| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 30 April 2024 St. Pius V, Paus

Public Domain

 
 
 Saudara-saudari terkasih, hari ini, Gereja memperingati St. Pius V, Paus, yang komitmen dan kerja kerasnya bagi Tuhan dan Gereja-Nya dapat menjadi sumber inspirasi besar bagi kita semua tentang bagaimana kita juga harus menjalani kehidupan kita sendiri. 
 
Antonio Ghislieri lahir di Italia utara pada tahun 1504. Pada usia empat belas tahun dia masuk Ordo Dominikan, dan dia ditahbiskan menjadi imam pada tahun 1528. Selama enam belas tahun berikutnya ia menjabat sebagai profesor, provinsial, dan komisaris jenderal Inkuisisi Romawi.  Pada tahun 1556 ia ditahbiskan menjadi uskup, dan pada tahun 1558 ia diangkat menjadi kardinal dan diangkat menjadi Inkuisitor Jenderal untuk dunia Katolik. Meskipun dia enggan, dia terpilih sebagai paus pada tahun 1566, sebagian besar berkat pengaruh Santo Karolus Borromeus. 
 
Sebagai Paus Pius V, dia mulai berupaya mereformasi Gereja. Dikenal karena kasihnya kepada orang miskin, ia juga menekankan keadilan dan kepatuhan. Reformasi liturgi dan moralnya mempunyai jangkauan yang luas dan keberhasilannya sebagian besar disebabkan oleh rasa hormat yang dimiliki banyak pemimpin terhadap kesucian pribadinya. Paus St. Pius V dikenang karena peran pentingnya dalam mengarahkan dan memimpin Gereja melalui masa-masa yang sangat sulit dan penuh gejolak ketika Gereja dan umat Kristiani berada dalam situasi yang sulit dan penuh gejolak komunitas diserang baik dari dalam maupun luar, dengan ancaman dan bahaya yang dihadapi banyak jiwa, baik secara fisik maupun spiritual pada saat itu. Itu adalah masa pencobaan dan kesukaran besar bagi umat Allah yang berada di bawah ancaman kekuatan orang-orang di bawah kekuasaan Kesultanan Utsmaniyah, yang sedang melakukan penaklukan dan penyerangan terhadap berbagai bagian dunia Kristen, dan pada saat yang sama, terjadi perpecahan. yang disebabkan oleh 'reformasi'  telah mengoyak kesatuan Gereja dan umat Kristiani, karena banyak orang yang terjerumus ke dalam ajaran-ajaran yang telah menyimpang dari ajaran-ajaran Gereja yang sejati.

Paus St. Pius V berkontribusi besar dalam perannya dalam melawan dan memimpin Gereja melawan dua ancaman besar tersebut, menyatukan umat beriman Kristiani melawan mereka yang berupaya menghancurkan mereka. Ia berjasa dalam mempersatukan umat Kristen dan berbagai kekuatan di dalamnya untuk membangun Perang Salib yang perkasa dalam melawan kekuatan Kesultanan Utsmaniyah, yang pada akhirnya membawa kemenangan besar pada Pertempuran Lepanto, dimana kekuatan Kristen menumpas kekuatan Kesultanan Utsmaniyah, dan karena itu menghindari ancaman besar terhadap Gereja dan umat beriman kepada Allah, serta memulai pembalikan nasib umat Kristen dalam melawan musuh-musuh eksternalnya. Pada saat yang sama, melalui upayanya dalam menyelesaikan Konsili Ekumenis Trente, dan melaksanakan berbagai reformasinya, Paus St. Pius V memberikan semangat kepada Gereja dan Kontra-Reformasi, yang berhasil membendung gelombang ajaran sesat, dan menyatukan kembali bagian-bagian dari Konsili Trente. Gereja yang telah dipisahkan dari Bunda Gereja Suci. Ia menerbitkan Brevir dan Misa baru, merevisi kalender Gereja dan memerintahkan revisi Martirologi Romawi (daftar resmi orang-orang kudus Gereja). Akhirnya, ia mengeluarkan Katekismus Konsili Trente, yang mendesak agar katekese para katekumen dan kaum muda dijadikan prioritas bagi semua pastor paroki.

Saudara dan saudari dalam Kristus, melalui banyak kontribusi dan upaya yang telah ditunjukkan oleh Paus St. Pius V kepada kita, kita semua diingatkan bahwa kita juga dipanggil oleh Tuhan dengan cara kita sendiri yang unik dan beragam untuk berkontribusi pada pekerjaan baik umat manusia. Upaya dan misi Gereja, yang dapat kita lakukan melalui pengorbanan dan persembahan upaya dan ikhtiar kita, bahkan dalam hal terkecil yang kita lakukan. Kita harus terdorong bahwa apa pun yang kita lakukan, bahkan dalam hal-hal yang tampaknya kecil dan tidak berarti, semua itu pada akhirnya akan menghasilkan perbuatan dan perbuatan besar yang bahkan mungkin di luar imajinasi kita. Sebagai anggota dan bagian dari Tubuh Kristus yang sama, yaitu Gereja, kita masing-masing dipanggil dan diingatkan untuk melakukan bagian kita memuliakan Tuhan melalui hidup kita, dan untuk terus mewartakan Dia di dunia kita saat ini, di tengah segala pencobaan. dan tantangan yang kita hadapi.

Semoga Tuhan Yang Bangkit terus menyertai kita semua, Gereja-Nya dan umat-Nya. Semoga Dia terus menguatkan dan memberdayakan kita semua, dalam segala hal yang kita katakan dan lakukan. Semoga hidup kita menjadi inspirasi besar dan terang untuk diikuti orang lain, sehingga dalam segala hal, kita dapat membantu mendekatkan satu sama lain dan semua orang kepada Tuhan, kepada keselamatan, kebenaran dan kasih-Nya, sekarang dan selamanya. Amin.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy