| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Paus saat Angelus: Umat Kristen dipanggil untuk melayani Tuhan dan sesama seperti Yesus

Dalam Angelus pada hari Minggu, Paus Fransiskus mengatakan “memikul Salib” berarti mengikuti Yesus dengan mengorbankan hidup kita untuk melayani Tuhan dan sesama.
Oleh Vatican News

Dalam Injil hari Minggu, Yesus berbicara kepada murid-murid-Nya tentang misteri Sengsara, Kematian, dan Kebangkitan-Nya - sebuah ajaran, kata Paus Fransiskus, bahwa para murid belum dapat memahami, karena iman mereka “masih belum dewasa, dan terlalu terikat erat. dengan mentalitas dunia. "

Paus mengatakan bahwa bagi Petrus dan murid-murid lainnya - dan bagi kita juga - Salib dipandang sebagai "batu sandungan ', sedangkan Yesus menganggap 'batu sandungan' [adalah] melarikan diri dari Salib, yang berarti memikirkan yang bukan dipikirkan Allah" Inilah, kata Paus, mengapa Yesus menegur Petrus dengan sangat keras, berkata kepadanya, "Enyahlah Iblis!"

Dalam Injil, Yesus kemudian segera menjelaskan,  “Setiap orang yang mengikuti Aku, harus menyangkal diri, memikul salibnya dan mengikuti Aku.
Paus Fransiskus mengatakan bahwa dalam pepatah ini, Yesus “menunjukkan jalan kemuridan sejati, menunjukkan dua sikap” : menyangkal diri sendiri, yang berarti pertobatan sejati; dan memikul salib seseorang, yang “bukan hanya masalah dengan sabar menanggung kesengsaraan sehari-hari, tetapi juga menanggung dengan iman dan tanggung jawab sebagai bagian dari kerja keras dan penderitaan yang ditimbulkan oleh perjuangan melawan kejahatan.”

Berfokus pada yang terakhir, Paus berkata, "Jadi, tugas 'memikul salib' menjadi berpartisipasi dengan Kristus dalam keselamatan dunia."

Gambar Salib harus menjadi "tanda keinginan kita untuk bersatu dengan Kristus melalui kasih melayani saudara dan saudari kita, terutama yang terkecil dan terlemah," kata Paus Fransiskus; menambahkan, "Salib adalah tanda suci cinta Tuhan dan pengorbanan Yesus, dan tidak boleh direduksi menjadi benda takhayul atau kalung hiasan."
Sebaliknya, Paus menjelaskan, ketika kita melihat salib, kita harus merenungkan fakta bahwa Yesus "telah menyelesaikan misi-Nya, memberikan hidup, menumpahkan darah-Nya untuk pengampunan dosa." Untuk menjadi murid-Nya, kata Paus, kita pada gilirannya harus "mengikuti Dia, mengorbankan hidup kita tanpa syarat untuk cinta kepada Allah dan sesama."

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy