| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Orang Kudus hari ini: 11 Juni 2024 St. Barnabas, Rasul

Fr. Lawrence, OP CC BY-NC-ND 2.0

 
 
Saudara-saudari terkasih, hari ini Gereja memperingati St. Barnabas, Rasul. Menurut Tradisi Gereja dan Apostolik, St. Barnabas adalah seorang Yahudi dari Siprus yang merupakan anggota penting komunitas Kristen perdana di Yerusalem, yang mengikuti Tuhan dan mengabdikan dirinya sepenuhnya dalam pelayanan Tuhan. Diceritakan bahwa dia menjual tanah dan harta bendanya, memberikan hasilnya kepada komunitas orang-orang beriman, dan selanjutnya mengabdikan hidupnya sepenuhnya kepada Tuhan. St Barnabas adalah salah satu kolaborator dekat St Paulus, dan melakukan beberapa perjalanan misionaris bersama St. Paulus, mewartakan Sabda Tuhan dan Injil-Nya kepada banyak orang di berbagai kota dan tempat, menikmati keberhasilan besar serta kesulitan dan tantangan, di tengah misi dan pekerjaannya.
 
St Barnabas disebutkan dalam beberapa kesempatan di seluruh Kisah Para Rasul, merinci banyak karyanya baik bersama dengan St Paulus maupun sendiri, ketika ia terus menjalankan misi yang dipercayakan kepadanya oleh Tuhan melalui Gereja-Nya, menjangkau lebih banyak orang dan memberitakan kepada mereka keselamatan dari Tuhan. Banyak orang menjadi percaya kepada Tuhan melalui perkataan dan perbuatan St. Barnabas dan rekan-rekannya yang lain, melalui dedikasi dan semangat mereka dalam mewartakan Injil dan keselamatan di dalam Tuhan. Tuhan telah mengutus mereka semua untuk menjadi pembawa kebenaran-Nya, dan mereka semua mengabdikan diri mereka dengan setia pada misi yang telah dipercayakan kepada mereka.
 
Tidak banyak yang diketahui tentang kehidupan St. Barnabas setelah ia disebutkan dalam Kisah Para Rasul, namun seperti kehidupan para Rasul lainnya, dan melalui beberapa indikasi dalam tulisan dan Tradisi Apostolik lainnya, kemungkinan besar St. Barnabas mengalami penderitaan yang luar biasa, dan akhirnya menjadi martir seperti kebanyakan murid dan Rasul Tuhan Yesus lainnya pada saat itu. Dalam salah satu tradisi tersebut, St. Barnabas menjadi martir ketika ia melayani umat beriman dan orang-orang di wilayah Siprus, tempat ia berasal, dan ia dianiaya dan dipukul oleh tentangan dari komunitas Yahudi setempat, yang beberapa di antaranya menentangnya dan memusuhi karya dan upayanya dalam mewartakan iman Katolik. Meskipun demikian, melalui keberanian dan upayanya, St. Barnabas mengilhami banyak orang dalam iman pada masanya dan bahkan lama setelahnya.

Kita semua harus melakukan yang terbaik dalam berbagai misi dan panggilan hidup kita untuk berkomitmen pada semua yang telah Tuhan percayakan kepada kita, dalam semua kesempatan dan berkat yang telah Dia berikan kepada kita. Masing-masing dari kita benar-benar diberkati karena Tuhan telah mempercayakan misi ini kepada kita, dan kita harus berusaha untuk memanfaatkan peluang ini dengan baik sehingga melalui pekerjaan dan upaya kita, Tuhan dapat benar-benar dimuliakan dan Dia dapat memimpin lebih banyak lagi. lebih banyak jiwa menuju keselamatan dan kehidupan kekal melalui kontribusi dan upaya kita, seperti yang telah dilakukan St. Barnabas dalam hidup dan misinya.

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati