| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 08 April 2024 Hari Raya Kabar Sukacita

 
Senin, 08 April 2024
Hari Raya Kabar Sukacita

Allah yang benar, dilahirkan dalam kodrat manusia benar dengan kodrat-Nya yang utuh dan sempurna ---- St. Leo Agung

Antifon Pembuka (lih. Ibr 10:5-7)

Ketika masuk ke dunia ini Kristus bersabda, "Aku datang, ya Allah, untuk melakukan kehendak-Mu." Alleluya.

The Lord said, as he entered the world: Behold, I come to do your will, O God. Alleluia.

 
(Hari ini ada Madah Kemuliaan, dan Syahadat; Untuk menghormati misteri Inkarnasi ini, maka, pada Misa Kudus tgl 8 April ini, mari kita berlutut saat mengucapkan kata-kata Syahadat: "Ia dikandung dari Roh Kudus ... dan menjadi manusia." atau "yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria," atau "Et incarnátus est de Spíritu Sancto ... et homo factus est." sumber: PUMR no 37)
 
Doa Pagi
 
Ya Allah, Engkau menghendaki agar Sabda-Mu menjelma menjadi manusia dalam rahim Perawan Maria. Semoga kami, yang dalam iman mengakui Penebus kami sebagai Allah dan manusia, layak mengambil bagian dalam kodrat ilahi-Nya. Sebab Dialah yang hidup dan berkuasa, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Author: AdaLuCaMmI (CC)

Bacaan dari Kitab Yesaya (7:10-14; 8:10)
   
"Seorang perempuan muda akan mengandung."
      
Tuhan berfirman kepada Raja Ahas, "Mintalah suatu pertanda dari Tuhan, Allahmu, entah itu sesuatu dari dunia orang mati yang paling bawah, entah sesuatu dari tempat tertinggi yang di atas." Tetapi Ahas menjawab, "Aku tidak mau minta! Aku tidak mau mencobai Tuhan!" Lalu berkatalah Nabi Yesaya, "Baiklah! Dengarkanlah, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga? Sebab itu, Tuhan sendirilah yang akan memberikan suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamai Dia Imanuel, artinya: Allah menyertai kita."
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
 
Mazmur Tanggapan, do = f, 4/4, PS 850
Ref. Ya Tuhan, aku datang melakukan kehendak-Mu.
Ayat. (Mzm 40:7-8a.8b-9.10.11)
1. Kurban dan persembahan tidak Kauinginkan, tetapi Engkau telah membuka telingaku; kurban bakar dan kurban silih tidak Engkau tuntut, lalu aku berkata, "Lihatlah, Tuhan, aku datang!"
2. Dalam gulungan kitab ada tertulis tentang aku: "Aku senang melakukan kehendak-Mu, ya Allahku; Taurat-Mu ada di dalam dadaku."
3. Aku mengabarkan keadilan di tengah jemaat yang besar, bibirku tidak kutahan terkatup; Engkau tahu itu, ya Tuhan.
4. Keadilan-Mu tidaklah kusembunyikan dalam hatiku, kesetiaan dan keselamatan-Mu kubicarakan, kasih dan kebenaran-Mu tidak kudiamkan, tapi kuwartakan kepada jemaat yang besar.  




Bacaan dari Surat kepada Orang Ibrani (10:4-10)
   
"Lihatlah Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu."
     
Saudara-saudara, tidak mungkin darah lembu jantan atau darah domba jantan menghapuskan dosa. Karena itu ketika Kristus masuk ke dunia, Ia berkata, "Kurban dan persembahan tidak Engkau kehendaki. Sebagai gantinya Engkau telah menyediakan tubuh bagiku. Kepada kurban bakaran dan kurban penghapus dosa Engkau juga tidak berkenan. Maka Aku berkata: Lihatlah, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu, ya Allahku." Jadi mula-mula Ia berkata, "Engkau tidak menghendaki kurban dan persembahan; Engkau tidak berkenan akan kurban bakaran dan kurban penghapus dosa -- meskipun dipersembahkan menurut hukum Taurat. -- Dan kemudian Ia berkata, "Lihat, Aku datang untuk melakukan kehendak-Mu." Jadi yang pertama telah Ia hapuskan untuk menegakkan yang kedua. Dan karena kehendak-Nya inilah kita telah dikuduskan satu kali untuk selama-lamanya oleh persembahan tubuh Yesus Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah
  
Bait Pengantar Injil, do = f, PS 959
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Yoh 1:14ab)
Firman telah menjadi manusia, dan diam di antara kita dan kita telah melihat kemuliaan-Nya.

Inilah Injil Suci menurut Lukas (1:26-38)   
   
"Engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki."
      
Dalam bulan yang keenam Allah mengutus Malaikat Gabriel ke sebuah kota di Galilea, bernama Nazaret, kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria. Ketika masuk ke rumah Maria, malaikat itu berkata, "Salam, hai engkau yang dikaruniai, Tuhan menyertai engkau." Maria terkejut mendengar perkataan itu, lalu bertanya di dalam hatinya, apakah arti salam itu. Kata malaikat itu kepadanya, "Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah. Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus. Ia akan menjadi besar dan akan disebut Anak Allah Yang Mahatinggi. Dan Tuhan Allah akan mengaruniakan kepada-Nya takhta Daud, bapa leluhur-Nya. Ia akan menjadi raja atas kaum keturunan Yakub sampai selama-lamanya, dan Kerajaan-Nya tidak akan berkesudahan." Kata Maria kepada malaikat itu, "Bagaimana hal itu mungkin terjadi, karena aku tidak bersuami?" Jawab malaikat itu kepadanya, "Roh Kudus akan turun atasmu, dan kuasa Allah Yang Mahatinggi akan menaungi engkau; sebab itu anak yang akan kaulahirkan itu akan disebut kudus, Anak Allah. Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya, dan inilah bulan yang keenam bagi dia yang disebut mandul itu. Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." Maka kata Maria, "Sesungguhnya aku ini adalah hamba Tuhan; terjadilah padaku menurut perkataanmu itu." Lalu malaikat itu meninggalkan dia.
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

 
Renungan
  
  Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, pada hari ini kita merayakan Hari Raya Kabar Sukacita, yang secara tradisional dirayakan pada tanggal 25 Maret, sembilan bulan sebelum Natal, tetapi tahun ini ditunda hingga hari ini karena tanggal 25 Maret jatuh pada hari Senin dalam Pekan Suci, dan selama Pekan Suci dan Oktaf Paskah, Hari Raya Kabar Sukacita dipindahkan setelah Oktaf Paskah berakhir. 
   
Hari Raya  Kabar Sukacita in dirayakan sembilan bulan sebelum Natal karena, pada hari ini, menurut Kitab Suci dan Tradisi Suci Gereja, adalah hari ketika Tuhan Yesus, Tuhan dan Juruselamat kita, dikandung dalam rahim-Nya. Bunda Maria, atas penerimaan dan ketundukannya pada kehendak Tuhan, yang melalui Malaikat Gabriel telah mengungkapkan rencana keselamatan-Nya yang telah lama direncanakan bagi seluruh umat-Nya.

Pada hari ini, kita merayakan momen ketika Malaikat Gabriel datang ke desa kecil Nazaret, menemui seorang perempuan yang bertunangan dengan Yusuf, seorang tukang kayu yang rendah hati dan rendah hati, yang sebenarnya adalah pewaris Daud, sebagai pewaris garis keturunan yang tak terputus keluarga Daud, raja Israel dan hamba Tuhan yang setia. Orang mungkin bertanya-tanya mengapa Tuhan memilih keluarga yang begitu rendah hati dan rendah hati untuk melaksanakan rencana-Nya untuk menyelamatkan kita umat manusia, namun sebenarnya, itulah yang Tuhan kehendaki, dan apa yang telah Dia lakukan.

Melalui Bunda Maria, Dia akan menggenapi keselamatan yang telah lama dijanjikan dan ditunggu-tunggu, yang telah Dia beritakan kepada umat-Nya melalui para nabi dan rasul yang Dia utus ke dunia ini. Dan melalui Bunda Maria, Yang Ilahi itu sendiri, Tuhan Pencipta dan Penguasa segalanya, akan menjadi Anak Manusia, yang lahir dari seorang perempuan, yang meskipun Dia adalah Pencipta segalanya, Dia juga lahir dari ciptaan-Nya. Itulah misteri besar Tuhan kita dan iman kita kepada-Nya.

Pada akhirnya, kita perlu mengetahui mengapa Tuhan melakukan hal ini, agar kita dapat lebih menghargai apa yang kita rayakan hari ini. Semua ini karena kasih Tuhan kepada kita masing-masing. Jika Tuhan tidak mengasihi kita, atau jika Dia tidak menganggap kita sebagai orang yang dicintai dan benar-benar disayangi-Nya, Dia tidak akan bersusah payah melakukan semua yang telah Dia lakukan demi kita, dengan menjadi Manusia, untuk bersama kita dan untuk diamlah di antara kita, agar melalui tindakan itu, Dia dapat menyelamatkan kita semua.

Pertama-tama, kita semua, umat manusia, karena ketidaktaatan kita, telah dijauhkan dari kasih karunia surga dan kasih Tuhan. Kita telah berdosa karena ketidaktaatan itu sejak zaman Adam dan Hawa, ketika kita umat manusia pertama kali tidak menaati Allah dengan jatuh ke dalam godaan Setan. Dan karena itu, kita seharusnya binasa, karena karena dosa-dosa kita, kita menjadi najis dan ternoda, dan tidak ada dosa atau kerusakan di hadirat Tuhan.

Tuhan telah menetapkan rencana-Nya sejak awal, mengetahui sejak awal apa yang akan Dia lakukan untuk mewujudkan rekonsiliasi dan keselamatan ciptaan-Nya yang terkasih, yaitu seluruh umat manusia. Itulah sebabnya Dia memperingatkan Iblis sejak awal, bahwa rencana dan upaya apa pun yang telah dia lakukan untuk mempengaruhi umat manusia agar menjauh dari Tuhan pada akhirnya akan gagal, karena Tuhan akan memberikan keselamatan-Nya, dan keselamatan itu akan datang melalui perempuan yang dinubuatkan, bukan hanya melalui perempuan yang dinubuatkan. Tuhan sendiri yang menyebutkannya, tapi juga nabi Yesaya.

Nabi Yesaya menyebutkan kepada raja Ahas dari Yehuda, bahwa seorang perempuan akan mengandung, dan meskipun seorang Perawan, dia akan melahirkan seorang Putra. Ini adalah sesuatu yang mustahil bagi laki-laki, karena tidak ada seorang pun yang dapat mempunyai anak atau hamil kecuali melalui hubungan seksual dan persetubuhan. Namun, melalui Bunda Maria, Tuhan menggenapi janji-Nya dan mengungkapkan betapa indahnya kasih-Nya kepada kita, bahwa Dia bersedia mengambil keberadaan manusia kita, dan membungkus keilahian-Nya dalam daging manusia, bahwa Dia, sejak saat itu, memiliki dua kodrat Ilahi dan Manusia, bersatu dalam pribadi Yesus Kristus.

Melalui pembuahan-Nya yang menakjubkan di dalam rahim ibu-Nya, Perawan Maria yang Terberkati, Tuhan memperjelas bahwa "Ia lahir dari Bapa sebelum segala abad, Allah dari Allah, Terang dari Terang, Allah benar dari Allah benar. Ia dilahirkan, bukan dijadikan, sehakikat dengan Bapa; segala sesuatu dijadikan oleh-Nya. Ia turun dari Surga untuk kita manusia dan untuk keselamatan kita." (Syahadat Nikea-Konstantinopel).  Yesus Kristus, “sehakikat dengan Bapa”  adalah untuk menegaskan kembali iman Gereja akan ke-Allahan Yesus, dan dengan demikian meluruskan ajaran sesat Arianisme saat itu, yang menyebutkan bahwa Yesus bukan Allah.

Tuhan masuk ke dunia ini, mengambil sifat manusia, sehingga melalui tindakan itu, Dia dapat mendamaikan kita sebagai Adam Baru, sebagai orang pertama di antara umat manusia yang terbebas dari perbudakan dosa, melalui kasih-Nya yang sempurna dan ketaatan kepada-Nya. Bapa, menolak setan dan godaannya untuk menaati kehendak Allah Bapa-Nya, sampai memikul salib, menderita kemarahan dan penolakan, dipaku di kayu salib, dan mati di kayu salib itu, dan dengan kematian-Nya, seluruh umat manusia mungkin bisa diselamatkan.

Sekarang, sadarkah kita betapa besarnya kasih Tuhan kepada kita? Sadarkah kita bahwa Dia sangat mengasihi kita sehingga Dia melalui semua ini demi kita, hanya agar kita dapat diselamatkan? Namun, masih banyak di antara kita yang tidak mengetahui fakta ini, atau yang kita ketahui, namun kita menolak kasih dan kemurahan Tuhan yang menawarkan belas kasihan, hanya karena kita terlalu sombong untuk mengakui bahwa kita salah dalam cara kita.

Saudara-saudari dalam Kristus, oleh karena itu pada hari ini kita mengenang betapa besarnya kasih Allah bagi kita, bahwa demi kita Dia rela menjadi salah satu dari kita, menjadi manusia seperti kita kecuali dalam hal dosa dengan cara yang belum pernah terjadi sebelumnya, marilah kita semua mengabdikan kembali diri kita untuk itu. Semoga Tuhan selalu bersama kita, dan semoga Dia membimbing kita sepanjang perjalanan kita, sehingga kita akan mampu menemukan jalan ke depan, dan bertahan dalam hubungan kasih kita dengan Tuhan, Tuhan yang telah menjadikan diri-Nya Manusia, yaitu dengan ambil bagian dalam kehidupan kita. umat manusia, Dia dapat menyelamatkan kita semua melalui kematian-Nya dan kemudian melalui kebangkitan-Nya yang mulia. Semoga Tuhan memberkati kita semua. Amin.
   (RENUNGAN PAGI) 
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 
 

 
 

Antifon Komuni (Yes 7:14)

Lihat, seorang perawan akan mengandung dan akan melahirkan seorang Putra. Dia akan diberi nama Imanuel. Alleluya.

Behold, a Virgin shall conceive and bear a son; and his name will be called Emmanuel. Alleluia.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy