Senin, 06 Januari 2014 Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan

Senin, 06 Januari 2014
Hari Biasa Sesudah Penampakan Tuhan
 
Dengan dibaptis kaum beriman dimasukkan ke dalam tubuh Gereja --- Lumen Gentium, 11
 
Antifon Pembuka
 
Hari mulia menyinari kita. Marilah menyembah Tuhan, hai segala bangsa. Hari ini cahaya cemerlang turun ke bumi.

Doa Pagi

Bapa kami yang ada di surga, mampukanlah kami untuk saling mengasihi sebagaimana diajarkan oleh Putra-Mu. Sudilah Engkau menjauhkan kami dari roh yang menyesatkan. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.

Bacaan dari Surat Pertama Rasul Yohanes (1Yoh 3:22-4:6)
  
"Ujilah roh-roh, apakah mereka berasal dari Allah."
   
Saudara-saudaraku terkasih, apa saja yang kita minta dari Allah, kita peroleh dari pada-Nya, karena kita menuruti segala perintah-Nya dan berbuat apa yang berkenan kepada-Nya. Dan inilah perintah-Nya itu: supaya kita percaya akan nama Yesus Kristus, Anak-Nya, dan supaya kita saling mengasihi sesuai dengan perintah yang diberikan Kristus kepada kita. Barangsiapa menuruti segala perintah-Nya, ia diam di dalam Allah dan Allah di dalam dia. Dan beginilah kita ketahui bahwa Allah ada di dalam kita, yaitu dalam Roh yang telah Ia karuniakan kepada kita. Saudara-saudaraku terkasih, janganlah setiap roh kamu percayai, tetapi ujilah roh-roh itu, apakah mereka berasal dari Allah. Sebab banyak nabi palsu telah muncul dan pergi ke seluruh dunia. Beginilah kita mengenal Roh Allah: Setiap roh yang mengaku bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia, berasal dari Allah, tetapi setiap roh yang tidak mengakui Yesus, tidak berasal dari Allah. Roh ini adalah roh antikristus, dan tentang dia telah kamu dengar bahwa ia akan datang, bahkan sekarang ini sudah ada di dalam dunia. Kamu berasal dari Allah, anak-anakku, dan kamu telah mengalahkan nabi-nabi palsu itu, sebab Roh yang ada di dalam kamu lebih besar daripada roh yang ada di dalam dunia. Mereka itu berasal dari dunia; sebab itu mereka berbicara tentang hal-hal duniawi, dan dunia mendengarkan mereka. Kamu berasal dari Allah! Barangsiapa berasal dari Allah, ia mendengarkan kami. Barangsiapa tidak berasal dari Allah, ia tidak mendengarkan kami. Itulah tandanya Roh Kebenaran dan roh yang menyesatkan.
Demikianlah sabda Tuhan.
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan
Ref. Bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu.
Ayat. (Mzm 2:7-8.10-11)
1. Aku akan menceritakan tentang ketetapan Tuhan: Ia berkata kepadaku, Anak-Kulah engkau! Pada hari ini engkau telah Kuperanakkan. Mintalah kepada-Ku, maka bangsa-bangsa akan Kuberikan kepadamu menjadi milik pusakamu, dan ujung bumi menjadi kepunyaanmu.
2. Oleh sebab itu, hai raja-raja, bertindaklah bijaksana, terimalah pengajaran, hai para hakim dunia! Beribadahlah kepada Tuhan dengan takwa, dan ciumlah kaki-Nya dengan gemetar.

Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya, alleluya
Ayat. (Mat 9:35b)
Yesus memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan

Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (4:12-17.23-25)
  
"Kerajaan Surga sudah dekat"
  
Ketika mendengar bahwa Yohanes Pembaptis ditangkap, Yesus menyingkir ke Galilea. Ia meninggalkan Nazaret dan diam di Kapernaum, di tepi danau, di daerah Zebulon dan Naftali, supaya genaplah firman yang disampaikan oleh Nabi Yesaya: Tanah Zebulon dan tanah Naftali, jalan ke laut, daerah seberang Sungai Yordan, Galilea, wilayah bangsa-bangsa lain; bangsa yang diam dalam kegelapan telah melihat Terang yang besar, dan bagi mereka yang diam di negeri yang dinaungi maut telah terbit Terang. Sejak waktu itu Yesus memberitakan, "Bertobatlah, sebab Kerajaan Surga sudah dekat!" Yesus pun berkeliling di seluruh Galilea; Ia mengajar dalam rumah-rumah ibadat dan memberitakan Injil Kerajaan Allah serta melenyapkan segala penyakit dan kelemahan di antara bangsa itu. Maka tersiarlah berita tentang Dia di seluruh Siria, dan dibawalah kepada-Nya semua orang yang buruk keadaannya, yang menderita pelbagai penyakit dan sengsara, yang kerasukan, yang sakit ayan dan lumpuh, lalu Yesus menyembuhkan mereka. Maka orang banyak berbondong-bondong mengikuti Dia. Mereka datang dari Galilea dan dari Dekapolis, dari Yerusalem, dari Yudea dan dari seberang Yordan.
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.

Renungan


Awal tahun adalah saat yang tepat untuk berbenah diri. Banyak orang yang biasanya memulai tahun baru dengan semangat baru. Ada resolusi dan komitmen baru yang mulai diperjuangkan. Ada mimpi-mimpi atau harapan-harapan baru yang hendak diwujudkan.

Firman Tuhan hari ini mengisahkan bagaimana Yesus mulai tampil di Galilea. Injil mengisahkan bagaimana Yesus mulai mewartakan pertobatan karena Kerajaan Surga sudah dekat. Kemudian warta pertobatan itu dilanjutkan dengan mukjizat penyembuhan, di mana Yesus menyembuhkan segala penyakit dan kelemahan. Orang kerasukan, ayan dan lumpuh dibawa kepada-Nya dan disembuhkan. Kabar sukacita yang diwartakan disertai dengan mukjikzat-mukjizat penyembuhan. Yesus datang membawa kabar sukacita dan kesembuhan.

Masih di awal tahun baru 2014, kita diajak oleh Injil hari ini untuk menata kehidupan kita. Bertobat adalah panggilan yang diserukan bagi kita. Datang kepada Yesus dengan membawa kelemahan, kerapuhan dan segala penyakit, itulah yang diharapkan dari kita. Karena itu, marilah di awal tahun baru ini, dengan kerendahan hati kita bawa segala dosa, kelemahan dan penyakit kita. Kita biarkan Yesus menyembuhkan kita sehingga kita dimampukan untuk menatap dan menata tahun ini menjadi lebih baik. Dalam harapan dan optimisme kita melangkah bersama Tuhan. Kita mengikuti Dia, mendengarkan sabda dan nasehat-Nya, agar di tahun baru ini, kita dimampukan untuk menghasilkan buah yang lebih berlimpah untuk sesama dan untuk kemuliaan Tuhan.

Contemplatio: Dalam keheningan batin, hadirkan gambar Yesus di hadapan anda. Datangkan kepada Yesus dengan membawa luka, kelumpuhan dan kelemahan anda. Bertobatlah, biarkanlah rahmat Allah tercurah dalam hati dan budi anda.

Oratio: Tuhan Yesus, di awal tahun ini aku datang bersimpuh di hadirat-Mu. Kuserahkan segala harapan dan niat-niat baikku yang akan kumulai di tahun baru ini. Biarkan Roh Kekuatan-Mu sendiri yang senantiasa berkobar dalam diriku. Amin.

Missio: Hari ini aku akan pergi menghadap Tuhan dalam Ekaristi untuk mempersembahkan segala niat dan usahaku di tahun yang baru ini.

Renungan Harian Mutiara Iman 2014 / Yayasan Pustaka Nusatama

Selamat Natal

Kobus: Tentang Persembahan





silahkan klik gambar untuk memperbesar





Kobus: Tentang Bersunat





silahkan klik gambar untuk memperbesar