| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 13 April 2024 St. Martinus I, Paus dan Martir

Public Domain

 
 Hari ini, kita memperingati St. Martinus I, Paus dan Martir, yang menggantikan penerus Santo Petrus, yang kepadanya Tuhan mempercayakan Gereja-Nya. Ia lahir di Italia dan terpilih menjadi Uskup Roma pada tahun 649. Paus St. Martinus adalah hamba Tuhan yang setia dan dia mengabdikan dirinya untuk merawat kawanan domba dan Gereja yang dipercayakan kepadanya. Namun, ia terpecah antara komitmennya terhadap pekerjaan Gereja dan para pemimpin sekuler Kekaisaran Romawi pada saat itu, yang telah jatuh ke dalam ajaran sesat yang menentang kebenaran Tuhan. Segera setelah terpilih, ia mengadakan sebuah konsili di Roma untuk mengutuk ajaran sesat Monothelite (yang menyangkal kehendak manusiawi Kristus) dan keterlibatan Kaisar Konstans II dalam urusan Gereja. Kaisar menculik dan memenjarakan Martinus di Konstantinopel. Meskipun ia diselamatkan dari eksekusi melalui campur tangan Patriark Konstantinopel, Paus Martinus diasingkan ke Kherson, di Krimea.

Paus St. Martinus berdiri teguh dalam keyakinannya dan dalam upayanya yang penuh semangat untuk menentang para bidah, termasuk melawan Kaisar dan para bangsawannya, yang mencoba memutarbalikkan kebenaran. Pada akhirnya, dia ditangkap dan menanggung penderitaan di penjara, dan meninggal sebagai martir Gereja dan imannya kepada Tuhan menjadi inspirasi besar bagi banyak orang Kristen di banyak generasi setelahnya. Paus Martinus I meninggal karena pelecehan dan kelaparan pada tahun 655. Dia adalah Uskup Roma terakhir yang dihormati sebagai martir.

Saudara-saudara seiman dalam Kristus, pada hari ini, kita semua dipanggil untuk merenungkan hal-hal yang baru saja kita renungkan. Apakah kita benar-benar mengabdi dan setia kepada Tuhan, dalam segala cara kita, dan dalam segala urusan kita? Apakah kita mampu hidup dengan setia seperti yang telah dilakukan oleh para Rasul dan murid-murid Tuhan, dan seperti yang telah dilakukan oleh Paus St. Martinus I serta banyak orang suci dan martir lainnya? St Martinus I, Paus, martir, dan pembela ajaran Gereja, doakanlah kami!

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy