| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Roh Tuhan akan turun atasmu

Minggu, 18 Desember 2011
Hari Minggu Adven IV/B

ROH KUDUS AKAN TURUN ATASMU

Renungan


Memasuki minggu Adven yang terakhir, suasana meriah penantian sudah semakin terasa, mela
lui pernik-pernik lampu dan hiasan natal yang semarak serta lagu-lagu natal sudah mulai berkumandang dengan merdu. Suasana ceria; damai dan sukacita sudah terasa mengundang selera dan cita rasa disertai pula dengan kesiapan batin melalui permenungan dan pengakuan dosa yang menyatakan kesiapan hati yang mendalam mau bergembira dengan pantas di hadapan Tuhan.

Bacaan minggu ke empat dalam Masa Adven ini mengingatkan kita akan pergulatan dan persiapan hati Bunda Maria, Tuhan Allah yang mempersiapkan hati Bunda Maria melalui beberapa tahapan. Melalui kunjungan malaikat, sapaan malaikat, melalui pengalaman iman dalam hati, salam dari malaikat, terkejut dan ragu. Apakah benar suara dalam hati dan telinganya yang menyatakan dirinya sebagai yang dikaruniai, dan disertai Tuhan. Dan apakah makna dari ungkapan dan salam seperti itu. Bunda Maria ragu, cemas, dan ada pula perasaan takut.

Tuhan meneguhkan agar Maria tidak takut jangan takut hai Maria; sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah” Bunda Maria semakin bingung dan tak mengerti apa lagi dikatakan “engkau akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, padahal dirinya belum bersuami” mengandung tanpa suami berarti akan dirajam, dibunuh karena dianggap sebagai pezinah, apa lagi tidak jelas untuk dibuktikan siapa yang menghamili. Maka perasaan takut itu semakin bertambah, meski sudah didiskripsikan prosesnya, tetapi bagi Maria proses itu tidak dapat masuk di akalnya, maka pertanyaan diajukan dalam suatu penegasan rohani “bagaimana hal itu mungkin terjadi?.

Roh Kudus sebagai penentu pengalaman iman, Malaikat berkata “ Roh Kudus akan turun atasmu; dan kuasa Allah yang maha tinggi akan menyertai engkau” kalau sudah kuasa Allah dan kuasa Roh Kudus yang berkarya siapa yang sanggup untuk melawannya. Dalam penegasan jawaban Malaikat membuat Bunda Maria terhenyak dan termenung, merasa tidak akan mungkin melawan kuasa Allah dan kuasa Roh Kudus, terlontarlah suatu jawaban yang mengejutkan “ Aku ini hamba Tuhan, jadilah padaku menurut perkataanmu itu” .

Pola proses pengalaman iman Bunda Maria ini bisa menjadi pola proses dalam diri kita semua untuk melihat bagaimana campur tangan Allah dalam perjalanan hidup kita sampai kita mampu melihat ke dalam setiap peristiwa itu, kuasa Allah dan kuasa Roh Kudus menjadi penentu dalam setiap kita mengambil keputusan baik dalam persoalan biasa maupun persoalan yang sangat besar. Betapa sering kita menghadapi persoalan hidup yang kadang terasa penat lelah, tak berdaya dan tak ada titik terang. Terasa seperti Tuhan bungkam, tak mendengar, tak peduli dengan teriakan yang sudah kita sampaikan.

Apakah kita juga berani berkeyakinan bahwa Tuhan atau kuasa Allah yang maha tinggi menaungi kita, beranikah kita meyakini bahwa dalam situasi yang membuat kita hampir stres itu Roh Kudus turun dan hadir menyertai kita? Beranikah kita berucap dengan penuh keyakinan Aku ini hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkataanmu itu.

Dalam persiapan hati kita untuk menyongsong Bayi mungil yang tak berdaya itu, yakinkah kita bahwa kekuatan dan kuasa Allah sungguh menjadi nyata? Membuat yang lemah dikuatkan, yang dalam kegelapan melihat terang yang sedang datang dan bercahaya seperti rembang di waktu pagi yang memberikan harapan akan hari yang cerah dan membahagiakan serta memberi spirit untuk bekerja dengan segenap hati? Inilah salah satu inti dari pertobatan menemukan titik terang kehidupan yang memberi semangat dan kekuatan untuk berjuang.

Selamat merenungkan


Pastor Antonius Sumardi, SCJ

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy