| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Minggu, 05 Mei 2024 Hari Minggu Paskah VI

 
Minggu, 05 Mei 2024
Hari Minggu Paskah VI

Bagaimana kita dapat memilih, kalau kita tidak lebih dahulu dipilih? Kita tidak dapat mencinta kalau tidak lebih dahulu dicinta. Kalau kamu mencari alasan, mengapa manusia mencintai Allah, kamu tidak akan menemukan alasan sama sekali, selain bahwa Allah lebih dahulu mencintai manusia. (St. Agustinus).

Antifon Pembuka (lih. Yes 48:20)

Beritakanlah kabar sukacita supaya didengar, siarkanlah sampai ke ujung bumi: Tuhan telah menebus umat-Nya, alleluya.

Vocem iucunditatis annuntiate, et audiatur, alleluia: nuntiate usque ad extremum terræ: liberavit Dominus populum suum, alleluia, alleluia.

Proclaim a joyful sound and let it be heard; proclaim to the ends of the earth: The Lord has freed his people, alleluia.


Doa Pagi


Allah Bapa Yang Maha Pengasih, curahkanlah Roh Kudus-Mu kepada kami agar kami dapat hidup bersatu sebagai sahabat-sahabat Putra-Mu. Kami mohon, semoga dengan daya Roh-Mu itu, kami juga dapat menghasilkan buah-buah iman dan cinta kasih dalam hidup kami sehari-hari. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
 
Credit: BrendanHunter/istock.com

Bacaan dari Kisah Para Rasul (10:25-26.34-35.44-48)     
  
"Karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga."
     
Sekali peristiwa, ketika sampai di kota Kaisarea, Petrus masuk ke rumah Kornelius. Kornelius menyambutnya, dan sambil tersungkur dekat kaki Petrus, ia menyembahnya. Tetapi Petrus menegakkan dia serta berkata, "Bangunlah, aku hanya manusia biasa." Lalu mulailah Petrus berbicara, katanya "Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membeda-bedakan orang. Setiap orang dari bangsa mana pun yang takut akan Allah dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepada-Nya. Ketika Petrus sedang berbicara, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang beriman dari golongan bersunat yang waktu itu menyertai Petrus, tercengang-cengang, karena melihat bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga. Sebab mereka mendengar orang-orang itu berkata-kata dalam bahasa roh dan memuliakan Allah. Lalu Petrus bertanya, "Bolehkah mencegah orang-orang ini dibaptis dengan air, sedangkan mereka telah menerima Roh Kudus sama seperti kita?" Maka Petrus menyuruh mereka dibaptis dalam nama Yesus Kristus. Kemudian orang-orang itu meminta kepada Petrus, supaya ia tinggal beberapa hari lagi bersama-sama mereka.   
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah
  
Mazmur Tanggapan, do = c, 4/4, PS 807
Ref. Tuhan telah menyatakan keadilan-Nya di hadapan para bangsa.
Atau Segala ujung bumi melihat keselamatan yang datang dari Allah kita.
Ayat. (Mzm 98:1.2-3ab.3cd-4; Ul:4b)
1. Nyanyikanlah lagu baru bagi Tuhan, sebab Ia telah melakukan karya-karya yang ajaib, keselamatan telah dikerjakan oleh tangan kanan-Nya oleh lengan-Nya yang kudus.
2. Tuhan telah memperkenalkan keselamatan, yang datang dari pada-Nya, Ia telah menyatakan keadilan-Nya, di hadapan para bangsa. Ia ingat akan kasih dan kesetiaan-Nya terhadap kaum Israel.
3. Segala ujung bumi telah melihat keselamatan yang datang dari Allah kita. Bersorak-sorailah bagi Tuhan, hai seluruh bumi, bergembiralah dan bermazmurlah!
  
Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (4:7-10)
  
"Allah adalah kasih."
   
Saudara-saudaraku yang terkasih, marilah kita saling mengasihi, sebab kasih itu berasal dari Allah, dan setiap orang yang mengasihi, lahir dari Allah dan mengenal Allah. Barangsiapa tidak mengasihi, ia tidak mengenal Allah, sebab Allah adalah kasih. Dalam hal inilah kasih Allah dinyatakan di tengah-tengah kita, yaitu bahwa Allah telah mengutus Anak-Nya yang tunggal ke dunia, supaya kita hidup oleh-Nya. Inilah kasih itu: Bukan kita yang telah mengasihi Allah, tetapi Allah yang telah mengasihi kita dan yang telah mengutus Anak-Nya sebagai silih bagi dosa-dosa kita.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah
     
Bait Pengantar Injil, do = f, gregorian, PS 959
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 14:23)
Jika seseorang mengasihi Aku, ia akan menaati sabda-Ku. Bapa-Ku akan mengasihi dia, dan Kami akan datang kepadanya.

Inilah Injil Suci menurut Yohanes (15:9-17)
   
"Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya."
    
Dalam amanat perpisahan-Nya Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu. Jikalau kamu menuruti perintah-Ku, kamu akan tinggal di dalam kasih-Ku, seperti Aku menuruti perintah Bapa-Ku dan tinggal di dalam kasih-Nya. Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya sukacita-Ku ada di dalam kamu dan sukacitamu menjadi penuh. Ini perintah-Ku, yaitu supaya kamu saling mengasihi, seperti Aku telah mengasihi kamu. Tidak ada kasih yang lebih besar daripada kasih seorang yang memberikan nyawanya untuk sahabat-sahabatnya. Kamu adalah sahabat-Ku, jikalau kamu berbuat apa yang Kuperintahkan kepadamu. Aku tidak lagi menyebut kamu hamba, sebab hamba tidak tahu apa yang diperbuat oleh tuannya. Tetapi Aku menyebut kamu sahabat, karena Aku telah memberitahukan kepada kamu segala sesuatu yang telah Kudengar dari Bapa-Ku. Bukan kamu yang memilih Aku, tetapi Akulah yang memilih kamu. Dan Aku telah menetapkan kamu, supaya kamu pergi dan menghasilkan buah dan buahmu itu tetap, supaya apa yang kamu minta kepada Bapa dalam nama-Ku diberikan-Nya kepadamu. Inilah perintah-Ku kepadamu: Kasihilah seorang akan yang lain."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)


    
Renungan
 
     
Perbedaan antara manusia dan mesin adalah tidak peduli seberapa banyak kecerdasan buatan (AI), program, dan perangkat penginderaan yang dimiliki mesin atau robot, ia tidak memiliki perasaan seperti manusia. Atau setidaknya belum.

Untuk lebih membedakannya, mesin dan robot lebih mudah diprediksi dan ditangani. Manusia lebih temperamental karena perasaannya.

Misalnya kita pergi ke toko elektronik untuk membeli laptop, kita akan melihat-lihat dan mencoba berbagai model yang dipajang. Model mana pun yang akhirnya kita pilih, tidak akan menunjukkan kegembiraan apa pun, dan model lainnya juga tidak akan menunjukkan kekecewaan. Ini berjalan seperti biasa dan itu cukup bisa diprediksi.

Tidak demikian halnya bagi manusia. Menemukan penerimaan dan menghadapi penolakan akan menghasilkan spektrum emosi dan perasaan.

Hal ini cukup terlihat dalam lamaran kerja. Kalau kita dipanggil wawancara, kita akan merasa senang karena dianggap cocok. Saat kita berangkat wawancara, kita akan merasa tegang dan cemas karena itu akan menjadi ujian bagi keberhargaan kita. Setelah wawancara, hanya dua hal yang bisa terjadi: penerimaan atau penolakan.

Jika kita diterima pada pekerjaan itu, maka kita akan merasa bahagia dan nyaman dengan diri kita sendiri karena nilai kita diakui. Namun jika kita ditolak, kita mungkin akan merasa sedih dan kecewa bahkan mungkin depresi.

Jadi singkatnya, dapat dikatakan bahwa seringkali kebahagiaan kita bergantung pada penerimaan dan pengakuan atas nilai kita. Di sisi lain, kesedihan kita adalah akibat dari perasaan ditolak dan kita menganggap diri kita tidak berguna dan tidak berharga.

Tapi benarkah demikian? Apakah martabat dan harga diri kita bergantung pada cara orang lain memandang kita dan apakah mereka menerima atau menolak kita?

Kabar buruknya adalah kita tidak bisa membuat orang menyukai kita, mencintai kita, memahami kita, menerima kita atau bersikap baik kepada kita. Kabar baiknya adalah hal itu sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah.

Namun lebih dari itu, jika kita hidup demi penerimaan orang lain, maka kita akan mati karena penolakan mereka. Martabat dan nilai kita tidak bergantung pada penilaian orang lain.

Namun kabar baiknya adalah apa yang Yesus katakan kepada kita dalam Injil:  "Seperti Bapa telah mengasihi Aku, demikian juga Aku telah mengasihi kamu; tinggallah di dalam kasih-Ku itu."

Dan kabar baik lainnya adalah Yesus memilih untuk mengasihi kita. Jadi Yesus tidak hanya menerima kita dalam keadaan berdosa yang tidak layak, Dia memilih untuk mengasihi kita dengan kasih yang sama seperti kasih Allah Bapa kepada-Nya.

Yesus memberi tahu kita hal ini agar sukacita kasih-Nya ada di dalam kita dan itu akan melengkapi kasih dan sukacita kita.

Jadi ketika kita menyadari bahwa Yesus memilih untuk mengasihi kita, bahwa kasih Allah diberikan kepada kita secara penuh, dan bahwa kasih-Nya menjadikan sukacita kita lengkap, maka kita akan menyadari siapa diri kita sebenarnya, dan bahwa kita ingin tetap berada dalam kasih Allah.

Maka kita tidak akan hidup dari penerimaan orang lain dan kita tidak akan mati karena penolakan mereka. Kasih Tuhan sudah cukup bagi kita dan kita hanya ingin tetap berada dalam kasih-Nya.

Ada cerita bahwa anak-anak di kelas magang baptis saling memanggil-manggil dan mengolok-olok satu sama lain dan ada pula yang terluka karena semua sebutan itu.

Guru kelas memutuskan untuk menggunakan kesempatan ini untuk mengajar anak-anak tentang siapa mereka dan betapa Yesus mengasihi mereka.

Setelah dia menenangkan kelas, dia mengeluarkan uang kertas dan bertanya, “Siapa yang ingin memiliki uang kertas ini?”

Semua anak mengangkat tangan dan berkata, “Saya mau, saya mau!” Kemudian sang guru meremas catatan itu dan berkata, “Siapa yang ingin memiliki ini sekarang?” Semua anak mengangkat tangan dan berkata, “Saya mau, saya mau!”

Kemudian sang guru melemparkan uang kertas yang kusut itu ke lantai dan menginjaknya, lalu bertanya, “Siapa yang masih ingin memiliki uang kertas ini sekarang?” Semua anak mengangkat tangan dan berkata, “Saya mau, saya mau!”

Lalu gurunya bertanya, “Mengapa? Aku sudah meremasnya, menginjaknya, dan kalian semua masih menginginkannya?” Dan anak-anak menjawab, “Karena ini masih berupa uang kertas”

Dan kemudian gurunya berkata, “Ya, itu masih uang kertas. Kamu telah diajari bahwa setiap orang diciptakan serupa dengan Tuhan dan bahwa Tuhan mengasihi semua orang, dan tidak ada seorang pun yang dapat mengambilnya dari kamu.

Sekalipun orang lain mengolok-olok Anda dan menjelek-jelekkan Anda, Tuhan tetap mengasihi Anda karena Anda diciptakan menurut gambar-Nya.

Dan Anda tidak boleh mengolok-olok orang lain atau menyebut mereka dengan nama buruk karena Tuhan mengasihi mereka dan mereka juga diciptakan menurut gambar Tuhan.”

Anak-anak memahami maksudnya, dan kami juga memahami maksudnya. Ya, Yesus mengasihi kita masing-masing dengan kasih Allah Bapa sehingga sukacita kita bisa utuh.

Kita perlu tetap berada dalam kasih-Nya agar kita dapat menghasilkan buah kasih bagi orang lain untuk menerima kasih Tuhan dan mengenal siapa mereka.

Yesus memilih kita dan Dia mengasihi kita. Marilah kita pada gilirannya menghasilkan buah kasih terhadap orang lain sehingga mereka membuka hati mereka kepada Yesus dan sukacita mereka menjadi lengkap..
(RENUNGAN PAGI) 
 
Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini 

Antifon Komuni (Yoh 14:15-16)

Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku, sabda Tuhan. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, Alleluya.

If you love me, keep my commandments, says the Lord, and I will ask the Father and he will send you another Paraclete, to abide with you for ever, alleluia.

Ego vos elegi de mundo, ut eatis, et fructum afferatis: et fructus vester maneat, alleluia.
 

 

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy