Selasa, 20 Oktober 2009 :: Hari Biasa Pekan XXIX

Selasa, 20 Oktober 2009
Hari Biasa Pekan XXIX

"Jika karena dosa satu orang maut telah berkuasa, betapa hebatnya mereka akan berkuasa dalam kehidupan."

Doa Renungan

Tuhan Yesus Kristus, Engkau memuji bahagia hamba yang didapati tuannya sedang berjaga. Semoga kami yang hendak memulai pekerjaan kami hari ini menghayati sabda-Mu itu, dan kami merasakan kebahagiaan yang sejati sebab apa yang kami kerjakan pertama-tama hanya demi kemuliaan-Mu. Sudilah meneguhkan langkah-langkah kami hari ini. Sebab Engkaulah Tuhan dan pengantara kami. Amin.

Pembacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Umat di Roma (5:12,15b,17-19,20b-21)

"Jika karena dosa satu orang maut telah berkuasa, betapa hebatnya mereka akan berkuasa dalam kehidupan."

Saudara-saudara, dosa telah masuk ke dalam dunia lantaran satu orang, dan karena dosa itu juga maut. Demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. Jika karena pelanggaran satu orang semua orang jatuh di dalam kuasa maut, jauh lebih besar lagi kasih karunia dan anugerah Allah, yang dilimpahkan-Nya atas semua orang lantaran satu orang, yaitu Yesus Kristus. Sebab jika oleh dosa satu orang, maut telah berkuasa maka lebih benar lagi mereka yang telah menerima kelimpahan kasih karunia dan anugerah kebenaran: mereka akan hidup dan berkuasa oleh karena satu orang itu, yaitu Yesus Kristus. Sebab itu, sebagaimana oleh satu pelanggaran semua orang mendapat penghukuman, demikian pula oleh satu perbuatan kebenaran semua orang beroleh pembenaran untuk hidup. Jadi sebagaimana oleh ketidaktaatan satu orang semua orang telah menjadi orang berdosa, demikian pula oleh ketaatan satu orang semua orang menjadi orang benar di mana dosa bertambah banyak, di sana kasih karunia menjadi berlimpah-limpah, jadi sebagaimana dosa berkuasa dalam alam maut, demikianlah pula kasih karunia akan berkuasa karena Tuhan kita Yesus Kristus membenarkan kita untuk hidup kekal.
Demikianlah sabda Tuhan
Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan PS 850
Ref. Ya Tuhan, aku datang untuk melakukan kehendak-Mu.
Ayat.
(
Mzm 40:7-8a.8b-9.10.17)
1. Kurban dan persembahan tidak Kauinginkan, tetapi Engkau telah membuka telingaku; kurban bakar dan kurban silih tidak Engkau tuntut. Lalu aku berkata, "Lihatlah Tuhan, aku datang!"
2. Dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku; Aku senang melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada dalam dadaku."
3. Aku mengabarkan keadilan di tengah jemaat yang besar; bibirku tidak kutahan terkatup; Engkau tahu itu, ya Tuhan.
4. Biarlah bergembira dan bersukacita semua orang yang mencari Engkau; biarlah mereka yang mencintai keselamatan dari pada-Mu tetap berkata, "Tuhan itu benar!"

Bait Pengantar Injil PS 955
Ref. Alleluya, Alleluya, Alleluya
Ayat. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, agar kalian tahan berdiri di hadapan Anak Manusia.


Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (12:35-38)

"Berbahagialah hamba yang didapati tuannya sedang berjaga."

Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Hendaklah pinggangmu tetap berikat dan pelitamu tetap menyala. Hendaklah kalian seperti orang yang menanti-nantikan tuannya pulang dari pesta nikah, supaya jika tuannya datang dan mengetok pintu, segera dibukakan pintu. Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya sedang berjaga ketika ia datang. Aku berkata kepadamu, Sesunguhnya ia akan mengikat pinggangnya dan mempersilakan mereka duduk makan, dan ia akan datang melayani mereka. Dan apabila ia datang pada tengah malam atau pada dini hari dan mendapati mereka berlaku demikian, maka berbahagialah para hamba itu."
Demikianlah Injil Tuhan
Terpujilah Kristus.


Renungan

Banyak hal menular. Bila orang ngantuk, tahu-tahu kita yang tadinya segar ikut-ikutan menguap. Lalu tanpa sadar kita pun ikut ngantuk. Ketika ada bunyi keroncongan di perut teman kita, eh kok perut kita ikut tersetrum, yaitu ikut ambil suara keroncongan pula. Ada satu teman yang sakit flu, maka komunitas keluarganya dengan cepat tertular pula. Penularan memang sangat mudah terjadi dan sangat mudah berlangsung.

Santo Paulus, dalam bacaan pertama hari ini juga mengingatkan kita betapa karena satu orang, yakni Adam, yang berdosa, seluruh umat manusia tertular, yaitu kena dosa Adam. Karena pelanggaran satu orang, semua orang jatuh ke dalam kuasa maut. Namun Paulus juga mengingatkan dan menghibur kita, bahwa juga karena satu orang, yaitu Tuhan Yesus Kristus, kasih karunia Allah dilimpahkan kepada semua orang. Berkat satu orang yaitu Kristus, seluruh umat manusia diselamatkan. Bahkan kita memperoleh kasih karunia yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Dengan demikian, penularan bukan hanya bisa terjadi dalam hal yang negatif seperti dosa dan penyakit, tetapi juga dalam hal keselamatan dan kebaikan seperti pada Kristus, Tuhan kita.

Marilah kita menyadari bahwa tular-menular itu masih dapat selalu terjadi di antara kita. Mungkinkah kita semakin banyak menulari semakin banyak sesama kita dalam hal kebaikan, kasih, hidup tulus, murah hati, dsb? Kita mesti yakin, bila kita tekun berdoa dan banyak berbuat kasih kebaikan, yakinlah bahwa orang lain akan tertular. Dan lihatlah tiba-tiba semakin banyak orang baik di sekitar kita. Mengapa? Ya karena mereka ikut tertulari kebaikan kita! Bagus bukan? -- E. Martasudjita, Pr -- Inspirasi Batin 2009

Tuhan Yesus Kristus, aku datang untuk melakukan kehandak-Mu. Aku percaya, justru di dalam kelemahanku kasih karunia-Mu berlimpah. Bantulah aku untuk setia. Amin.