| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

SANTO LOUIS BERTRAND, PENGAKU IMAN

SANTO LOUIS BERTRAND, PENGAKU IMAN

Lahir di Valencia, Spanyol tanggal 1 Januari 1526. Dari garis ayahnya, ia masih keturunan St. Vinsensius Ferrer (Pesta: 5 April), biarawan Dominikan yang terkenal itu. Terdorong niat menjadi seperti St. Vinsensius, Louis masuk ordo Dominikan di Valencia tanggal 26 Agustus 1544. Tiga tahun kemudian (1547), ia ditahbiskan menjadi imam oleh Uskup Agung Valencia, St. Thomas dari Villanova. Lima tahun setelah pentahbisannya, ia ditugaskan sebagai pembimbing para novis selama 30 tahun.

Keunggulan cintanya pada umat mulai tampak tatkala pada tahun 1557 wabah penyakit merajalela di seluruh kota Valencia. Dengan tidak memperhatikan keselamatan dirinya sendiri, Louis merawat semua orang sakit dan menguburkan mereka yang mati karena serangan penyakit ganas itu. Setelah serangan wabah itu berlalu, cintanya ditunjukkan dalam bentuk lain. Ia mulai giat berkhotbah. Khotbahnya sangat menarik dan menyentuh hati umat sampai umat membludak datang untuk mendengarkan khotbahnya.

Pada tahun 1562 Louis berlayar ke Amerika Selatan untuk mewartakan Injil kepada orang-orang Indian di benua baru itu. Mula-mula ia bekerja di Kartagena, sebuah kota di New Granada, Kolumbia. Di sana ia berhasil mempermandikan banyak orang. Orang-orang Negro dan Indian yang telah menjadi Kristen sangat mencintai dia karena dia sendiri sudah lebih dahulu mencintai dan memperhatikan mereka. Pada tahun 1569 ia dipanggil kembali ke Spanyol. Ia diangkat menjadi pemimpin biara di San Onofre, lalu menjadi pembimbing jenderal. Kemudian ia kembali lagi ke Valencia untuk tugasnya yang dulu sebagai pembimbing para novis Dominikan. Dua tahun terakhir hidupnya, ia jatuh sakit berat. Pada tahun 1580 tatkala sedang berkhotbah di Katedral Valencia, ia jatuh tak sadarkan diri dari mimbar. Sejak itu ia tidak bisa bangun lagi dari tempat tidurnya sampai wafat 18 bulan kemudian. Louis Bertrand meninggal pada tanggal 9 Oktober 1581 dalam usia 58 tahun dan dinyatakan 'kudus' oleh Paus Klemens X (1670-1676) pada tahun 1671. Ia diangkat menjadi Santo Pelindung Gereja Katolik Kolumbia. Louis, seorang santo yang dikaruniai kemampuan meramalkan kejadian-kejadian yang akan terjadi dan terkenal karena mukjizat-mukjizat yang menyertai khotbah-khotbahnya.


Diambil dari: RUAH

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy