Berpeganglah pada ketetapan dan perintah-Nya yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, supaya baik keadaanmu dan keadaan anak-anakmu yang kemudian, dan supaya lanjut umurmu di tanah yang diberikan TUHAN, Allahmu, kepadamu untuk selamanya." (Ulangan 4:40)
Syalom aleikhem. Sejak semula didirikan oleh-Nya, Gereja Kristus itu satu. Kesatuan itu dikehendaki Sang Kristus. Lagipula, Roh Kudus adalah roh pemersatu, bukan roh pemecah belah. Namun, karena satu dan lain sebab, dalam perjalanan sejarahnya Gereja yang satu itu retak lalu terpecah-pecah. Kenyataannya, dewasa ini orang-orang tergabung dalam “gereja” atau “persekutuan gerejawi” yang berbeda-beda.
Ajaran iman yang dalam gereja A bisa berbeda dengan ajaran iman dalam gereja yang lain, demikian juga perihal pengakuan akan kepemimpinan Pengganti Rasul Petrus, yaitu Sri Paus. Ada yang mengakui Sri Paus, ada yang tidak, bahkan ada yang menilai itu bukan perkara penting. Mengenai ajaran iman, contohnya, ada yang percaya kehadiran nyata Kristus dalam roti perjamuan, ada yang percaya simbolis, ada lagi yang tak percaya. Beda-beda.
Meski beda-beda, pada umumnya semuanya sama-sama dibaptis, artinya menjadi Kristen, meski cara pembaptisan dan rumusannya berbeda-beda pula. Namun, jelas bahwa semuanya dibaptis dan karena itu menjadi murid Kristus. Semuanya juga mengakui Alkitab sebagai tolok ukur iman dan kehidupan meski jumlah kitab di dalamnya bisa beda-beda juga. Dengan dibaptis, semuanya terhubung dengan Sang Kristus.
Melihat kenyataan itu, Gereja Katolik mengajarkan apa? Dalam ajaran yang dituangkan dalam dokumen hasil Konsili Vatikan II yang bernama Unitatis Redintegratio, Gereja Katolik menyatakan bahwa “siapa yang beriman kepada Kristus dan dibaptis dengan sah berada dalam suatu persekutuan dengan Gereja Katolik walaupun persekutuan itu tidak sempurna” (cf. UR no. 3).
Itulah ajaran Gereja Katolik mengenai orang-orang Kristen non-Katolik. Tolok ukurnya adalah iman kepada Kristus dan baptisan yang sah. Ketika orang beriman kepada Kristus lalu ia dibaptis, orang itu menjadi “semacam anggota” Gereja Katolik meski dalam keanggotaan yang tidak sempurna. Tak mudah membayangkan ini, tapi begitulah ajaran Gereja Katolik.
Contohnya, seseorang yang dibaptis secara protestan sesungguhnya adalah “semacam anggota Gereja Katolik” dalam keanggotaan yang tidak sempurna. Semacam keanggotaan itu “didapat” karena iman akan Kristus dan baptisan yang diterima orang itu. Jadi, orang protestan pun “anggota Gereja Katolik”? Tepatnya: semacam anggota, keanggotaan yang tidak sempurna. Entah bagaimana itu dibayangkan, demikianlah Gereja Katolik mengajarkan.
Katekismus punya catatan khusus untuk Gereja-Gereja Ortodox. Persekutuan Gereja Katolik dengan Gereja-Gereja Ortodox begitu mendalam, dan Ortodox hanya kekurangan sedikit saja untuk sampai pada persekutuan penuh.
Apa artinya “begitu mendalam”? Dengan simplifikasi, boleh disebut bahwa dalam segala hal, secara khusus: pengakuan iman dan sakramen-sakramen, Ortodox itu sama dengan Katolik. “Kekurangan sedikit” yang dimaksud adalah pengakuan akan kepemimpinan Paus Roma. Bedanya Ortodox dan Katolik saat ini “hanyalah” pada pengakuan akan kepemimpinan Paus Roma saja.
** Uraian atas Katekismus Gereja Katolik (KGK) No. 838
“Sebelum diberkati dengan sabda surgawi, namanya roti. Tetapi setelah
konsekrasi roti itu merupakan Tubuh Kristus” (St. Ambrosius)
Antifon Pembuka (Mzm 136:1)
Bersyukurlah kepada Tuhan sebab Ia baik! Kekal abadi kasih setia-Nya.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahakuasa, kedamaian sudah semakin mendekat bila kami tidak
memetahkan gelagah yang terkulai ataupun tidak memadamkan sumbu yang
berkedip-kedip. Semoga kebaikan-Mu dan kasih setia-mu semakin berkembang
dengan subur di dunia ini. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu,
Tuhan kami, yang bersama Dikau, dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan
berkuasa kini dan sepanjang masa. Amin.
Orang-orang Israel dengan perbekalan yang telah mereka persiapkan,
bergerak meninggalkan Mesir. Allah pun ada bersama-sama mereka untuk
menjaga dan melindungi perjalanan mereka.
Bacaan dari Kitab Keluaran (12:37-42)
"Malam itulah Tuhan membawa umat Israel keluar dari tanah Mesir."
Pada waktu itu berangkatlah orang-orang Israel dari Raamses ke Sukot.
Mereka berjumlah kira-kira 600.000 orang laki-laki berjalan kaki tidak
termasuk anak-anak. Juga banyak orang dari berbagai bangsa turut dengan
mereka, lagi sangat banyak kambing domba dan lembu sapi. Adonan yang
dibawa mereka dari Mesir dibakar menjadi roti bundar tak beragi. Adonan
itu tidak beragi karena mereka diusir dari Mesir, sehingga tak dapat
berlambat-lambat, dan mereka tidak menyediakan bekal bagi dirinya. Orang
Israel tinggal di Mesir selama empat ratus tiga puluh tahun. Sesudah
lewat empat ratus tiga puluh tahun, tepat pada hari itu juga, keluarlah
segala pasukan Tuhan dari tanah Mesir. Malam itulah malam berjaga-jaga
bagi Tuhan untuk membawa mereka keluar dari tanah Mesir. Dan itu pun
malam berjaga-jaga bagi semua orang Israel turun temurun untuk kemuliaan
Tuhan.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Kekal abadi kasih setia-Nya
Ayat. (Mzm 136:1.10-12.13-15)
* Bersyukurlah kepada Tuhan, sebab Ia baik!
R : Kekal abadi kasih setia-Nya.
* Dia mengingat kita dalam kerendahan kita.
R
* Dia membebaskan kita dari para lawan kita.
R
* Kepada Dia yang memukul mati anak-anak sulung Mesir.
R
* Dan membawa Israel keluar dari tengah-tengah mereka..
R
* Dengan tangan yang kuat dan dengan lengan yang perkasa!
R
* Kepada Dia yang membelah Laut Teberau menjadi dua belahan.
R
* Dan menyeberangkan Israel di tengah-tengahnya.
R
* Dan mencampakkan Firaun dengan tentaranya ke Laut Teberau!
R
Bait Pengantar Injil do = f, 4/4, kanon, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (2Kor 5:19)
Allah mendamaikan dunia dengan diri-Nya dalam diri Kristus dan mempercayakan warta perdamaian kepada kita.
Penyembuhan-penyembuhan yang dikerjakan Yesus menjadi tanda besar
keilahian-Nya. Cara-Nya mengerjakan penyembuhan-penyembuhan menjadi
penggenapan pesan Nabi Yesaya karena Yesus penuh Roh Kudus dan melayani
setiap orang yang membutuhkan dengan kelembutan kasih.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (12:14-21)
"Dengan keras Yesus melarang mereka memberitahukan siapa Dia, supaya genaplah sabda yang telah disampaikan."
Sekali peristiwa orang-orang Farisi bersekongkol untuk membunuh Yesus.
Tetapi Yesus tahu maksud mereka, lalu menyingkir dari sana. Banyak orang
mengikuti Dia, dan Ia menyembuhkan mereka semua. Dengan keras Ia
melarang mereka memberitahukan siapa Dia, supaya genaplah sabda yang
telah disampaikan oleh Nabi Yesaya. “Lihatlah, itu hamba-Ku yang
Kupilih, yang Kukasihi, yang kepada-Nya jiwa-Ku berkenan. Roh-Ku akan
Kucurahkan atas Dia, dan Ia akan memaklumkan hukum kepada sekalian
bangsa. Ia tidak akan berbantah dan tidak akan berteriak, suara-Nya
tidak terdengar di jalan-jalan. Buluh yang patah terkulai tidak akan
diputuskan-Nya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkan-Nya,
sampai Ia menjadikan hukum itu menang. Kepada-Nyalah semua bangsa akan
berharap.”
Berbahagialah orang yang mendengarkan sabda Tuhan dan tekun melaksanakannya
U. Sabda-Mu adalah jalan, kebenaran, dan hidup kami.
Renungan
Yesus, Hamba Allah, menyadari sepenuhnya perlawanan yang semakin gencar
terhadap diri-Nya. Tetapi Ia tetap berlaku sederhana dan lembut dalam
menghadapi musuh. Ia tidak suka kekerasan untuk melawan orang Farisi. Ia
tidak mau mewahyukan diri-Nya secara terbuka. Ia tidak mau mengeluh dan
berteriak. Inilah Dia, sang Hamba Allah. Apakah kita rela mengikuti
Hamba Allah yang lembut ini? Apakah kita juga mau berjuang tanpa
kekerasan?
Doa Malam
Allah Bapa Mahabaik, kami bersyukur telah menerima rezeki untuk bekal
dalam perjalanan kami. Semoga Sabda Putra-Mu menjadi rezeki pula bagi
semua orang di dunia dan semoga lalu menumbuhkan harapan dalam hati.
Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami. Amin.
Syalom aleikhem. Mrk. 4:30 Kata-Nya lagi: “Dengan apa hendak kita membandingkan Kerajaan Allah itu, atau dengan perumpamaan manakah hendaknya kita menggambarkannya? Et dicebat: “ Quomodo assimilabimus regnum Dei aut in qua parabola ponemus illud?
Sepintas kalimat ayat ini pertanyaan, namun bukan. Ini pertanyaan retoris, tak butuh jawaban. Bagian ini awal yang baru, pemaparan perumpamaan yang lain lagi oleh Tuhan Yesus. Kalau diparafrasakan, jadilah: “Aku akan menceritakan perumpamaan lain mengenai Kerajaan Allah.”
Mrk. 4:31 Hal Kerajaan itu seumpama biji sesawi yang ditaburkan di tanah. Memang biji itu yang paling kecil dari pada segala jenis benih yang ada di bumi. Sicut granum sinapis, quod cum seminatum fuerit in terra, minus est omnibus seminibus, quae sunt in terra;
Kata yang diterjemahkan “sesawi” adalah istilah untuk menyebut sejenis tanaman yang dapat tumbuh tinggi hingga 3-5 meter di Israel-Palestina sana. Jadi, pohonnya bisa tinggi. Namun, bijinya begitu kecil, kira-kira seukuran biji bayam, lebih kecil daripada chia seed.
Mrk. 4:32 Tetapi apabila ia ditaburkan, ia tumbuh dan menjadi lebih besar dari pada segala sayuran yang lain dan mengeluarkan cabang-cabang yang besar, sehingga burung-burung di udara dapat bersarang dalam naungannya.” et cum seminatum fuerit, ascendit et fit maius omnibus holeribus et facit ramos magnos, ita ut possint sub umbra eius aves caeli habitare ”.
Terjemahan “sayuran” di sini bisa mengecoh. Latinnya “holeribus”, Yunaninya “lakhanon”. Ini bukan sayur-mayur seperti yang kita kenal, bukan itu maksudnya. Mungkin lebih tepat diterjemahkan “tumbuhan taman”, jadi bukan tanaman yang terlampau besar dan menahun, tapi juga bukan tanaman kecil serupa semak.
Kata “sayuran” dalam terjemahan ini memang bisa membingungkan pembaca. Di satu sisi ada fakta bahwa sesawi yang dimaksud adalah pohon setinggi 3-5 meter, di sisi lain kok itu jenis sayuran. Semoga penjelasan di atas mendudukkan perkara dengan baik. Clear sudah!
Mrk. 4:33-34 Dalam banyak perumpamaan yang semacam itu Ia memberitakan firman kepada mereka sesuai dengan pengertian mereka, dan tanpa perumpamaan Ia tidak berkata-kata kepada mereka, tetapi kepada murid-murid-Nya Ia menguraikan segala sesuatu secara tersendiri. Et talibus multis parabolis loquebatur eis verbum, prout poterant audire; sine parabola autem non loquebatur eis. Seorsum autem discipulis suis disserebat omnia.
Frasa “sesuai dengan pengertian mereka” artinya ‘menurut kemampuan rata-rata orang memahami’. “Mereka” yang dimaksud di sini adalah orang banyak, bukan para murid-Nya, sebab untuk para murid dikatakan bahwa ada uraian tersendiri. Memang begitu biasanya Tuhan mengajar: untuk orang banyak ada ajaran yang lebih umum, untuk para murid ada ajaran yang lebih khusus disertai penjelasan lebih dalam. Perhatikan bahwa dalam beberapa kesempatan Tuhan mengajar para murid (Para Rasul) secara terpisah.
Tuhan sedang mengetuk pintu hati kita. Apakah kita menaruh tanda pada pintu hati kita: 'Jangan ganggu aku?'" (Paus Fransiskus)
Antifon Pembuka (Mzm 115:17-18)
Aku mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu sambil menyerukan nama
Tuhan. Aku akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh umat-Nya.
Doa Pembuka
Allah Bapa Yang Mahabaik, sebagai bekal dalam perjalanan Engkau telah
memberi kami rezeki, yaitu Yesus, Anak Domba Paskah baru. Semoga Engkau
berkenan datang dan mencipta baru kami pada waktu kami berkumpul memuji
nama-Mu. Dengan pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang
bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa,
Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Keluaran (11:10-12:14)
"Hendaklah kalian menyembelih anak domba pada waktu senja. Apabila Aku melihat darah, maka Aku akan melewati kalian!"
Musa dan Harun telah melakukan segala mukjizat di depan Firaun. Tetapi
Tuhan mengeraskan hati Firaun, sehingga ia tidak membiarkan orang Israel
pergi dari negeri Mesir. Maka bersabdalah Tuhan kepada Musa dan Harun
di tanah Mesir, “Bulan ini akan menjadi permulaan segala bulan bagimu,
bulan yang pertama bagimu tiap-tiap tahun. Katakanlah kepada segenap
jemaat Israel, ‘Pada tanggal sepuluh bulan ini hendaklah diambil seekor
anak domba oleh masing-masing menurut kaum keluarga, seekor untuk
tiap-tiap rumah tangga. Tetapi jika rumah tangga itu terlalu kecil
jumlahnya untuk menghabiskan seekor anak domba, maka hendaklah ia
bersama dengan tetangga yang terdekat mengambil seekor menurut jumlah
jiwa; tentang anak domba itu kamu buatlah perkiraan menurut keperluan
tiap-tiap orang. Anak domba itu harus jantan, tidak bercela dan berumur
setahun, boleh domba, boleh kambing. Anak domba itu harus kalian kurung
sampai tanggal empat belas bulan ini. Lalu seluruh jemaat Israel yang
berkumpul harus menyembelihnya pada senja hari. Dan darahnya harus
diambil sedikit dan dioleskan pada kedua tiang pintu dan pada ambang
atas rumah tempat orang makan anak domba itu. Pada malam itu juga mereka
harus makan dagingnya yang dipanggang; daging panggang itu harus mereka
makan dengan roti tak beragi dan sayuran pahit. Janganlah kalian
memakannya mentah atau direbus dalam air; tetapi hanya dipanggang di
api, lengkap dengan kepala, betis dan isi perutnya. Janganlah kalian
tinggalkan apa-apa dari daging itu sampai pagi. Apa yang tinggal sampai
pagi harus dibakar habis dalam api. Beginilah kalian memakannya:
pinggang berikat, kaki berkasut dan tongkat ada di tanganmu. Hendaknya
kalian memakannya cepat-cepat. Itulah Paskah bagi Tuhan. Sebab pada
malam ini Aku akan menjelajahi negeri Mesir, membunuh semua anak sulung,
baik anak sulung manusia, maupun anak sulung hewan, dan semua dewata
Mesir akan Kujatuhi hukuman. Akulah, Tuhan. Adapun darah domba tersebut
menjadi tanda bagimu pada rumah-rumah tempat kalian tinggal. Apabila Aku
melihat darah itu, Aku akan melewati kalian. Jadi tidak akan ada tulah
kemusnahan di tengah kalian pada saat Aku menghukum negeri Mesir. Hari
itu harus menjadi hari peringatan bagimu dan harus kamu rayakan sebagai
hari raya bagi Tuhan turun-temurun. Hari itu harus kalian rayakan
sebagai suatu ketetapan untuk selama-lamanya.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Aku akan mengangkat piala keselamatan dan menyerukan nama Tuhan.
Ayat. (Mzm 116:12-13.15-16bc.17-18)
1. Bagaimana akan kubalas kepada Tuhan segala kebaikan-Nya kepadaku? Aku
akan mengangkat piala keselamatan, dan akan menyerukan nama Tuhan.
2. Sungguh berhargalah di mata Tuhan kematian semua orang yang
dikasihi-Nya. Ya Tuhan, aku hamba-Mu! Aku hamba-Mu, anak dari sahaya-Mu!
Engkau telah melepaskan belengguku!
3. Aku akan mempersembahkan kurban syukur kepada-Mu dan akan menyerukan
nama Tuhan; aku akan membayar nazarku kepada Tuhan di depan seluruh
umat-Nya. Bait Pengantar Injil, do = g, 2/4, PS 952
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Sesudah ayat, Alleluya dilagukan dua kali.
Ayat. (Yoh 10:27)
Domba-domba-Ku mendengar suara-Ku, sabda Tuhan; Aku mengenal mereka dan mereka mengenal Aku.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (12:1-8)
"Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat."
Pada suatu hari Sabat, Yesus dan murid-murid-Nya berjalan di lading
gandum. Karena lapar murid-murid-Nya memetik bulir gandum dan
memakannya. Melihat itu, berkatalah orang-orang Farisi kepada Yesus,
“Lihatlah, murid-murid-Mu berbuat sesuatu yang tidak diperbolehkan pada
hari Sabat.” Tetapi Yesus menjawab, “Tidakkah kalian baca apa yang
dilakukan Daud, ketika ia dan para pengikutnya lapar? Ia masuk ke dalam
bait Allah, dan mereka semua makan roti sajian yang tidak boleh dimakan
kecuali oleh imam-imam. Atau tidakkah kalian baca dalam Kitab Taurat,
bahwa pada hari-hari Sabat, imam-imam melanggar hukum Sabat di dalam
bait Allah, namun tidak bersalah? Aku berkata kepadamu: Di sini ada yang
melebihi bait Allah. Seandainya kalian memahami maksud sabda ini, ‘Yang
kukehendaki ialah belas kasihan dan bukan persembahan’, tentu kalian
tidak akan menghukum orang yang tidak bersalah. Sebab Anak Manusia
adalah Tuhan atas hari Sabat.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Hukum
Tuhan seperti Sabat itu dibuat untuk manusia. Adapun tujuannya adalah
mengangkat manusia menjadi menjadi lebih ilahi. Dalam Injil hari ini
Yesus menegaskan sisi lain yang mesti kita perhatikan: belas kasih.
Disiplin dan taat peraturan itu baik. Tetapi, kalau demi peraturan kita
menyakiti hati orang, ini menjadi tidak baik. Apalagi kalau kita
mengorbankan orang demi peraturan yang tidak sangat penting. Aneka tata
tertib atau aturan tertulis dibuat dan diberlakukan demi dan untuk
kasih, dengan kata lain yang utama adalah belas kasih bukan tata tertib
atau aturan. Memang jika orang merasa masih berat atau sulit menaati dan
melaksanakan tata tertib atau aturan dengan setia, pada umumnya yang
bersangkutan juga buta atau tidak tahu belas kasih.
Ketika kita tidak merasa sulit dan
berat dalam pelaksanaan aturan atau tata tertib, maka kita akan berani
mengambil kebijakan dalam situasi yang memang tak mungkin diselesaikan
hanya berdasarkan aturan atau tata tertib, tetapi hanya dengan belas
kasih. Maksud semula aturan Sabat adalah untuk mengambil ‘jeda waktu
kosong’ dari kerja, untuk beribadat kepada Allah. Ibadat yang baik
selalu mengalir kepada tindakan nyata. Mengatasi kelaparan adalah
tindakan ibadat yang nyata. Itu juga bentuk penghayatan Sabat. [RENUNGAN PAGI]
Antifon Komuni (Mzm 116:12-13)
Bagaimana akan kubalas segala kebaikan Tuhan kepadaku? Aku mengangkat
piala untuk merayakan keselamatan sambil menyerukan nama Tuhan.
"Tuhan membuat umat-Nya sangat subur, dan menjadikannya lebih kuat daripada para lawannya." (Mzm 105:24)
Antifon Pembuka (Mat 11:29)
Terimalah beban-Ku dan belajarlah dari pada-Ku, sebab Aku lembut dan rendah hati; maka hatimu akan tenang.
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahaluhur, bagaimana kami dapat menyapa nama-Mu, andaikata
Yesus Putra-Mu tidak membicarakan Dikau? Kami mohon, berilah kami
semangat-Nya, agar dalam sengsara dan sakit, dalam suka dan duka, kami
selalu ingat bahwa Engkau mendampingi kami. Dengan pengantaraan Yesus
Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan Dikau dalam persatuan
Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa. Amin. Allah
meneguhkan perutusan Musa untuk membebaskan orang-orang Israel. Allah
sendiri akan menyertai dan membimbing perjalanan Israel menuju tanah
terjanji.
Bacaan dari Kitab Keluaran (3:13-20)
"'Sang 'Aku' telah mengutus aku kepadamu."
Waktu Musa mendengar sabda Tuhan dari tengah semak duri bernyala,
berkatalah ia kepada Allah, “Apabila aku menemui orang Israel, dan
berkata kepada mereka, ‘Allah nenek moyangmu telah mengutus aku
kepadamu’ dan mereka berkata, ‘Siapakah nama-Nya?’ Apa yang harus
kukatakan kepada mereka?” Sabda Tuhan kepada Musa, “Aku adalah ‘Sang
Aku’. Lalu dilanjutkan, “Katakanlah begini kepada orang Israel, ‘Sang
Aku’ telah mengutus aku kepadamu.” Sabda Allah pula kepada Musa,
“Katakanlah ini kepada orang Israel, ‘Tuhan, Allah nenek nenek moyangmu,
Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub, telah mengutus aku
kepadamu’, itulah nama-Ku untuk selamanya dan itulah sebutan-Ku
turun-temurun. Pergilah, kumpulkanlah para tua-tua Israel, dan
katakanlah kepada mereka, ‘Tuhan, Allah nenek moyangmu, Allah Abraham,
Allah Ishak, Allah Yakub, telah menampakkan diri kepadaku, serta
bersabda, Aku sudah mengindahkan kalian, dan juga apa yang dilakukan di
Mesir terhadapmu. Maka Aku telah bersabda, Aku akan menuntun kalian
keluar dari kesengsaraan di Mesir menuju negeri orang Kanaan, orang Het,
orang Amori, orang Feris, orang Hewi dan orang Yebus, ke suatu negeri
yang berlimpah-limpah susu dan madunya’. Setelah mereka mendengarkan
perkataanmu, maka engkau bersama para tua-tua Israel harus menghadap
raja Mesir. Kalian harus berkata kepadanya, ‘Tuhan, Allah orang Ibrani,
telah menemui kami. Oleh sebab itu izinkanlah kiranya kami pergi ke
padang gurun tiga hari perjalanan jauhnya untuk mempersembahkan korban
kepada Tuhan, Allah kami.’ Tetapi Aku tahu, bahwa raja Mesir tidak akan
membiarkan kalian pergi, kecuali dipaksa oleh tangan yang kuat. Maka Aku
akan mengacungkan tangan-Ku dan memukul Mesir dengan segala perbuatan
yang ajaib, yang akan Kulakukan di tengah-tengahnya. Sesudah itu raja
Mesir akan membiarkan kalian pergi.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan
Ref. Tuhan selamanya ingat akan perjanjian-Nya.
Ayat. (Mzm 105:1.5.8-9.24-25.26-27)
1. Bersyukurlah kepada Tuhan, serukanlah nama-Nya, maklumkanlah
perbuatan-Nya di antara bangsa-bangsa. Bernyanyilah bagi Tuhan,
bermazmurlah bagi-Nya, percakapkanlah segala perbuatan-Nya yang ajaib!
2. Selama-lamanya Ia ingat akan perjanjian-Nya, akan firman yang
diperintahkan-Nya kepada seribu angkatan, akan perjanjian yang
diikat-Nya dengan Abraham, dan akan sumpah-Nya kepada Ishak.
3. Tuhan membuat umat-Nya sangat subur, dan menjadikannya lebih kuat
daripada lawan-lawannya; Diubah-Nya hati mereka untuk membenci umat-Nya,
untuk memperdayakan hamba-hamba-Nya.
4. Maka Tuhan mengutus Musa, hamba-Nya, dan Harun yang telah
dipilih-Nya; mereka mengerjakan tanda-tanda-Nya di tengah para lawan,
dan mukjizat-mukjizat-Nya di tanah Ham. Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 11:28)
Datanglah kepada-Ku, kalian yang letih dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan kepadamu. Yesus menjanjikan pembebasan yang melegakan dan menenangkan. Kita pun diundang untuk masuk dalam pemenuhan janji tersebut.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (11:28-30)
"Aku ini lemah lembut dan rendah hati."
Sekali peristiwa bersabdalah Yesus, “Datanglah kepada-Ku, kalian semua
yang letih lesu dan berbeban berat. Aku akan memberikan kelegaan
kepadamu. Pikullah kuk yang Kupasang dan belajarlah pada-Ku, sebab Aku
ini lemah lembut dan rendah hati. Maka hatimu akan mendapat ketenangan.
Sebab enaklah kuk yang Kupasang, dan ringanlah beban-Ku.”
Inilah Injil Tuhan kita!
U. Sabda-Mu sungguh mengagumkan!
Renungan Yesus menawarkan
keselamatan kepada manusia. Oleh karena dosa-dosanya, manusia senantiasa
hidup dalam derita dan sengsara. Yesus justru hadir di dunia untuk
melepaskan manusia dari belenggu derita dan sengsara itu. Jika manusia
bersandar pada Yesus, maka dipastikan dia akan menerima rahmat-Nya yang
berlimpah. Barangsiapa senantiasa terbuka pada Yesus pasti dia akan
mendapatkan kelegaan dan keselamatan dari pada-Nya. Apakah Anda selalu
membuka hati untuk menerima tawaran keselamatan-Nya? Antifon Komuni (Mzm 116:12-13)
Datanglah kepada-Ku kalian semua yang letih dan berbeban berat, maka Aku akan menyegarkan kalian.
Doa Malam
Allah Bapa Mahasetia, Engkau memberikan janji kedamaian kepada siapa pun
yang mengikuti Putra-Mu. Kami mohon, perkenankanlah kami mengangkat
beban kami dan dengan demikian dapat mempersiapkan kedamaian bagi sesama
di sekitar kami. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami. Amin.
Melalui
kekayaan duniawi kita harus mendapatkan bagi diri kita sendiri kekayaan
yang sejati dan abadi itu: sungguh, jika ada orang-orang yang siap
untuk mengambil segala bentuk cara ketidakjujuran demi menjamin keadaan
jasmani mereka sendiri yang senantiasa tak terduga, betapa terlebih lagi
kita umat Kristiani harus peduli untuk mempersiapkan kebahagiaan kekal
kita dengan barang-barang dari dunia ini (bdk. Risalat, 359, 10).
Sekarang, satu-satunya cara untuk menghantarkan bakat-bakat dan
kecakapan pribadi kita serta kekayaan yang kita miliki pada tujuan akhir
kekekalan adalah dengan membagikannya pada sesama, dengan demikian
menunjukkan bahwa kita adalah bendahara-bendahara yang baik dari apa
yang Allah percayakan kepada kita. Yesus bersabda: "Barangsiapa setia
dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar.
Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar
juga dalam perkara-perkara besar" (Lukas 16:10). (Paus Benediktus XVI,
bdk. St. Agustinus)
Antifon Pembuka (Kel 3:5)
Tuhan bersabda, "Jangan mendekat! Tanggalkan kasutmu, sebab tempat di mana engkau berdiri itu tanah kudus."
Doa Pembuka
Allah Bapa Mahakuasa, sungguh kuduslah Engkau dan tak terhampiri
bagaikan api menyala pada masa apa pun. Namun, sebenarnya Engkau lebih
dekat daripada anggapan kami. Semoga misteri ini Kautanam dalam-dalam di
hati kami sebagai sumber sukacita kami. Dengan
pengantaraan Yesus Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami, yang bersama dengan
Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang
segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Keluaran (3:1-6.9-12)
"Tuhan menampakkan diri dalam nyala api yang keluar dari semak duri."
Di tanah Midian Musa biasa menggembalakan kambing domba Yitro,
mertuanya, imam di Midian. Sekali peristiwa Musa menggiring kawanannya
ke seberang padang gurun, dan tiba di gunung Allah, yaitu Gunung Horeb.
Lalu malaikat Tuhan menampakkan diri kepadanya dalam nyala api yang
keluar dari semak duri. Musa melihat-lihat, dan tampaklah semak duri itu
menyala, tetapi tidak dimakan api. Musa berkata, “Baiklah aku
menyimpang ke sana, dan menyelidiki penglihatan hebat itu. Mengapa semak
duri itu tidak terbakar?” Ketika dilihat Tuhan bahwa Musa menyimpang
untuk memeriksanya, berserulah Allah dari tengah-tengah semak duri itu
kepadanya, “Musa, Musa!” Musa menjawab, “Ya, Allah!” Lalu Tuhan
bersabda, “Jangan mendekat! Tanggalkanlah kasutmu dari kaki, sebab
tempat di mana engkau berdiri itu, tanah kudus.” Tuhan bersabda lagi,
“Akulah Allah ayahmu, Allah Abraham, Allah Ishak dan Allah Yakub.” Musa
lalu menutupi mukanya, sebab ia takut memandang Allah. Lalu Tuhan
bersabda, “Sekarang seruan Israel telah sampai kepada-Ku. Juga telah
Kulihat betapa kerasnya orang Mesir menindas mereka. Maka sekarang
pergilah! Aku mengutus engkau kepada Firaun untuk membawa umat-Ku, orang
Israel, keluar dari Mesir.” Tetapi Musa berkata kepada Allah, “Siapakah
aku ini, maka aku harus menghadap Firaun dan membawa orang Israel
keluar dari Mesir?” Lalu Tuhan bersabda, “Bukankah Aku akan menyertai
engkau? Inilah tanda bagimu, bahwa Aku yang mengutus engkau: Apabila
engkau telah membawa bangsa itu keluar dari Mesir, maka kalian akan
beribadah kepada Allah di gunung ini.”
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah. Mazmur Tanggapan, do = a, 4/4, PS 823
Ref. Pujilah, puji Allah, Tuhan yang maharahim
atau: Tuhan itu pengasih dan penyayang
Ayat. (Mzm 103:1-2.3-4.6-7)
1. Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap
batinku! Pujilah Tuhan, hai jiwaku, janganlah lupa akan segala
kebaikan-Nya.
2. Dialah yang mengampuni segala kesalahanmu, dan menyembuhkan segala
penyakitmu! Dialah yang menebus hidupmu dari liang kubur, dan memahkotai
engkau dengan kasih setia dan rahmat!
3. Tuhan menjalankan keadilan dan hukum bagi semua orang yang diperas.
Ia telah memperkenalkan jalan-jalan-Nya kepada Musa, dan memaklumkan
perbuatan-perbuatan-Nya kepada orang Israel. Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mat 11:25)
Terpujilah Engkau, Bapa, Tuhan langit dan bumi, sebab misteri kerajaan Kaunyatakan kepada orang kecil.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (11:25-27)
"Yang Kausembunyikan kepada kaum cerdik pandai, Kaunyatakan kepada orang kecil."
Sekali peristiwa berkatalah Yesus, “Aku bersyukur kepada-Mu, ya Bapa,
Tuhan langit dan bumi! Sebab semuanya itu Kausembunyikan bagi orang
bijak dan orang pandai, tetapi kaunyatakan kepada orang kecil. Ya Bapa,
itulah yang berkenan di hati-Mu. Semua telah diserahkan oleh Bapa-Ku
kepada-Ku, dan tidak seorang pun mengenal Anak selain Bapa, dan tidak
seorang pun mengenal Bapa selain Anak, serta orang-orang yang kepadanya
Anak berkenan menyatakannya.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Kebijaksanaan, pengetahuan dan pengertian terdiri dari tiga dari tujuh karunia Roh Kudus. Di sini Yesus berbicara tentang mereka yang memiliki tingkat kesombongan dan egoisme yang meningkat membuat mereka menjadi bijak dan terpelajar dalam estimasi mereka sendiri dan untuk tujuan mereka sendiri. Misteri-misteri Tuhan dengan demikian disembunyikan dari mereka justru karena mereka telah memfokuskan hati dan pikiran mereka pada diri mereka sendiri sebagai kebaikan tertinggi: "Semakin besar suatu makhluk, semakin ia ingin menentukan hidupnya sendiri. Ia ingin semakin lama semakin tidak bergantung dan, dengan demikian, semakin banyak itu sendiri semacam dewa, tidak membutuhkan orang lain sama sekali. Inilah bagaimana keinginan muncul untuk menjadi bebas dari semua kebutuhan, apa yang kita sebut kesombongan" (Kardinal Joseph Ratzinger, God and the World, hlm. 125). Pada akhirnya, merekalah yang telah menutup pintu bagi Tuhan, namun Tuhan tidak akan pernah menutup pintu pada kita.
Kami tambahkan dari katolisitas.org yang diterjemahkan dari The Navarre Bible tentang Mat 11:25-26: “Mereka yang bijak dan pandai dari dunia ini, yaitu, mereka yang mengandalkan pemahamannya sendiri, tidak dapat menerima wahyu yang dibawa oleh Kristus kepada kita. Pandangan/ pemahaman adikodrati selalu berhubungan dengan kerendahan hati. Orang yang rendah hati, yang tidak menganggap dirinya penting, dapat melihat/ memahaminya; [sedangkan] orang yang penuh dengan kepercayaan/ keyakinan diri gagal untuk memahami hal- hal yang adikodrati.”
Dan menurut A Catholic Commentary on Holy Scripture, Dom Orchard, ed.:
“…. Yesus mengucap syukur kepada Bapa-Nya
di surga, sebab Ia telah menyatakan rahasia tentang kedatangan-Nya
kepada para murid-Nya, yang menurut pandangan umum yang keliru, adalah
mereka yang kecil dan bodoh; dan Bapa telah menyembunyikannya dari para
ahli Taurat dan orang- orang Farisi, yang disindir-Nya sebagai orang-
orang yang bijak. Melalui doa ini, Yesus memohon kepada Bapa-Nya agar
menyelesaikan apa yang telah dimulai-Nya di dalam diri para murid-Nya
(St. Hieronimus).— Kristus tidak bersuka cita bahwa hal itu tidak
dinyatakan kepada mereka yang bijak, tetapi karena hal itu dinyatakan
kepada para pengikutNya yang kecil dan sederhana (St. Thomas Aquinas).”
St. Yohanes Krisostomus menafsirkan
perikop ini, sepertinya Kristus akan mengatakan, “Teruskanlah Bapa,
sebagaimana yang sudah Kau mulai”; atau mungkin, “Aku berterima kasih
kepada-Mu, O Bapa, bahwa hal ini telah menyenangkan hati-Mu, bahwa
karena orang- orang bijak dari dunia ini telah menolak Injil, Engkau
telah berkenan menyatakannya kepada orang- orang kecil ….” (RENUNGAN PAGI)
Antifon Komuni (Mzm 103:1)
Pujilah Tuhan, hai jiwaku! Pujilah nama-Nya yang kudus, hai segenap batinku!
Jumat, 17 Mei 2019 KATKIT (Katekese Sedikit) No. 238
Seri Liturgi DITATA & DIATUR
Syalom aleikhem. Perayaan Ekaristi alias Perjamuan Tuhan bukan kegiatan spontan tanpa tata cara. Ada aturannya. PUMR no. 17 menyatakan nilai pentingnya mengatur Perayaan Ekaristi. Mengapa? Sebab, itu dikehendaki Sang Kristus sendiri. Sejak Ekaristi yang pertama di dunia, yaitu Perjamuan Malam Terakhir, Kristus telah menetapkan adanya tata cara. Beliau mengatur rinci bagaimana Perjamuan akan dilaksanakan. Jika Ekaristi pertama saja ditata, maka Ekaristi kedua, ketiga dan seterusnya pun ada tata caranya.
Apa tujuan pengaturan itu? Ada dua: pertama, supaya para pelayan dan umat beriman dapat berpartisipasi dalam Perayaan Ekaristi menurut tugas dan perannya; kedua, supaya Umat Allah dapat memetik buah-hasil Ekaristi sepenuh-penuhnya.
Pengaturan memungkinkan partisipasi. Tanpa pengaturan, semua akan acak-acakan. Ekaristi tentu bukan hal seperti itu. Ada tugas dan peran masing-masing yang terlibat. Ada pemimpin, ada pembaca, ada penyanyi, dsb. Semuanya dilaksanakan bukan demi perayaan itu sendiri, melainkan demi buah-hasil Ekaristi bagi Umat Allah.
Demi buah-hasil itulah, meski ada aturan untuk Ekaristi, sebaiknya itu diterapkan sesuai dengan keadaan umat setempat. Artinya, ada penyesuaian di sana-sini. Contohnya, umat di kampung pedalaman yang tak pandai menyanyi, ya tak usah disuruh bernyanyi polifoni. Demikianlah kita memahami mengapa Ekaristi “ditata” dan “diatur”. Sejak Ekaristi pertama, sudah demikian adanya.
Kalau mengalami kejahatan dan penderitaan, iman akan Bapa yang
maha kuasa dapat diuji secara serius. Sewaktu-waktu Allah tampaknya
tidak hadir dan tidak mampu mencegah kemalangan. Namun Allah Bapa
menyatakan kekuasaan-Nya atas cara paling rahasia dalam Penghinaan dan
kebangkitan Putera-Nya, yang mengalahkan yang jahat. Dengan demikian,
Yesus yang tersalib adalah "kekuatan dan hikmat Allah. Sebab yang bodoh
dari Allah lebih besar hikmatnya daripada manusia dan yang lemah dari
Allah lebih kuat daripada manusia" (1 Kor 1:24- 25). Dalam pembangkitan
dan pengangkatan Kristus, Bapa menunjukkan "kekuatan kuasa-Nya" dan
menyatakan betapa "hebat kuasa-Nya bagi kita yang percaya" (Ef 1:19).
(Katekismus Gereja Katolik, 272)
Antifon Pembuka (Mzm 69:33-34)
Hai orang yang rendah hati, lihatlah dan bersukacitalah! Hai kalian yang
mencari Allah, hidupkan kembali hatimu! Sebab Tuhan mendengarkan kaum
miskin dan tak memandang hina mereka yang ada dalam tahanan.
Doa Pembuka
Allah Bapa yang Mahabaik, Engkau telah menunjukkan daya kekuatan yang
mampu memberi pertolongan, ialah Yesus, Musa Baru. Kami mohon, semoga
Dia berkenan mengarahkan hidup kami ke arah kebaikan dan membimbing kami
masuk ke dalam kedamaian-Mu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang
bersama dengan Dikau dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa,
Allah, sepanjang segala masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Keluaran (2:1-15a)
"Anak itu diberi nama Musa, sebab ia telah ditarik dari air. Ketika Musa telah dewasa ia mendapatkan saudara-saudaranya."
Waktu umat Israel ditindas di Mesir ada seorang pria dari suku Lewi yang
kawin dengan seorang wanita dari suku yang sama. Wanita itu mengandung
dan melahirkan seorang anak laki-laki. Ia melihat bahwa anak itu tampan;
maka disembunyikannya tiga bulan lamanya. Tetapi ia tidak dapat
menyembunyikannya lebih lama lagi. Maka diambilnya sebuah peti pandan
dan dipakalnya dengan gala-gala dan ter. Lalu ia meletakkan bayi itu di
dalamnya dan ditaruhnya peti itu di tengah-tengah teberau di tepi Sungai
Nil. Kakaknya perempuan berdiri di tempat yang agak jauh untuk melihat
apakah yang akan terjadi dengan bayi itu. Maka datanglah puteri Firaun
untuk mandi di Sungai Nil, sedang dayang-dayangnya berjalan-jalan di
tepi sungai. Maka terlihatlah oleh puteri Firaun peti di tengah-tengah
teberau itu. Ia menyuruh seorang hambanya untuk mengambilnya. Ketika
peti itu dibuka, dilihatnya seorang bayi yang menangis, maka ibalah
hatinya dan ia berkata, “Tentulah ini bayi orang Ibrani.” Lalu
bertanyalah kakak bayi itu kepada puteri Firaun, “Maukah Tuan Puteri
agar kupanggil seorang inang penyusu dari kaum Ibrani untuk menyusui
bayi itu bagi Tuan Puteri?” Sahut puteri Firaun kepadanya, “Baiklah!”
Lalu pergilah gadis itu memanggil ibu bayi itu. Maka berkatalah puteri
Firaun kepada ibu itu, “Bawalah bayi ini dan susuilah dia bagiku, maka
aku akan memberi upah kepadamu.” Kemudian ibu itu mengambil bayinya dan
menyusui dia. Ketika anak itu sudah besar, ibunya membawa dia kepada
puteri Firaun. Ia diangkat anak oleh puteri Firaun dan diberi nama Musa,
sebab katanya, “Aku telah menarik dia dari air.” Pada suatu hari,
ketika Musa telah dewasa, ia keluar mendapatkan saudara-saudaranya untuk
melihat kerja paksa mereka. Lalu dilihatnya seorang Mesir memukul
seorang Ibrani, seorang dari saudara-saudaranya itu. Ia menoleh ke
sana-sini dan ketika dilihatnya tidak ada orang, dibunuhnya orang Mesir
itu, dan disembunyikannya mayatnya dalam pasir. Keesokan harinya Musa
keluar lagi, dan didapatinya dua orang Ibrani tengah berkelahi. Ia
bertanya kepada yang bersalah, “Mengapa kaupukul temanmu itu?” Jawab
orang itu, “Siapakah yang mengangkat engkau menjadi pemimpin dan hakim
atas kami? Apakah engkau bermaksud membunuh aku, sama seperti engkau
telah membunuh orang Mesir itu?” Musa menjadi takut, sebab pikirnya,
“Tentulah peristiwa itu telah ketahuan.” Ketika Firaun mendengar tentang
peristiwa itu, ia berikhtiar membunuh Musa. Tetapi Musa melarikan diri
dari hadapan Firaun dan tiba di tanah Midian.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah. Mazmur Tanggapan
Ref. Hai orang-orang yang rendah hati, carilah Allah, maka hatimu akan hidup kembali.
Ayat. (Mzm 69:3.14.30-31.33-34; R:33)
1. Aku tenggelam ke rawa yang dalam tidak ada tempat bertumpu; aku telah
terperosok ke air yang dalam, gelombang pasang menghanyutkan daku.
2. Tetapi aku, aku berdoa kepada-Mu, ya Tuhan, aku bermohon pada waktu
Engkau berkenan, ya Allah, demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku
dengan pertolongan-Mu yang setia!
3. Tetapi aku ini tertindas dan kesakitan, keselamatan dari pada-Mu, ya
Allah, kiranya melindungi aku! Aku akan memuji-muji nama Allah dengan
nyanyian, mengagungkan Dia dengan lagu syukur.
4. Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah,
biarlah hatimu hidup kembali hai kamu yang mencari Allah! Sebab Tuhan
mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina
orang-orang-Nya yang ada dalam tahanan.
Bait Pengantar Injil
Ref. Alleluya
Ayat. (Mzm 95:8ab)
Hari ini janganlah bertegar hati, tetapi dengarkanlah sabda Tuhan.
Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (11:20-24)
"Pada hari penghakiman tanggungan Tirus dan Sidon akan lebih ringan daripada tanggunganmu."
Sekali peristiwa Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat
meskipun di sana Ia melakukan paling banyak mukjizat. Ia berkata,
“Celakalah engkau, Khorazim! Celakalah engkau, Betsaida! Karena jika di
Tirus dan Sidon terjadi mukjizat-mukjizat yang telah Kulakukan di
tengah-tengahmu, pasti sudah lama mereka bertobat dan berkabung. Tetapi
Aku berkata kepadamu, ‘Pada hari penghakiman tanggungan Tirus dan Sidon
akan lebih ringan daripada tanggunganmu.’ Dan engkau, Kapernaum, apakah
engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak! Engkau akan diturunkan
sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi
mukjizat-mukjizat yang telah terjadi di tengah-tengahmu, kota itu tentu
masih berdiri sampai hari ini. Maka Aku berkata kepadamu, ‘Pada hari
penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih ringan daripada
tanggunganmu’.”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan Hari ini kita melihat sisi lain Yesus dalam Injil. Seringkali kita melihat-Nya sebagai pekerja mukjizat, menyembuhkan orang sakit, membangkitkan orang mati. Tetapi sekarang kita melihat kebalikan dari mukjizat-mukjizat ini: Kristus menuntut tanggapan dari orang-orang yang telah menyaksikan-Nya. Tidaklah cukup bahwa orang-orang menatap dengan takjub pada tindakan Tuhan kita yang perkasa. Perbuatan-perbuatan itu, antara lain, membuktikan asal usulnya yang Ilahi dan kebenaran dari pesan-Nya. Sebagian dari pesan itu menuntut pertobatan dan pertobatan. Lebih dekat dengan zaman kita sendiri, kita dapat memikirkan puluhan juta orang yang secara pribadi melihat Paus Santo Yohanes Paulus II dalam banyak penampilannya di depan umum. Berapa banyak dari orang-orang itu yang mengubah hidup mereka setelah pertemuan itu? Bagaimana saya menanggapi rahmat dan karunia Allah dalam hidup saya? Sudahkah saya menerima rahmat Tuhan?
Iman memampukan orang melihat segala sesuatu dalam kacamata baru, sudut
pandang Allah sendiri. Itulah sebabnya, iman membuat orang melihat
setiap peristiwa dan pengalaman hidup sebagai karya mukjizat. Yesus
mengecam kota-kota Khorazim, Betsaida dan Kapernaum karena mereka tidak
memiliki iman. Itulah sebabnya, mereka tidak mampu melihat karya
mukjizat dan bukti cinta Tuhan dalam karya dan tindakan Yesus. Ternyata
mukjizat yang terjadi di kota-kota tersebut tidak secara otomatis
membuat penduduknya bertobat. Antifon Komuni (Mzm 69:14)
Aku berdoa kepada-Mu, ya Tuhan, pada waktu Engkau berkenan. Demi besarnya kasih setia-Mu jawablah aku dengan pertolongan.
Doa Malam
Allah Bapa Mahakuasa, Engkau telah memberi kami pemimpin kehidupan,
ialah Yesus, hamba-Mu. Ajarilah kami mengimani sabda-Nya serta
menyesuaikan hidup kami akan sabda itu. Sebab Dialah Tuhan, Pengantara
kami. Amin.
Seri Katekismus GEREJA LOKAL & UNIVERSAL Syalom aleikhem. Gereja Katolik itu universal, artinya mencakup seluruh dunia. Namun, sekaligus Gereja universal itu hadir dalam setiap jemaat beriman setempat, disebut Gereja lokal. Gereja lokal adalah keuskupan (dioses), yaitu satu persekutuan umat beriman yang bersatu dengan uskupnya yang berada dalam suksesi apostolik, dalam iman, dan dalam sakramen-sakramen.
Suatu persekutuan dapat disebut Gereja lokal sebagai bagian dari Gereja universal kalau dipimpin oleh uskup, bukan sembarang uskup, melainkan uskup yang berada dalam suksesi apostolik; artinya tahbisan uskupnya dapat dirunut kesinambungannya sampai kepada Para Rasul. Uskup atau uskup-uskupan atau sok uskup yang mengangkat dirinya sendiri atau diangkat oleh orang yang tak punya suksesi apostolik tentulah bukan uskup yang sah.
Karena itu, syarat pertama suatu persekutuan umat beriman disebut Gereja lokal adalah adanya uskup yang punya suksesi apostolik. Syarat kedua adalah memeluk iman yang satu dan sama. Syarat ketiga adalah sakramen-sakramen yang sama. Kalau suatu persekutuan tak merayakan atau tak mengakui ketujuh sakramen sesuai dengan yang diakui oleh Gereja universal, tentu itu bukan Gereja lokal, bukan bagian dari Gereja Katolik.
Gereja lokal yang ada di mana-mana (baca: keuskupan-keuskupan seluruh dunia) tak berdiri sendiri, melainkan mengakui Gereja Roma sebagai basis dan dasar. Santo Ignasius dari Antiokhia dalam Suratnya kepada Gereja Roma menyatakan bahwa Gereja Roma mengetuai semua Gereja lokal seluruh dunia. Santo Ireneus mengatakan bahwa setiap Gereja lokal di manapun harus sependapat dengan Gereja Roma karena kedudukan istimewa Gereja Roma.
Manakah yang dimaksud “Gereja Roma”? Gereja Roma adalah Keuskupan Roma yang sudah ada sejak zaman Para Rasul, dan Rasul Santo Petrus sebagai uskupnya yang pertama. Uskup Roma, siapapun dia, disebut “Sri Paus”. Jadi, Sri Paus itu sesungguhnya adalah seorang uskup juga, yaitu Uskup Roma. Setiap Uskup Roma, atau Sri Paus, adalah pengganti Rasul Santo Petrus.
Catatan: Dalam istilah teknis kegerejaan, kata “Gereja” dapat merujuk pada Gereja seluruh dunia (universal), yaitu Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik (Gereja Katolik). Namun, kata “Gereja” juga dapat merujuk pada Gereja lokal, yaitu suatu keuskupan. Maka, Keuskupan Roma bisa disebut dengan istilah Gereja Roma, Keuskupan Bandung dapat disebut Gereja Bandung, dsb. Perlu kepandaian dan ketelitian dalam membaca dan mengartikan istilah “Gereja”, bergantung pada konteks dan penggunaannya dalam suatu kalimat atau tulisan.
Sekali lagi, Gereja Katolik seluruh dunia (universal) disebut “Gereja”. Bagian darinya, yaitu suatu keuskupan, juga disebut “Gereja”. Gereja universal itu sesungguhnya tampak dengan jelas dan konkret dalam setiap Gereja lokal, yaitu keuskupan. Di sana, ada uskup sebagai pengganti Rasul, ada para klerus sebagai para pembantu uskup, dan ada umat beriman yang dipercayakan oleh Sang Kristus untuk digembalakan.
** Uraian atas Katekismus Gereja Katolik (KGK) No. 832 – 835
Senin, 15 Juli 2019
Peringatan Wajib St. Bonaventura, Uskup dan Pujangga Gereja
Orang harus mengarahkan pandangannya kepada Yesus, takhta belas kasih. (St. Bonaventura)
Antifon Pembuka (Dan 12:3)
Orang bijaksana akan bersemarak cemerlang laksana surya dan guru kebenaran akan berseri bagaikan bintang abadi.
Doa Pagi
Allah Bapa Yang Mahakuasa dan kekal, hari ini kami memperingati Santo
Bonaventura. Semoga hati dan budi kami diterangi oleh pengetahuannya
yang cemerlang, dan hati kami dikobarkan oleh cinta kasihnya. Dengan
pengantaraan Kristus, Putra-Mu, Tuhan kami yang bersama dengan Dikau
dalam persatuan Roh Kudus, hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala
masa. Amin.
Bacaan dari Kitab Keluaran (1:8-14.22)
"Marilah kita bertindak terhadap orang Israel dengan bijaksana, agar mereka jangan semakin bertambah banyak."
Pada waktu itu tanah Mesir diperintah oleh raja baru
yang tidak mengenal Yusuf. Berkatalah raja itu kepada rakyatnya,
“Lihat, bangsa Israel itu sangat banyak, dan jumlahnya lebih besar
daripada kita. Marilah kita bertindak terhadap mereka dengan bijaksana,
agar mereka jangan semakin bertambah banyak. Jangan-jangan, jika
terjadi peperangan, mereka bersekutu dengan musuh kita dan memerangi
kita, lalu pergi dari sini.” Maka pengawas-pengawas rodi ditempatkan
atas orang-orang Israel, untuk menindas mereka dengan kerja paksa.
Mereka harus mendirikan bagi Firaun kota-kota perbekalan, yakni Pitom
dan Raamses. Tetapi makin ditindas, makin bertambah banyak dan
berkembanglah mereka, sehingga orang merasa takut kepada orang Israel
itu. Maka dengan kejam orang Mesir memaksa orang Israel bekerja, dan
memahitkan hidup mereka dengan pekerjaan yang berat. Mereka dipaksa
mengerjakan tanah liat dan membuat batu bata. Juga berbagai-bagai
pekerjaan di padang; ya segala macam pekerjaan dengan kejam dipaksakan
oleh orang Mesir kepada mereka itu. Lalu Firaun memberi perintah kepada
seluruh rakyatnya, “Setiap anak laki-laki yang lahir bagi orang Ibrani
lemparkanlah ke dalam Sungai Nil. Tetapi anak-anak perempuan
biarkanlah hidup.” Demikianlah sabda Tuhan U. Syukur kepada Allah. Mazmur Tanggapan Ref. Pertolongan kita dalam nama Tuhan. Ayat. (Mzm 124:1-3.4-6.7-8) 1. Jikalau bukan Tuhan yang memihak kepada kita, --
biarlah Israel berkata demikian, -- jikalau bukan Tuhan yang memihak
kepada kita, ketika manusia bangkit melawan kita, maka mereka telah
menelan kita hidup-hidup, ketika amarah mereka menyala-nyala terhadap
kita. 2. Maka air telah menghanyutkan kita, dan sungai
telah mengalir menimbus kita; telah mengalir melanda kita air yang
meluap-luap itu. Terpujilah Tuhan yang tidak menyerahkan kita menjadi
mangsa bagi gigi mereka! 3. Jiwa kita terluput seperti burung terlepas dari
jerat perangkap, jerat itu telah putus, dan kita pun terluput!
Pertolongan kita dalam nama Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi. Bait Pengantar Injil Ref. Alleluya Ayat. (Mat 5:10) Berbahagialah yang dikejar-kejar karena taat kepada Tuhan, sebab bagi merekalah Kerajaan Allah. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Matius (10:34- 11:1)
"Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan pedang."
Pada suatu hari Yesus bersabda kepada keduabelas
murid-Nya, “Jangan kalian menyangka, bahwa Aku datang untuk membawa
damai di atas bumi. Aku datang bukan untuk membawa damai, melainkan
pedang. Sebab Aku datang untuk memisahkan orang dari ayahnya, anak
perempuan dari ibunya, menantu perempuan dari ibu mertuanya, dan musuh
orang ialah seisi rumahnya. Barangsiapa mengasihi bapa atau ibunya
lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku. Dan barangsiapa mengasihi
puteranya atau puterinya lebih daripada-Ku, ia tidak layak bagi-Ku.
Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikuti Aku, ia tidak layak
bagi-Ku. Barangsiapa mempertahankan nyawanya, ia akan kehilangan
nyawanya, dan barangsiapa kehilangan nyawanya demi Aku, ia akan
memperoleh kembali. Barangsiapa menyambut kalian, ia menyambut Aku, dan
barangsiapa menyambut Aku, ia menyambut Dia yang mengutus Aku.
Barangsiapa menyambut seorang nabi sebagai nabi, ia akan menerima upah
nabi, dan barangsiapa menyambut seorang yang benar sebagai orang benar,
ia akan menerima upah orang benar. Dan barangsiapa memberi air sejuk
secangkir saja kepada salah seorang yang kecil ini, karena ia murid-Ku,
Aku berkata kepadamu, sungguh ia takkan kehilangan upahnya.” Setelah
Yesus selesai mengajar keduabelas rasul-Nya, Ia pergi dari sana untuk
mengajar dan memberitakan Injil di dalam kota-kota mereka. Demikianlah Injil Tuhan U. Terpujilah Kristus. Renungan
Bonaventura berasal dari Italia Tengah, yang lahir pada tahun 1221 dan
dibaptis dengan nama Yohanes. Tahun 1243 ia bergabung dengan Ordo
Fransiskan (OFM= Ordo Saudara-saudara Dina) yang pada waktu itu masih
baru, yang didirikan oleh Santo Fransiskus dari Assisi. Pada usia 35
tahun ia sudah dipilih sebagai pemimpin tertinggi Ordo Fransiskan dan
menjabat tugas ini sebanyak 9 kali. Kemudian pada usia 52 tahun Paus
Gregorius X mengangkatnya sebagai Uskup dan Kardinal. Bonaventura yang bergelar doktor banyak menulis karya-karya yang sangat mendalam isinya. Beberapa ungkapan yang menjadi pedoman hidupnya: "Ketakutan akan Allah merintangi seseorang untuk menyukai hal-hal yang fana, yang mengandung benih-benih dosa", "Kesombongan biasanya menggilakan manusia, karena ia diajar untuk meremehkan apa yang sangat berharga seperti rahmat dan keselamatan, dan menjunjung tinggi apa yang seharusnya di cela seperti kesia-siaan dan keserahakan." Ia dikenal sangat berjasa dalam usaha mempersatukan kembali Gereja Orthodoks Yunani dengan Gereja Katolik Roma. Bonaventura meninggal secara mendadak pada 15 Juli 1274, dalam
perjalanannya untuk mengikuti Konsili Lyon. Ia dinyatakan sebagai orang
kudus (Santo) pada 14 April 1482 oleh Paus Sixtus IV. Pada 14 Maret
1587, Paus Sixtus V memberinya gelar Pujangga Gereja. (Refleksi: "Kristus itu jalan. Kristus itu pintu" (St. Bonaventura).] [Dari berbagai sumber / RUAH] Antifon Komuni (Mat 10:38) Barangsiapa tidak mengangkat salibnya dan mengikuti Aku, tak layak menjadi murid-Ku.
Menjadi
hak umat beriman bahwa pimpinan Gereja mengatur Liturgi Suci secara
penuh dan tepat-guna supaya terhindarkan kesan bahwa liturgi itu menjadi
"milik pribadi seseorang, entah selebran atau komunitas di mana
misteri-misteri itu dirayakan" (Redemptionis Sacramentum, Instruksi VI
tentang sejumlah hal yang perlu dilaksanakan atau dihindari berkaitan
dengan Ekaristi Mahakudus, No. 18)
Antifon Pembuka (Bdk. Mzm 17:15)
Dalam kebenaran, aku memandang wajah-Mu, dan aku akan puas waktu menyaksikan kemuliaan-Mu. As for me, in justice I shall behold your face; I shall be filled with the vision of your glory.
Dum
clamarem ad Dominum, exaudivit vocem meam, ab his qui appropinquant
mihi: et humiliavit eos, qui est ante sæcula, et manet in æternum: iacta
cogitatum tuum in Domino, et ipse te enutriet.
Doa Pembuka
Allah Bapa kami yang kekal dan kuasa, di dalam lubuk hati kami telah
Kaugoreskan perintah-perintah-Mu dan melalui Yesus Kaujelaskan,
bagaimana kami hendaknya melaksanakan kehendak-Mu. Perkenankanlah kami
menunjukkan belas kasih dan cinta kasih-Mu kepada mereka yang sedang
menderita, sebagaimana Yesus Kristus telah memberikan teladan-Nya. Sebab
Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Dikau dalam
persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.
Amin.
Bacaan dari Kitab Ulangan (30:10-14)
"Firman itu sangat dekat padamu, hendaklah engkau melaksanakannya."
Pada waktu itu Musa memanggil segenap orang Israel berkumpul, lalu
berkata kepada mereka, “Hendaklah engkau mendengarkan suara Tuhan,
Allahmu, dengan berpegang pada perintah dan ketetapan-Nya, yang tertulis
dalam kitab Taurat ini; dan hendaklah engkau berbalik kepada Tuhan,
Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu. Sebab perintah
ini, yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, tidaklah terlalu sukar
bagimu, dan tidak pula terlalu jauh; tidak di langit tempatnya, sehingga
engkau berkata: Siapakah yang akan naik ke langit untuk mengambilnya
bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita
melaksanakannya? Juga tidak di seberang laut tempatnya, sehingga engkau
berkata: Siapakah yang akan pergi ke seberang laut untuk mengambilnya
bagi kita dan memperdengarkannya kepada kita, supaya kita
melaksanakannya? Firman itu sangat dekat padamu, yakni di dalam mulutmu
dan di dalam hatimu; hendaklah engkau melaksanakannya.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Mazmur Tanggapan, la = d, 4/4, PS 818
Ref. Tuhan, sudi dengarkan rintihan umat-Mu.
Ayat. (Mzm 69:14.17.30-31.33-34.36ab.37; Ul: lih.33)
1. Aku berdoa kepada-Mu, ya Tuhan, aku bermohon pada waktu Engkau
berkenan, ya Allah; demi kasih setia-Mu yang besar jawablah aku, dengan
pertolongan-Mu yang setia! Jawablah aku, ya Tuhan, sebab baiklah kasih
setia-Mu, berpalinglah kepadaku menurut rahmat-Mu yang besar!
2. Aku ini tertindas dan kesakitan, keselamatan dari pada-Mu, ya Allah,
kiranya melindungi aku! Aku akan memuji-muji nama Allah dengan
nyanyian, mengagungkan Dia dengan lagu syukur,
3. Lihatlah, hai orang-orang yang rendah hati, dan bersukacitalah;
biarlah hatimu hidup kembali, hai kamu yang mencari-cari Allah! Sebab
Tuhan mendengarkan orang-orang miskin, dan tidak memandang hina
orang-orangNya yang ada dalam tahanan.
4. Sebab Allah akan menyelamatkan Sion dan membangun kota-kota Yehuda.
Anak cucu hamba-hamba-Nya akan mewarisinya, dan orang-orang yang
mencintai nama-Nya akan diam di situ.
atau Mazmur Tanggapan, do = f, 2/4, PS 853 Ref. Sabda-Mu, ya Tuhan, adalah Roh dan kehidupan. Ayat. (Mzm 19:8.9.10.11; Ul: Yoh 6:63) 1. Taurat Tuhan itu sempurna, menyegarkan jiwa. Peraturan Tuhan itu teguh, memberi hikmat kepada orang bersahaja.
2. Titah Tuhan itu tepat, menyukakan hati. Perintah Tuhan itu murni, membuat mata berseri.
3. Takut Tuhan itu suci, tetap untuk selama-lamanya. Hukum-hukum Tuhan itu benar, adil selalu.
4. Lebih indah daripada emas, bahkan daripada emas tua; dan lebih manis
daripada madu, bahkan daripada madu tetesan dari sarang lebah.
Bacaan dari Surat Rasul Paulus kepada Jemaat di Kolose (1:15-20)
"Segala sesuatu diciptakan oleh dan untuk Kristus."
Saudara-saudara, Kristus adalah gambar Allah yang tidak kelihatan. Dia
adalah yang sulung, yang lebih utama dari segala yang diciptakan, karena
di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di surga dan
yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik
singgasana maupun kerajaan, baik pemerintah maupun penguasa; segala
sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. Ia ada mendahului segala
sesuatu, dan segala sesuatu ada di dalam Dia. Dialah kepata tubuh, yaitu
Jemaat. Dialah yang sulung, yang pertama bangkit dari antara orang
mati, sehingga Ia lebih utama dalam segala sesuatu. Seluruh kepenuhan
Allah berkenan diam di dalam Dia, dan oleh DIalah Allah memperdamaikan
segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi maupun yang ada di
surga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.
Bait Pengantar Injil, do = f, 2/4, PS 961
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya.
Ayat. (Yoh 6:63c.68c)
Tuhan, Sabda-Mu adalah roh dan kehidupan. Sabda-Mu adalah sabda hidup yang kekal. Inilah Injil Yesus Kristus menurut Lukas (10:25-37)
"Siapakah sesamaku?"
Sekali peristiwa seorang ahli Taurat berdiri hendak mencobai Yesus,
katanya, “Guru, apakah yang harus kulakukan untuk memperoleh hidup yang
kekal?” Jawab Yesus kepadanya, “Apa yang tertulis dalam hukum Taurat?
Apa yang kaubaca di sana?” Jawab orang itu, “Kasihilah Tuhan, Allahmu,
dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, dengan segenap
kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu; dan kasihilah sesamamu
manusia seperti dirimu sendiri.” Kata Yesus kepadanya, “Jawabmu itu
benar! Perbuatlah demikian, maka engkau akan hidup,” Tetapi untuk
membenarkan dirinya, orang itu berkata lagi kepada Yesus, “Dan siapakah
sesamaku manusia?” Jawab Yesus, “Adalah seorang yang turun dari
Yerusalem ke Yerikho. Ia jatuh ke tangan penyamun-penyamun yang bukan
saja merampoknya habis-habisan, tetapi juga memukulnya, dan sesudah itu
meninggalkannya setengah mati. Kebetulan ada seorang imam turun melalui
jalan itu. Ia melihat orang itu, tetapi melewatinya dari seberang
jalan. Demikian juga seorang Lewi datang ke tempat itu. Ketika melihat
orang itu, ia melewatinya dari seberang jalan. Lalu datanglah ke tempat
itu seorang Samaria yang sedang dalam perjalanan. Ketika ia melihat
orang itu, tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ia pergi kepadanya
lalu membalut luka-lukanya, sesudah menyiraminya dengan minyak dan
anggur. Kemudian ia menaikkan orang itu ke atas keledai tunggangannya
sendiri, lalu membawanya ke tempat penginapan dan merawatnya. Keesokan
harinya ia menyerahkan dua dinar kepada pemilik penginapan itu,
katanya, ‘Rawatlah dia, dan jika kaubelanjakan lebih dari ini, aku akan
menggantinya waktu aku kembali’. Menurut pendapatmu siapakah di antara
ketiga orang ini adalah sesama manusia dari orang yang jatuh ke tangan
penyamun itu?” Jawab ahli Taurat itu, “Orang yang telah menunjukkan
belas kasihan kepadanya.” Kata Yesus kepadanya, “Pergilah, dan
perbuatlah demikian!”
Demikianlah Injil Tuhan
U. Terpujilah Kristus.
Renungan
Siapakah
sesamaku manusia? Pertanyaan yang menarik untuk direnungkan sebab
sesungguhnya kita belum mengerti siapa sesama kita. Ternyata sesama kita
adalab semua manusia tanpa melihat ras, suku, agama, golongan, dan
sebagainya. Dan, itu berarti termasuk orang-orang yang pernah menyakiti
kita.
Dalam Injil hari ini Yesus memperlihatkan cara pandang
baru terhadap sesama. Yesus ingin memperlihatkan bagaimana seharusnya
orang percaya mewujudnyatakan kasih. kepedulian, atau perhatian bagi
sesama terutama yang membutuhkannya dengan tidak dibatasi oleh
sekat-sekat apa pun, bahkan tidak boleh dikalahkan oleh berbagai
aturan/hukum yang sebenarnya diciptakan oleh manusia sendiri.
Dan
mengasihi sesama bukan karena mereka sama dengan kita atau telah
berbuat baik kepada kita, tetapi karena Tuhan menghendaki kita untuk
menyatakan kasih-Nya kepada sesama kita.
Yesus menghendaki sikap
penerimaan yang tulus dan sempurna bagi sesamna. Artinya bahwa kasih
kepada sesama tidak hanya terdiri atas perasaan atau perkataan yang
indah, tetapi hams menjadi nyata dalam perbuatan dan tindakan nyata.
Kita diutus untuk berani menyentuh dan memberi uluran tangan bagi siapa
pun yang membutuhkan. Dengan begitu, kita telah ambil bagian dalam
proses menuju kehidupan yang kekal.
Antifon Komuni (Mzm 84:4-5)
Burung pipit bersarang di bait-Mu dan burung layang-layang mendapat
tempat untuk meletakkan anak-anaknya pada mezbah-mezbah-Mu, ya Tuhan
semesta alam, Rajaku dan Allahku. Berbahagialah orang yang mendiami
rumah-Mu dan tiada henti-hentinya memuji-Mu. The sparrow finds a home, and the swallow a nest for her young: by
your altars, O Lord of hosts, my King and my God. Blessed are they who
dwell in your house, for ever singing your praise.
Passer invenit sibi domum, et turtur nidum, ubi reponat pullos suos:
altaria tua Domine virtutum, Rex meus et Deus meus: beati qui habitant
in domo tua, in sæculum sæculi laudabunt te.
atau Yoh 6:56
Siapa yang makan Daging-Ku dan minum Darah-Ku, tinggal di dalam Aku dan Aku di dalam dia, Sabda Tuhan.
Whoever eats my flesh and drinks my blood remains in me and I in him, says the Lord.
terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati