| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Solidaritas antaragama dalam melayani dunia yang dilanda Covid-19

 
Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama dan Dewan Gereja Dunia menyerukan umat Kristiani untuk merenungkan "pentingnya solidaritas antaragama di dunia yang terluka oleh pandemi Covid-19."


Oleh Vatican News

Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama (PCID) dan Dewan Gereja Dunia (WCC) pada hari Kamis merilis dokumen bersama. Di dalamnya, mereka menyerukan umat Kristiani untuk merefleksikan pentingnya solidaritas antaragama saat dunia menghadapi krisis Covid-19.
     
   

“Melayani Dunia yang Terluka dalam Solidaritas Antaragama: Seruan Kristen untuk Bercermin dan Bertindak Selama COVID-19,
” ditujukan untuk mendorong “gereja dan organisasi Kristen untuk merefleksikan pentingnya solidaritas antaragama di dunia yang terluka oleh pandemi Covid-19. ”
 
Membangun solidaritas melalui hubungan antaragama


Dokumen tersebut memberikan alasan Kristen untuk solidaritas antaragama dalam menanggapi krisis, tetapi juga ditujukan untuk pengikut agama lain, "yang telah menanggapi Covid-19" dengan refleksi serupa berdasarkan tradisi mereka sendiri.

“Karena hubungan antaragama dapat menjadi sarana yang ampuh untuk mengekspresikan dan membangun solidaritas, dan membuka diri terhadap sumber daya yang datang kepada kita dari luar batasan kita, kita mengundang refleksi tentang bagaimana kita sebagai orang Kristen dapat menjadi mitra dalam solidaritas dengan semua orang yang beriman dan berkehendak baik. Dalam perjalanan menuju solidaritas ini, komunitas yang berbeda terinspirasi dan dipertahankan oleh harapan yang kami temukan dalam tradisi kami masing-masing. "
   
Solidaritas antaragama berdasarkan kepercayaan pada Tritunggal


Dalam dokumen tersebut, PCID dan WCC menemukan dasar "untuk solidaritas antaragama dalam keyakinan kita kepada Tuhan yang adalah satu dari tiga Pribadi, Bapa, Putra, dan Roh Kudus."

Dalam serangkaian pernyataan, dokumen tersebut mencatat bahwa semua manusia adalah satu keluarga, yang diciptakan oleh Tuhan menurut rencana Bapa; bahwa "kepercayaan dan harapan kita ada di dalam Yesus Kristus"; dan bahwa kita "semua terhubung oleh pekerjaan Roh Kudus". Ini berfungsi sebagai fondasi solidaritas universal, mengikuti teladan Kristus dalam melayani sesama, diilhami oleh kekuatan spiritual dari Roh yang "mengarahkan kita kepada Tuhan dalam doa dan kepada sesama kita dalam pelayanan dan solidaritas."
 
Prinsip Kristiani untuk dialog antaragama


Dokumen tersebut berlanjut dengan prinsip-prinsip Kristiani bersama yang dapat "membimbing kita dalam pekerjaan kita dalam melayani satu sama lain di dunia yang terluka, bersama dengan semua orang yang beriman dan memiliki niat baik."

Prinsip-prinsip ini termasuk kerendahan hati dan kerentanan, rasa hormat terhadap orang lain, kasih sayang, dialog, pertobatan, rasa syukur dan kemurahan hati, dan cinta.
   
Rekomendasi untuk melayani orang lain

Inti dari dokumen ini terletak pada serangkaian rekomendasi tentang bagaimana orang Kristen dapat melayani sesama kita, dan melayani bersama mereka.

Ini meminta orang Kristen untuk mempertimbangkan menemukan cara untuk menjadi saksi penderitaan; memelihara solidaritas melalui bentuk-bentuk umum spiritualitas; mendorong dan mendukung idealisme dan energi kaum muda; dan merestrukturisasi proyek dan proses untuk solidaritas antaragama, di antara ide-ide lainnya.
 
"Mencintai satu sama lain"

Dalam pernyataan pengantar dokumen tersebut, Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot, Presiden PCID, mencatat bahwa pandemi Covid-19 “telah mengungkap luka dan kerapuhan dunia kita, mengungkapkan bahwa tanggapan kita harus ditawarkan dalam solidaritas yang inklusif, terbuka untuk pengikut tradisi agama lain dan orang-orang yang berniat baik, mengingat kepedulian terhadap seluruh keluarga manusia. "

Sekretaris jenderal sementara WCC, Dr Ioan Sauca berkata, "Dalam menghadapi pandemi COVID-19, keluarga manusia menghadapi seruan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk melindungi satu sama lain, dan untuk menyembuhkan komunitas kita." Dia menambahkan:

“Dialog antaragama tidak hanya membantu memperjelas prinsip-prinsip iman kita sendiri dan identitas kita sebagai orang Kristen, tetapi juga membuka pemahaman kita tentang tantangan — dan solusi kreatif — yang mungkin dimiliki orang lain.”


Kutipan dari "Melayani Dunia yang Terluka dalam Solidaritas Antaragama: Seruan Kristen untuk Bercermin dan Bertindak Selama COVID-19", bersama dengan tautan ke teks lengkap (file PDF), dapat ditemukan di situs web Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy