| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 13 Mei 2024 Peringatan Santa Perawan Maria dari Fatima

 

Eduardo Segura/flickr
(CC BY-NC-ND 2.0)
Saudara-saudari terkasih dalam Kristus, hari ini Gereja memperingati Santa Perawan Maria dari Fatima, memperingati Penampakan Bunda Allah yang Diberkati di lokasi Cova da Iria dekat kota kecil Fatima di Portugis, pada sebuah pesta abad yang lalu kepada anak-anak gembala muda, yaitu St. Francisco Marto dan St. Jacinta Marto yang bersaudara, dan sepupu mereka, Lucia dos Santos. Mereka sebenarnya sudah mulai mengalami Penampakan Santa Perawan Maria, Bunda Maria dari Fatima sejak tahun sebelumnya, yaitu 1916. Menurut sejarah, diketahui bahwa Maria, Bunda Allah pernah menampakkan diri pada saat dan momen ketika terjadi peperangan dan konflik di wilayah tersebut di mana di dunia banyak kesulitan, penderitaan dan cobaan dihadapi oleh orang-orang, dan banyak kejahatan dan kejahatan hadir di sekitar setiap orang.

Pada saat itu, Perang Dunia I, yang kemudian dikenal sebagai Perang Besar, sedang berkecamuk di seluruh dunia, namun dampaknya sangat menakutkan dan menghancurkan di Eropa. Sedangkan Portugis sendiri tidak terkena dampak langsung dari perang tersebut, namun pada tahun 1916 Portugis ikut serta dalam Perang Besar di pihak Entente atau Sekutu melawan Blok Sentral yang dipimpin oleh Jerman. Pada saat itu, Perang Besar telah berkecamuk selama lebih dari dua tahun dan jutaan orang tewas akibat peperangan dan konflik yang terus berlanjut, sementara jutaan orang menderita akibat gangguan terhadap penghidupan sehari-hari mereka, dan kelaparan yang diakibatkannya seluruh sumber daya nasional di banyak negara dikumpulkan dan dipusatkan untuk upaya perang. Pada saat yang penuh gejolak inilah Bunda Allah, sebagai Bunda Maria Fatima, memilih untuk menampakkan diri kepada kita semua.

Awalnya masyarakat skeptis dengan apa yang dialami dan diceritakan oleh ketiga anak gembala tersebut, tentang penampakan seorang perempuan di lokasi Cova da Iria, yang mereka kaitkan dengan Maria, Bunda Allah. Bunda Maria dalam Penampakan memberi tahu ketiga anak itu tentang banyak hal, termasuk doa untuk mengakhiri Perang Besar, dan seruan untuk kembali ke perdamaian, dan agar umat manusia meninggalkan semua perbuatan jahat dan jahat yang telah mereka lakukan selama Perang dan banyak  hal-hal lain yang memang sangat membuat marah Tuhan. Maria menampakkan diri kepada mereka bertiga, menyerukan kepada mereka untuk menyampaikan pesan-pesan dan kata-kata yang dibawanya kepada semua orang, sehingga semakin banyak orang yang datang untuk memalingkan hati dan pikiran mereka kembali kepada Tuhan, dan menjauh dari Tuhan. kejahatan-kejahatan yang telah dilakukan oleh banyak dari mereka dan menyebabkan mereka berdosa terhadap Allah.

Pada tanggal tiga belas Mei tahun Tuhan kita 1917, Bunda Maria menampakkan diri kepada ketiga anak itu lagi, ketika dia menunjukkan dirinya kepada mereka sebagai seorang perempuan agung, tampak lebih terang dari Matahari, dan dengan cahaya yang lebih jernih dan lebih kuat dari kristal. piala berisi air yang paling jernih, menurut keterangan para saksi sendiri. Penampilan perempuan ini, yang mengenakan jubah putih dan berhias emas, dengan rosario suci di tangannya akan menjadi inspirasi dari gambar dan patung yang sekarang dikenal luas dan dihormati secara luas di seluruh dunia Kristen sebagai Bunda Maria dari Fatima. Penampakan tersebut memerintahkan ketiga saksi untuk memberitahu semua orang agar semakin berkomitmen kepada Tuhan, Tritunggal Mahakudus, dan berdoa Rosario setiap hari untuk mengakhiri perang dan kembali ke perdamaian. Semua hal yang telah disebutkan oleh Perawan Diberkati, akhirnya terwujud, setahun kemudian.

Masih banyak hal lain dan tanda-tanda ajaib serta keajaiban yang telah ditunjukkan oleh Maria sebagai Bunda Maria dari Fatima kepada ketiga anaknya dan kepada banyak saksi lainnya dalam rangkaian Penampakannya, karena pesan dan kata-katanya membawa pesan dan pengingat bagi setiap orang untuk kembali lagi sekali lagi pada kasih dan anugerah Tuhan, meninggalkan kejahatan dan keburukan dunia, tidak berbuat dosa lagi dan dengan sepenuh hati rahmat Tuhan yang penuh kasih dan belas kasihan, yang selalu Dia berikan kepada kita, namun kekeraskepalaan dan kejahatan kita sering kali menghalangi kita. kita dari mampu menerima kepenuhan rahmat, ampunan dan kasih sayang Tuhan. Dan meskipun pesan-pesan dan kata-kata Bunda Maria dari Fatima, dan seluruh Penampakan disetujui oleh otoritas Gereja, dan menjadi salah satu devosi Maria yang paling populer dan bertahan lama hingga saat ini, namun pada saat itu, banyak yang skeptis terhadap hal kebenaran dan keaslian apa yang dilihat oleh ketiga anak dan saksi tersebut.

Itulah sebabnya ketiga saksi tersebut harus menghadapi pengawasan, keberatan dan hambatan dari otoritas sekuler dan agama pada saat itu, yang mempertanyakan dan meragukan mereka, dan beberapa tidak percaya bahwa Penampakan itu nyata atau sah. Namun melalui Penampakan yang berulang-ulang, berbagai tanda dan mukjizat yang ditunjukkan oleh Bunda Maria Fatima, pada akhirnya banyak yang menjadi yakin akan kebenaran dan keaslian penampakan Bunda Maria, bahwa Bunda Maria memang telah menampakkan diri kepada ketiga anak gembala dan melalui mereka kepada banyak orang. yang lain, yang karena itu tersentuh dan terpanggil untuk menyebarkan kata-katanya dan pengingat, yang pada akhirnya dimaksudkan untuk mengarahkan umat manusia agar kembali lagi kepada kebenaran dan kebajikan di dalam Tuhan. Bunda Maria dari Fatima, sebagai Bunda angkat kita yang penuh kasih, selalu prihatin terhadap kita, banyak di antara mereka yang selalu berada dalam bahaya kalah dalam pertempuran demi jiwa kami dari mereka yang menginginkan kehancuran dan kejatuhan kita.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy