| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Kamis, 19 Februari 2009

Kamis, 19 Februari 2009
Hari Biasa Pekan VI

Tuhan Yesus, kasihani aku, orang hina dan berdosa ini,
'Ku percaya, tolonglah diriku yang bebal dan tak percaya ini.

Aku buta, tak melihat Dikau, Anak Daud, kasihani aku,
Syukur Tuhan, Kau pernah berkata" Imanmu telah menyelamatkan dikau" (PS 562)

Doa Renungan
Allah Bapa yang mahabaik, kami bersyukur atas karunia hidup ini. Bersama pagi-Mu sadarkanlah kami akan indahnya kemudaan kami ini. Engkau memberikan karunia tubuh dan pikiran yang segar, harapan yang hidup. Dampingilah kami sehari ini nanti. Kobarkanlah semangat dalam niat kami, tuntunlah ketika kami lemah, arahkan ketika jalan kami salah, dan teguhkan kehendak untuk berbuat kasih kepada sesama, keluarga, dan teman. Kami mohon semua ini dengan pengantaraan Yesus Kristus, Tuhan kami. Amin.


Bacaan Pertama
Pembacaan dari Kitab Kejadian (9:1-13)


"Pelangi-Ku akan Kutempatkan di awan sebagai tanda perjanjian antara Aku dan bumi."

1 Sesudah air bah, Allah memberkati Nuh dan anak-anaknya serta berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi.2 Akan takut dan akan gentar kepadamu segala binatang di bumi dan segala burung di udara, segala yang bergerak di muka bumi dan segala ikan di laut; ke dalam tanganmulah semuanya itu diserahkan.3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. 4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. 5 Tetapi mengenai darah kamu, yakni nyawa kamu, Aku akan menuntut balasnya; dari segala binatang Aku akan menuntutnya, dan dari setiap manusia Aku akan menuntut nyawa sesama manusia.6 Siapa yang menumpahkan darah manusia, darahnya akan tertumpah oleh manusia, sebab Allah membuat manusia itu menurut gambar-Nya sendiri.7 Dan kamu, beranakcuculah dan bertambah banyak, sehingga tak terbilang jumlahmu di atas bumi, ya, bertambah banyaklah di atasnya." 8 Berfirmanlah Allah kepada Nuh dan kepada anak-anaknya yang bersama-sama dengan dia: 9 "Sesungguhnya Aku mengadakan perjanjian-Ku dengan kamu dan dengan keturunanmu, 10 dan dengan segala makhluk hidup yang bersama-sama dengan kamu: burung-burung, ternak dan binatang-binatang liar di bumi yang bersama-sama dengan kamu, segala yang keluar dari bahtera itu, segala binatang di bumi. 11 Maka Kuadakan perjanjian-Ku dengan kamu, bahwa sejak ini tidak ada yang hidup yang akan dilenyapkan oleh air bah lagi, dan tidak akan ada lagi air bah untuk memusnahkan bumi." 12 Dan Allah berfirman: "Inilah tanda perjanjian yang Kuadakan antara Aku dan kamu serta segala makhluk yang hidup, yang bersama-sama dengan kamu, turun-temurun, untuk selama-lamanya: 13 Busur-Ku Kutaruh di awan, supaya itu menjadi tanda perjanjian antara Aku dan bumi.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan memandang dari surga ke bumi
Ayat.
(Mzm 102:16-18.19-21.29)
1. Bangsa-bangsa menjadi takut akan nama Tuhan, dan semua raja bumi menyegani kemuliaan-Mu, bila Engkau sudah membangun Sion, dan menampakkan diri dalam kemuliaan-Mu; bila Engkau mendengarkan doa orang-orang papa, dan tidak memandang hina doa mereka.
2. Biarlah hal ini dituliskan bagi angkatan yang kemudian, dan bangsa yang diciptakan nanti akan memuji-muji Tuhan, sebab Ia telah memandang dari tempat-Nya yang kudus, Tuhan memandang dari surga ke bumi, untuk mendengarkan keluhan orang tahanan, dan membebaskan orang-orang yang ditentukan harus mati.
3. Anak hamba-hamba-Mu akan diam dengan tenteram dan anak cucu mereka akan tetap ada di hadapan-Mu, supaya nama Tuhan diceritakan di Sion, dan Dia dipuji-puji di Yerusalem, apabila para bangsa berkumpul bersama-sama dan kerajaan-kerajaan berhimpun untuk beribadah kepada Tuhan.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah roh dan kehidupan. Pada-Mulah sabda kehidupan kekal.

Bacaan Injil
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Markus (8:27-33)


"Engkaulah Kristus.... Anak Manusia harus menderita banyak."

27 Pada suatu hari Yesus bersama murid-murid-Nya berangkat ke kampung-kampung di sekitar Kaisarea Filipi. Di tengah jalan Ia bertanya kepada murid-murid-Nya, kata-Nya: "Kata orang, siapakah Aku ini?" 28 Jawab mereka: "Ada yang mengatakan: Yohanes Pembaptis, ada juga yang mengatakan: Elia, ada pula yang mengatakan: seorang dari para nabi." 29 Ia bertanya kepada mereka: "Tetapi apa katamu, siapakah Aku ini?" Maka jawab Petrus: "Engkau adalah Mesias!" 30 Lalu Yesus melarang mereka dengan keras supaya jangan memberitahukan kepada siapapun tentang Dia. 31 Kemudian mulailah Yesus mengajarkan kepada mereka, bahwa Anak Manusia harus menanggung banyak penderitaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari. 32 Hal ini dikatakan-Nya dengan terus terang. Tetapi Petrus menarik Yesus ke samping dan menegor Dia. 33 Maka berpalinglah Yesus dan sambil memandang murid-murid-Nya Ia memarahi Petrus, kata-Nya: "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia."
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.

Renungan

Berrefleksi atas bacaan-bacaan hari ini saya sampaikan catatan-catatan sederhana sebagai berikut:

- "Jer basuki mowo beyo" = Untuk hidup mulia dan bahagia orang harus berjuang dan berkorban, demikian bunyi sebuah pepatah Jawa. Dalam kebiasaan hidup yang dijiwai oleh budaya instant masa kini kiranya banyak orang ingin hidup enak dan bahagia melalui atau dengan jalan pintas, entah dengan korupsi, judi atau cara-cara lain yang tidak halal. Orang hanya memilikirkan kepentingan diri sendiri atau kelompoknya, cari enaknya dan tidak mau berjuang dan berkorban bagi sesamanya. Begitulah kiranya yang terjadi ketika Petrus mengakui Yesus sebagai Mesias dan kemudian Yesus menjelaskan bahwa Diri-Nya haru 'menanggung banyak pendertiaan dan ditolak oleh tua-tua, imam-imam kepala dan ahli-ahli Taurat, lalu dibunuh dan bangkit sesudah tiga hari', Petrus menegor dan mengingatkanNya untuk tidak menjalani hal itu. Menanggapi tegoran Petrus Yesus bersabda "Enyahlah Iblis, sebab engkau bukan memikirkan apa yang dipikirkan Allah, melainkan apa yang dipikirkan manusia!". Sebagai orang beriman kita dipanggil untuk memikirkan apa yang dipikirkan Allah, dan kiranya hal itu dapat kita usahakan dan laksanakan dengan mentaati ajaran agama sebagaimana tertulis di dalam Kitab Suci atau aneka aturan dan tatanan yang terkait dengan hidup, panggilan dan tugas pengutusan kita masing-masing. Cara hidup dan cara bertindak kita dipengaruhi oleh apa yang kita pikirkan, maka sebagai orang beriman selayaknya kita senantiasa memikirkan apa yang dipikirkan Allah. Secara umum apa yang dipikirkan Allah kiranya adalah keselamatan jiwa semua orang maupun dunia seisinya. Berpartisipasi dalam karya penyelamatan jiwa pada masa kini rasanya tak terlepas dari aneka macam bentuk pengorbanan dan perjuangan mengingat dan memperhatikan sikap mental materialistis dan egois begitu menjiwai cara hidup dan cara bertindak banyak orang.

- "Beranakcuculah dan bertambah banyaklah serta penuhilah bumi." (Kej 9:1), demikian perintah Allah kepada Nuh dan anak-anaknya setelah mereka menerima berkat dari Allah. Perintah ini secara umum kiranya dapat diartikan sebagai perintah untuk senantiasa berbudaya kehidupan. Berbudaya kehidupan berarti cara hidup dan cara bertindak kita dimanapun dan kapanpun menggairahkan, memberdayakan dan menyelamatkan diri kita sendiri serta orang lain atau siapapun yang kena dampak cara hidup dan cara bertindak kita, dengan kata lain orang senantiasa hidup gembira dan bergairah serta dinamis. Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak gembira dan bergairah karena kita telah diselamatkan dan menerima anugerah dan berkat Allah secara melimpah ruah melalui sesama dan saudara-saudari kita yang baik hati. Berbudaya kehidupan berarti juga hidup dan bertindak dijiwai oleh Roh, sehingga menghasilkan buah-buah Roh, yaitu: " kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri" (Gal 5:22-23) . Kebalikan dari budaya kehidupan adalah budaya kematian yaitu "percabulan, kecemaran, hawa nafsu, penyembahan berhala, sihir, perseteruan, perselisihan, iri hati, amarah, kepentingan diri sendiri, percideraan, roh pemecah, kedengkian, kemabukan, pesta pora dan sebagainya" (Gal 5:19-21) .Marilah kita berantas dan tumpas sampai habis, akar-akarnya budaya kematian yang masih marak dalam kehidupan bersama pada saat ini, sebagai perwujudan bahwa kita sungguh memikirkan apa yang dipikirkan oleh Allah. Kami berharap sedini mungkin anak-anak di dalam keluarga dibiasakan dan dididik untuk berbudaya kehidupan.




[Ignatius Sumarya, SJ]

Tuhan Yesus Kristus, penuhilah aku dengan kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan dan penguasaan diri. Amin.


Photobucket

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy