Apakah Misa Malam Natal 2017 terhitung untuk hari Minggu dan hari Natal ?


4 Desember , 2017

Ketika malam Natal ada di hari Minggu, akankah Misa terhitung untuk keduanya, hari Minggu dan hari Natal ?

Pertanyaan penting ini memiliki jawaban yang jelas dan langsung, bahwa Minggu Advent ke-4 dan hari Natal adalah dua hari yang terpisah dan oleh karena itu, kita harus berpartisipasi dalam dua Misa terpisah. Tidak ada "dua untuk satu penghargaan" ketika datang ke Misa.

Dari segi, "Berapa kali seseorang dapat menerima komuni ?" Jawabannya dua kali setiap hari. Jadi, jika anda memilih Misa pagi untuk Minggu Advent Ke-4 dan salah satu Misa malam untuk perayaan Natal, tidak ada masalah dalam menerima komuni pada keduanya.

Adapun beberapa formasi spiritual dalam masalah ini, bagi mereka yang mungkin berpikir bahwa satu Misa sudah cukup bagus, sederhananya saya hanya mengundang anda untuk merenungkan kenyataan Ekaristi sebagai "hadiah" dan bukan sekedar "persyaratan." Alasan Misa dikatakan bahwa dibutuhkan, tidak karena kita perlu membuktikan diri kita kepada Tuhan melalui "pergi ke Gereja," tetapi karena Ekaristi Kudus adalah karunia hidup kekal dari Allah; yang dengan sendirinya dapat memberikan karunia ini.

Demikian juga, partisipasi kita dalam kehidupan kekal bergantung pada keimanan kita kepada Tuhan dalam hidup ini sampai akhir, sama seperti kehidupan duniawi kita bergantung pada pernapasan kita yang terus-menerus. Tidak ada karunia lain dari Tuhan yang memberi kita apa yang diberikan dalam Ekaristi.

Karenanya, kita diminta untuk pergi ke Misa karena itulah apa yang memberikan kita kehidupan dan yang terbaik bagi kita dan untuk tidak melakukannya maka adalah menyangkal diri kita akan karunia hidup kekal yang hanya bisa diberikan oleh Tuhan kepada kita.

Sehingga, pertanyaan saya untuk setiap orang tentang hal ini; Ketika Ekaristi ini menjadi karunia terbesar dan merupakan keperluan untuk kehidupan kekal, mengapa kita ingin menerima Ekaristi paling sedikit, mungkin, hanya berapa kali ?

Menolak karunia ini seperti halnya menyangkal udara yang kita butuhkan untuk bernafas. Harapan dan doa saya adalah bahwa semua akan sangat menginginkan karunia ini sesering mungkin; setiap hari Minggu, setiap hari kudus ... di setiap kesempatan, sebagaimana Ekaristi berisi keselamatan kita.

Link : http://www.stbensduluth.org/blog/fr-joel-hastings/does-one-mass-on-christmas-eve-count-for-sunday-and-christmas