Paus Fransiskus menandatangani ensiklik baru 'Fratelli tutti' di Assisi


 


Paus Fransiskus menandatangani ensiklik barunya, Fratelli tutti, di altar di depan makam Santo Fransiskus dari Assisi pada 3 Oktober 2020.  Foto oleh: Vatican Media.

Staf CNA, 3 Okt 2020 / 08:45 MT (CNA) .- Paus Fransiskus menandatangani ensiklik barunya, Fratelli tutti, Sabtu saat berkunjung ke Assisi.

Dalam perjalanan resmi pertamanya ke luar Roma sejak pandemi melanda Italia, paus merayakan Misa di makam yang sama dengan namanya, Santo Fransiskus dari Assisi.

“Fratelli tutti,” kata pembukaan ensiklik, berarti “Semua saudara” dalam bahasa Italia. Ungkapan itu diambil dari tulisan Santo Fransiskus, salah satu inspirasi utama ensiklik ketiga Paus Fransiskus, tentang persaudaraan dan persahabatan sosial. Teks itu akan dirilis pada 4 Oktober, pada hari raya St. Fransiskus

Paus singgah dalam perjalanan ke Assisi untuk mengunjungi komunitas Klara yang malang di kota Spello, Umbria. Itu adalah kunjungan pribadi keduanya ke komunitas, setelah perjalanan kejutan pada Januari 2019.   




Anggota Klaris Miskin dari Santa Maria di Vallegloria mengunjungi Fransiskus di Vatikan pada Agustus 2016, ketika dia memberikan konstitusi apostolik Vultum Dei quaerere kepada mereka, yang menguraikan norma-norma baru untuk komunitas biara perempuan.

Paus tiba dalam hujan deras di Assisi pada Sabtu sore, singgah sebentar untuk menyapa komunitas Klara Miskin lainnya di kota itu, menurut ACI Stampa, mitra berita CNA berbahasa Italia.

Dia kemudian merayakan Misa di makam Santo Fransiskus di Assisi di Basilika Santo Fransiskus. ACI Stampa melaporkan bahwa mereka yang hadir termasuk para religius yang mewakili berbagai cabang Fransiskan, Kardinal Agostino Vallini, wakil kepausan untuk Basilika Santo Fransiskus dan St. Mary of the Angels di Assisi, Uskup Domenico Sorrentino setempat, dan Stefania Proietti, walikota Assisi.

Misa, yang bersifat pribadi tetapi disiarkan langsung, mengikuti pembacaan untuk pesta Santo Fransiskus.

Bacaan Injil adalah Matius 11: 25-30, di mana Yesus memuji Allah Bapa, "Aku bersyukur kepada-Mu, ya Bapa, Tuhan langit dan bumi! Sebab misteri Kerajaan Kausembunyikan bagi orang bijak dan orang pandai, tetapi Kaunyatakan kepada orang kecil."

Yesus kemudian berkata: “Datanglah kepada-Ku, kamu semua yang letih lesu dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang, dan belajarlah pada-Ku, karena Aku lemah lembut dan rendah hati. Maka hatimu akan mendapat ketenangan. Sebab enaklah kuk yang Kupasang, dan ringanlah beban-Ku.”

 Sumber: CNA