| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 17 Oktober 2021 Hari Minggu Biasa XXIX

 

CC0
Minggu, 17 Oktober 2021
Hari Minggu Biasa XXIX

"Kita harus merangkul/dekat dan ramah kepada semua manusia; tapi apa yang datang dari musuh tidak bisa dan tidak boleh bergabung. Anda tidak dapat menggabungkan Kristus dan Belial (pangeran kegelapan)!" (Kardinal Robert Sarah, Prefek Kongregasi Ibadat Ilahi dan Tata-tertib Sakramen)

Antifon Pembuka (Mzm 17:6.8)

Aku berseru kepada-Mu sebab Engkau mendengarkan daku, ya Allah. Sendengkanlah telinga-Mu kepadaku, dengarkanlah kata-kataku. Jagalah aku bagaikan biji mata, sembunyikanlah aku dalam naungan sayap-Mu.

Ego clamavi, quoniam exaudisti me, Deus: inclina aurem tuam, et exaudi verba mea: custodi me, Domine, ut pupilam oculi: sub umbra alarum tuarum protege me.
Mzm. Exaudi Domine iustitiam meam: intende deprecationem meam.

To you I call; for you will surely heed me, O God; turn your ear to me; hear my words. Guard me as the apple of your eye; in the shadow of your wings protect me.


Doa Pembuka

Allah Bapa Yang Maharahim, kami bersyukur karena Putra-Mu telah rela menanggung kesalahan-kesalahan kami dan menderita demi keselamatan semua orang. Semoga, Ia senantiasa menjiwai kami sehingga kami pun bersedia saling membantu untuk memanggul beban hidup kami masing-masing. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.

Bacaan dari Kitab Yesaya (53:10-11)
 
"Apabila ia menyerahkan dirinya sebagai kurban silih, ia akan melihat keturunannya, dan umurnya akan lanjut."
 
Tuhan berkehendak meremukkan hamba-Nya dengan kesakitan. Tetapi apabila ia menyerahkan dirinya sebagai kurban penebus silih, ia akan melihat keturunannya, umurnya akan lanjut, dan kehendak Tuhan akan terlaksana karena dia. Sesudah kesusahan jiwanya, ia akan melihat terang dan menjadi puas. Sebab Tuhan berfirman: Hamba-Ku itu, sebagai orang yang benar, akan membenarkan banyak orang oleh hikmatnya, dan kejahatan mereka dia pikul.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan, mi = cis, 4/4, PS 815
Ref. Perlihatkanlah kepada kami kasih setia-Mu, ya Tuhan.
Ayat. (Mzm 33:4-5.18-19.20-22)
1. Sebab Firman Tuhan itu benar, segala sesuatu dikerjakan-Nya dengan kesetiaan, Ia senang kepada keadilan dan hukum; bumi penuh kasih setia-Nya.
2. Sungguh, mata Tuhan tertuju kepada mereka yang bertakwa, kepada mereka yang berharap akan kasih setia-Nya. Ia hendak melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.
3. Jiwa kita menanti-nantikan Tuhan. Dialah Penolong kita dan perisai kita! Kasih setia-Mu, ya Tuhan, kiranya menyertai kami, seperti kami berharap kepada-Mu.

Bacaan dari Surat Kepada Orang Ibrani (4:14-16)
    
"Marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian."
  
Saudara-saudara, kita sekarang mempunyai seorang Imam Agung, yang telah melintasi semua langit, yaitu Yesus, Anak Allah, baiklah kita teguh berpegang pada pengakuan iman kita. Sebab Imam Agung yang kita punya, bukanlah imam agung yang tidak dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita. Sebaliknya Ia sama dengan kita! Ia telah dicobai, hanya tidak berbuat dosa. Sebab itu marilah kita menghampiri takhta kerahiman Allah dengan penuh keberanian supaya kita menerima rahmat dan menemukan kasih karunia untuk mendapat pertolongan pada waktunya.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Bait Pengantar Injil, do=a, 4/4, Pelog Bem, PS 962
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Mrk 10:45)
Anak manusia datang untuk melayani dan memberikan nyawa-Nya menjadi tebusan bagi banyak orang.

Inilah Injil Suci menurut Markus (10:35-45) Singkat: 10:42-45
      
"Anak manusia datang untuk melayani dan untuk memberanikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang."
  
Sekali peristiwa Yakobus dan Yohanes, anak-anak Zebedeus, mendekati Yesus dan berkata kepada-Nya, "Guru, kami harap Engkau mengabulkan suatu permohonan kami!" Jawab Yesus kepada mereka, "Apa yang hendak Kuperbuat bagimu?" Mereka menjawab, "Perkenankanlah kami ini duduk dalam kemuliaan-Mu kelak, seorang di sebelah kanan-Mu dan seorang lagi di sebelah kiri-Mu." Tetapi kata Yesus kepada mereka, "Kamu tidak tahu apa yang kamu minta. Sanggupkah kamu meminum cawan yang harus Kuminum dan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima?" Jawab mereka, "Kami sanggup." Yesus lalu berkata kepada mereka, "Memang, kamu harus meminum cawan yang harus Kuminum, dan akan dibaptis dengan baptisan yang harus Kuterima. Tetapi hal duduk di sebelah kanan atau kiri-Ku, Aku tidak berhak memberikannya. Itu akan diberikan kepada orang-orang yang baginya telah disediakan." Mendengar itu, kesepuluh murid yang lain menjadi marah kepada Yakobus dan Yohanes. Tetapi Yesus memanggil murid-murid-Nya lalu berkata, "Kamu tahu bahwa orang-orang yang disebut pemerintah bangsa-bangsa memerintah rakyatnya dengan tangan besi, dan pembesar-pembesarnya menjalankan kuasanya dengan keras atas mereka. Tetapi janganlah demikian di antara kamu! Barangsiapa ingin menjadi besar di antara kamu, hendaklah ia menjadi pelayanmu, dan barangsiapa ingin menjadi yang terkemuka di antara kamu, hendaklah ia menjadi hamba untuk semuanya. Sebab Anak Manusia pun datang bukan untuk dilayani melainkan untuk melayani dan untuk memberikan nyawa-Nya sebagai tebusan bagi banyak orang."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)
.

 
Renungan

   
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, dalam bacaan pertama kita mendengar dari bagian yang diambil dari Kitab nabi Yesaya, yang berbicara tentang nubuat tentang Mesias yang menderita, meramalkan apa yang akan terjadi pada hamba Allah yang setia dan benar, Mesias, yang Tuhan berjanji untuk mengirim kepada umat-Nya sebagai sumber pembebasan mereka. Tetapi melalui penderitaan dan persembahan diri-Nya yang tanpa pamrih itu, Allah berkehendak untuk menyelamatkan semua umat-Nya, bahwa dengan pengorbanan-Nya, Dia membenarkan banyak orang melalui kematian-Nya.

Nubuat ini digenapi dalam Tuhan Yesus Kristus, yang datang ke dunia, diutus oleh Bapa, untuk menjadi Juruselamat dunia. Dia adalah Mesias yang telah lama ditunggu-tunggu oleh orang-orang Israel, dan Dia yang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat manusia, sejak saat kejatuhan mereka ke dalam tirani dosa. Namun, Dia sangat disalahpahami oleh umat-Nya sendiri, banyak dari mereka yang menolak untuk percaya bahwa Dia adalah Mesias Tuhan.

Bagi orang-orang Yahudi, yang menantikan keselamatan melalui Mesias, banyak dari mereka mengharapkan Raja yang perkasa dan berkuasa untuk datang dan memimpin mereka melawan penindas mereka dan Romawi, yang merupakan penguasa sebagian besar dunia yang dikenal pada saat itu. Orang-orang Yahudi sama sekali tidak menyangka bahwa Mesias mereka adalah Dia yang sama sekali tidak memiliki ambisi duniawi, atau Dia yang akan menanggung penderitaan dan kehinaan sedemikian rupa sehingga Dia bahkan menjadi makhluk yang paling rendah dan paling hina dari semua makhluk.

Ini adalah kenyataan yang gagal dipahami oleh banyak orang Yahudi selama masa pelayanan Yesus, karena mereka memiliki harapan yang berbeda tentang seperti apa Mesias itu dan apa yang akan Dia lakukan demi mereka. Mereka mengharapkan pembebasan segera dari semua kesengsaraan duniawi, pemulihan kerajaan Israel yang mulia dan duniawi seperti pada masa Raja Daud dan Salomo. Tetapi bukan itu yang diinginkan Tuhan, karena kerajaan-Nya benar-benar melebihi dunia ini.

Bacaan kedua hari ini, yang diambil dari Surat kepada orang Ibrani, adalah wahyu kebenaran Allah kepada orang-orang Yahudi, terutama kepada orang-orang Yahudi yang dengan rela menerima Tuhan Yesus sebagai Mesias mereka. Tuhan Yesus adalah Imam Besar abadi yang esa dan sejati bagi seluruh umat manusia, melalui pengorbanan dan persembahan kasih-Nya yang sempurna tanpa pamrih di atas Altar Salib.
 
Hari ini, kita juga mendengarkan bacaan dari Injil Suci yang ditulis oleh St Markus, di mana kita mendengar saat ketika dua murid, St Yakobus dan St Yohanes, saudara dan putra Zebedeus, datang kepada Tuhan Yesus. dan membuat permintaan khusus di hadapan-Nya. Dalam kisah Injil yang lain, ibu mereka juga pergi bersama mereka ke hadapan Tuhan, dan mengajukan permintaan yang sama, agar masing-masing dari mereka dapat duduk di sebelah kiri dan di sebelah kanan Tuhan ketika Dia masuk ke dalam kerajaan-Nya.

Arti penting dari hal ini adalah, justru menyoroti sikap orang-orang Yahudi dalam cara mereka memandang Mesias. Murid-murid ingin mendapatkan perkenanan Tuhan, dan bahkan mendapatkan keuntungan satu sama lain, posisi yang lebih disukai, lebih bergengsi dan lebih baik di mata orang lain. Sayangnya, itulah kenyataan bagaimana segala sesuatu pada awalnya bekerja di antara para Rasul dan murid-murid Tuhan. Itulah sebabnya Tuhan dalam kesempatan lain seperti yang tertulis dalam Injil, harus menegur mereka karena gerutuan dan perselisihan mereka tentang siapa yang paling terhormat dan terbaik di antara mereka.

Banyak orang yang mengikuti Tuhan Yesus. juga mengikuti Dia karena apa yang telah mereka lihat, dalam perbuatan dan penyembuhan-Nya yang ajaib, dalam ajaran dan popularitas-Nya yang luar biasa, dan mereka berharap untuk mendapatkan dari semua ini, untuk mendapatkan manfaat bagi diri mereka sendiri dan mungkin untuk memuaskan keinginan mereka sendiri akan kekuasaan duniawi, untuk kehormatan, untuk kemuliaan dan kehormatan duniawi, dan untuk posisi dalam kerajaan yang dijanjikan Allah yang akan datang.

Tetapi mereka gagal memahami bahwa jalan Tuhan tidak seperti jalan manusia. Mereka berpikir bahwa dengan mengikuti Tuhan, mereka akan mendapatkan kebaikan dan keuntungan bagi diri mereka sendiri, tetapi sayangnya, kebenaran dan kenyataan adalah bahwa, seperti yang Tuhan sendiri nyatakan kepada umat-Nya, bahwa mengikuti Dia berarti bahwa mereka harus menderita sama seperti Dia telah menderita. , dan mereka akan mengalami penolakan, rasa sakit dan ketidaknyamanan, sama seperti Dia sendiri yang telah menanggung semua itu.

Tuhan menubuatkan kepada mereka dalam perikop Injil yang sama bahwa Dia akan menderita, dengan mengacu pada cawan yang akan Dia minum. Ini adalah cawan yang sama yang Tuhan Yesus sebutkan kepada Bapa-Nya, pada saat penderitaan-Nya di Taman Getsemani, bertanya kepada-Nya apakah mungkin, untuk membiarkan cawan penderitaan ini melewati-Nya. Di dalamnya kita dapat melihat betapa menyakitkan, berat dan mengerikan beban yang dengan rela Tuhan kita pikul ke atas diri-Nya, sehingga Dia begitu menderita dalam kemanusiaan-Nya.

Tetapi Tuhan mematuhi kehendak Bapa-Nya, dan menyerahkan diri-Nya sepenuhnya kepada Bapa-Nya sehingga Dia rela menanggung beban dan beban salib, terlepas dari rasa sakit dan penderitaannya. Dia menyelesaikan tugas yang dipercayakan Bapa kepada-Nya, dan karena itu, kita semua memiliki harapan baru, melalui pengorbanan penuh kasih dan tanpa pamrih yang dilakukan Tuhan kita di kayu salib, sebagai Imam Besar yang mempersembahkan diri-Nya untuk keselamatan kita.

Dan Dia menyebutkan bagaimana dunia juga akan membenci murid-murid-Nya sama seperti mereka telah membenci Dia. Ini karena ketidakmampuan mereka untuk memahami misi ini yang Tuhan nyatakan kepada umat-Nya. Selain itu, cara dunia juga sesuai dengan cara dosa dan ketidaktaatan terhadap Tuhan, dan oleh karena itu, Tuhan dan kebenaran-Nya mendatangkan pertentangan, tantangan, dan kesulitan bagi mereka yang percaya, karena iblis memang aktif di bekerja mencoba untuk menumbangkan upaya Tuhan untuk menyelamatkan kita umat manusia.

Realitas penderitaan dan pencobaan seperti itu telah terbukti sepanjang sejarah Gereja, selama banyak penganiayaan dan masalah yang diderita pengikut Kristusselama berabad-abad ini. Tetapi kita juga harus melihat contoh dari banyak orang yang baik dan saleh, para pendahulu kita dalam iman, yang telah bertahan dari semua tantangan ini dan mempertahankan iman mereka bahkan di tengah penganiayaan yang paling kejam.
  
   Saudara dan saudari di dalam Kristus, sekarang, bagi kita semua, yang perlu kita perhatikan dari perikop Kitab Suci hari ini adalah bahwa pertama-tama, kita tidak boleh membiarkan keinginan dan keserakahan kita, keegoisan kita dan kelemahan tubuh kita tersandung. menghalangi jalan iman kita. Dalam berbagai kelompok dan pelayanan kita yang melayani Gereja dan umat beriman, kita sering mengalami pertengkaran dan ketidaksepakatan, dan kadang-kadang bahkan pertikaian dan kemarahan, yang diakibatkan oleh keinginan kami yang saling bertentangan dan ketidakmampuan kami untuk menahan banyak godaan hidup.

Saudara dan saudari dalam Kristus, hari ini, kita ditantang oleh Tuhan yang memanggil kita masing-masing untuk menjadi pengikut-Nya. Dan agar kita dapat mengikuti Dia, maka kita harus memiliki kasih kepada Tuhan, dan harus memusatkan diri kita kepada-Nya dan kebenaran yang telah Dia nyatakan dan ajarkan kepada kita. Hanya dengan demikian kita dapat menjadi murid Kristus yang sejati. Kita harus mengatasi keinginan kita dalam hidup, dan segala macam rintangan yang menghalangi kita untuk melakukan apa yang seharusnya kita lakukan.

Itulah sebabnya, penting bagi kita untuk mengikuti teladan Kristus, ketaatan-Nya pada kehendak Bapa-Nya, dan kasih-Nya bagi kita masing-masing, yang memungkinkan Dia memikul Salib penderitaan bagi demi kita. Seandainya Kristus tidak menderita atau mati bagi kita, maka tidak akan ada keselamatan, dan kita semua akan tetap ada di bawah tirani dan belenggu dosa-dosa kita.

Marilah kita semua bertobat, dan menyerahkan diri kita sepenuh hati kepada Tuhan, dengan menunjukkan lebih banyak kasih dalam setiap tindakan dan perbuatan kita, di mana pun kita berada, agar kita dapat menjadi tanpa pamrih dan penuh kasih seperti Kristus, dalam saling mengampuni dosa-dosa kita. dan kesalahan satu sama lain, sama seperti Kristus telah mengampuni kita dari dosa-dosa kita, meskipun harus menanggung dosa-dosa itu dan semua hukuman dan konsekuensinya. Marilah kita mengingat kasih yang besar yang telah Dia tunjukkan kepada kita dari salib, dan tunjukkan kasih yang sama itu dalam setiap tindakan kita mulai sekarang.

Sebagai orang Kristen, marilah kita rendah hati dan tidak sombong, penuh kasih dan tidak dipenuhi kebencian, lemah lembut dan tidak mudah terpancing amarah, penuh harapan dan tidak putus asa, siap melayani orang lain dan mengasihi mereka daripada mengharapkan untuk dicintai dan dilayani oleh orang lain. Marilah kita semua dipenuhi dengan kasih Kristus dalam segala hal, sehingga dalam segala hal yang kita katakan, bertindak dan lakukan, kita akan selalu mengasihi sebagaimana Tuhan kita mengasihi, dan mengampuni sebagaimana kita telah diampuni. Ini adalah panggilan kita sebagai orang Kristen.

Semoga Tuhan menjadi pemandu kita, dan semoga Dia terus mencintai kita seperti yang selalu Dia lakukan, agar setiap dari kita dapat meniru cinta yang sama yang telah Dia tunjukkan kepada kita. Marilah kita semua menjalani hidup kita mulai sekarang dengan iman dan semangat yang diperbarui, dan melakukan yang terbaik untuk mengasihi dan melayani Tuhan, dan mengasihi sesama saudara dan saudari kita, terlepas dari penganiayaan, tantangan dan rintangan yang mungkin kita hadapi dalam perjalanan kita. . Semoga Tuhan selalu bersama kita, sekarang dan selamanya. Amin. 
[RENUNGAN PAGI]

Antifon Komuni (Mzm 33:18-19)

Mata Tuhan tertuju kepada mereka yang takut akan Dia, kepada mereka yang mengharapkan kasih setia-Nya, untuk melepaskan jiwa mereka dari maut dan memelihara hidup mereka pada masa kelaparan.

Behold, the eyes of the Lord are on those who fear him, who hope in his merciful love, to rescue their souls from death, to keep them alive in famine.

Atau (Mrk 10:45)

Anak Manusia datang untuk memberikan nyawa-Nya memnjadi tebusan bagi banyak orang.

The Son of Man has come to give his life as a ransom for many.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy