ibu-Nya yang sudah lanjut usia.

Ketika dia akan mati di kayu salib, Yesus menunjuk Yohanes untuk merawatnya.

Ketika Yesus melihat ibu-Nya, dan seorang murid yang Dia kasihi berdiri di dekat-Nya, Dia berkata kepada ibunya, "Perempuan, lihatlah, Putramu!" Kemudian Dia berkata kepada murid itu, "Lihatlah, ibumu!" Dan sejak saat itu murid itu membawanya ke rumahnya sendiri." (Yohanes 19: 26-27)

Awalnya nampak bahwa Yohanes merawatnya di Yerusalem, seperti yang disebutkan dalam kitab Kisah Para Rasul.

Kemudian mereka kembali ke Yerusalem dari gunung yang disebut Olivet, yang berada di dekat Yerusalem, perjalanan satu hari Sabat jauhnya; Ketika mereka sudah masuk, mereka naik ke kamar atas, di mana mereka tinggal. Mereka adalah Petrus, Yohanes, Yakobus, dan Andreas, Filipus dan Tomas. . Semua ini dengan satu tekad mengabdikan diri mereka untuk berdoa, bersama dengan para wanita dan Maria, ibu Yesus, dan dengan saudara-saudaranya. (Kis 1: 12-14)

Akibatnya, Maria jelas hadir di antara para rasul pada masa-masa awal Gereja dan bergabung dengan mereka dalam doa. Kehadirannya tampaknya sangat damai dan membantu mendorong para rasul dalam misi mereka.

Tak lama setelah kepergiannya, St Lukas menceritakan bahwa, "Ketika tiba hari Pentakosta, semua orang percaya berkumpul di satu tempat. Tiba-tiba turunlah dari langit suatu bunyi seperti tiupan angin keras yang memenuhi seluruh rumah, di mana mereka duduk; dan tampaklah kepada mereka lidah-lidah seperti nyala api yang bertebaran dan hinggap pada mereka masing-masing.” (Kisah Para Rasul 2: 1-3).

Meskipun tidak disebutkan secara eksplisit, diyakini bahwa Maria ada di sana pada hari Pentakosta di antara para rasul, menyaksikan turunnya Roh Kudus ke atas semua yang hadir.

Setelah itu, kegiatan Maria tidak disebutkan dalam Perjanjian Baru dan apa yang terjadi selanjutnya tidak diketahui secara pasti.

Satu tradisi menempatkan St. Yohanes Penginjil di kota Efesus. Banyak yang percaya bahwa sejak John tinggal di kota ini maka Perawan Maria tinggal bersamanya dan asumsinya juga terjadi di sana. Maka, adalah mungkin bahwa Maria menghabiskan sisa hidupnya dengan doa yang tenang dan kontemplatif.

Tradisi lain mengklaim bahwa St Lukas mewawancarai Maria untuk Injilnya. Dia memang menegaskan bahwa dia mewawancarai orang-orang untuk kisahnya, tetapi tidak menyebut nama Maria (lih. Luk 1: 1-3). Salah satu bukti bahwa ini mungkin benar adalah bahwa Injil Lukas memiliki banyak referensi kepada Maria, termasuk kisah-kisah yang hanya akan diketahui olehnya.

Pada akhirnya, kita tahu sedikit tentang peran Maria di antara para rasul, tetapi kita tahu bahwa dia ada di sana dan menjadi ibu dari Mesias, kemungkinan memiliki tempat yang istimewa. Pantaslah bahwa Gereja sekarang memanggil Maria sebagai "Ratu Para Rasul."

Sumber:
https://aleteia.org/2020/05/11/what-was-marys-role-among-the-apostles/


terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy