| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Duduk di sisi kanan Bapa

Oleh Benny Phang, O.Carm (Cafe Rohani)

Kita tentu pernah memasuki suatu kantor dan dicegah oleh satpam yang menjaga di depan pintu gerbang. Alasannya, karena kita adalah orang asing yang tidak mengenal siapa pun yang bekerja di kantor itu, dan orang-orang kantor itu tak satu pun mengenal kita. Akibatnya, di depan pintu gerbang kita ditolak untuk masuk.

Halnya akan berbeda jika kita mengenal orang-orang yang bekerja dalam kantor itu. Pak satpam akan mempersilakan kita masuk dan mengurus urusan kita. Apalagi kalau yang kita kenal itu adalah direktur utama di kantor itu. Dengan penuh hormat pak satpam akan mempersilakan kita masuk ke dalam. Bahkan di dalam kantor kita akan disambut oleh sekretaris pribadinya untuk dipersilakan masuk ke ruang yang paling utama untuk bertemu dengan sang direktur.

Dalam Syahadat kita mengucapkan bahwa aku percaya akan Yesus "yang naik ke surga, duduk di sisi kanan Allah Bapa yang Mahakuasa". Apa artinya ini? Apakah secara harafiah Yesus duduk di sisi kanan takhta Allah? Bagaimana kita dapat mengetahuinya? Syahadat ini mau mengajarkan beberapa hal penting bagi iman kita.

Setelah kebangkitan, tubuh Yesus memang sudah dimuliakan. Hal ini tampak dari kemampuan-Nya untuk muncul dan menghilang begitu saja, juga ketika Ia tidak menyatakan siapa diri-Nya, tak seorang pun akan mengenali-Nya. Namun, tubuh mulia kebangkitan ini masih diselubungi oleh sifat manusiawi (KGK, 659). Pada waktu kenaikan ke surga, Yesus kembali kepada kemuliaan-Nya sebagai Anak Allah. Hal ini dilambangkan dalam teks Kitab Suci dengan kata langit dan awan (lih. Kis 1:9, Luk 24:51). Ia yang berasal dari surga dan telah turun ke dunia sebagai Manusia, kini telah kembali ke kemuliaan-Nya. "Tidak ada seorang pun yang telah naik ke surga, selain dari pada Dia yang telah turun dari surga, yaitu Anak Manusia" (Yoh 3:13).

Dengan naik-Nya ke surga, Yesus bukan lagi manusia Yahudi biasa, anak tukang kayu. Ia sekarang telah menjadi TUHAN. Hal ini ditunjukkan dari sikap para murid yang sebelumnya berbicara biasa seperti kepada guru manusiawi, sekarang mereka semua sujud menyembah-Nya (Luk 24:52).

Sebagai orang Kristiani kita patut berbangga bahwa Yesus Kristus telah merampungkan tugas perutusan-Nya dengan baik di dunia ini. Ia telah rela meninggalkan kemuliaan surgawi untuk hidup sebagai manusia biasa, yang bahkan amat sederhana. Ia rela masuk dengan budaya manusia dan menjadi orang Yahudi. Ia rela bersusah payah mengajar dan meyakinkan banyak orang akan ajaran kasih-Nya. Ia telah bersusah payah menyembuhkan banyak orang dan mengusir kuasa kegelapan. Bahkan, pada puncak-Nya Ia rela menderita dan wafat di salib. Ia rela disejajarkan dengan para penjahat kelas berat, walaupun tidak bersalah. Yesus telah sukses melakukan kehendak Bapa-Nya di dunia ini!

"Duduk di sisi kanan Bapa"
bukan dalam arti harafiah, namun berarti bahwa Ia kembali ke kemuliaan-Nya yang semula di dalam Bapa. Kedekatan-Nya yang sedemikian rupa itu menyebabkan Dia juga disebut sebagai Imam Agung yang menjadi Pengantara rahmat Allah pada kita dan menghubungkan kita pada Allah. Namun, Ia kembali ke surga dengan lebih mengenali segala kelemahan dan pergulatan hidup kita manusia jika kita dicobai. "Sebab itu marilah kita dengan penuh keberanian menghampiri takhta kasih karunia, supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan kita pada waktunya" (Ibr 4:16).

Selain memahami keadaan kita dan menjadi Pengantar bagi kita, Yesus juga membuka kembali pintu surga yang tertutup oleh dosa manusia dan bukan hanya dibuka, Ia juga mempersiapkan tempat bagi kita di dalam kerajaan-Nya (Yoh 14:2). Yang kita kenal bukanlah pribadi sembarangan, tapi Sang Putra Allah. Karena Ia juga mengenal kita, maka lebih mudahlah bagi kita untuk masuk ke dalam kerajaan-Nya, tanpa harus kesulitan di depan pintu gerbang. Bukankah ini suatu pengharapan yang besar? Ada seorang pribadi agung yang menanti kita, Dialah Putra Allah sendiri. Ia menanti kita untuk memasuki kerajaan-Nya dan bersatu dengan-Nya untuk selama-lamanya.

Mari kita sambut penantian ini dengan berbuat yang baik dan pantas sebagai orang Kristiani.

Sumber Katekismus Gereja Katolik, 659-661

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy