| Home | Bacaan Harian | Support Renungan Pagi | Renungan Minggu Ini | Kisah Para Kudus | Katekese Iman Katolik | Privacy Policy |

CARI RENUNGAN

>

Senin, 10 Juni 2024 Hari Biasa Pekan X

 
Senin, 10 Juni 2024
Hari Biasa Pekan X
   
Sungguh bukan sifatmu tidak rela melihat orang lain berhasil (St. Ignatius dari Antiokhia.)
         
         
Antifon Pembuka (Mzm 34:9)
  
Kecaplah dan lihatlah, betapa baiknya Tuhan! Berbahagialah orang yang berlindung pada-Nya.
 
Doa Pagi
 
Allah Bapa Sumber Kehidupan, Engkau senantiasa menjaga hidup kami dengan rezeki hidup sehari-hari. Buatlah hati kami makin terbuka akan karya-Mu dan penuhilah kami dengan sukacita. Dengan pengantaraan Tuhan kami, Yesus Kristus, Putra-Mu, yang hidup dan berkuasa bersama Dikau dalam persatuan Roh Kudus, Allah, sepanjang segala masa. Amin.
   
Bacaan dari Kitab Pertama Raja-Raja (17:1-6)
      
"Elia melayani Tuhan, Allah Israel."
     
Sekali peristiwa, Elia, orang Tisbe, dari Tisbe-Gilead, berkata kepada Raja Ahab: "Demi Tuhan yang hidup, Allah Israel , yang kulayani, tidak akan ada embun atau hujan pada tahun-tahun ini, kecuali kalau kukatakan." Kemudian Tuhan bersabda kepada Elia, "Pergilah dari sini, berjalanlah ke timur dan bersembunyilah di tepi sungai Kerit di sebelah timur sungai Yordan. Engkau dapat minum dari sungai itu, dan burung-burung gagak telah Kuperintahkan untuk memberi makan engkau di sana ." Maka ia pergi dan berbuat seperti disabdakan Tuhan. Ia pergi dan diam di tepi sungai Kerit di sebelah timur Sungai Yordan. Pada waktu pagi dan petang burung-burung gagak membawa roti dan daging kepadanya, dan ia minum dari sungai itu.
Demikianlah sabda Tuhan
U. Syukur kepada Allah.

Mazmur Tanggapan do= d, 4/4, PS 805
Ref. Hanya Engkaulah Tuhan Allahku dan harapan untuk hidupku.
atau Pertolongan kita dari Tuhan yang menjadikan langit dan bumi.
Ayat. (Mzm 121:1-2.3-4.5-6.7-8)
1. Aku melayangkan mataku ke gunung-gunung; dari manakah akan datang pertolongan bagiku? Pertolonganku ialah dari Tuhan, yang menjadikan langit dan bumi.
2. Ia takkan membiarkan kakimu goyah, Penjagamu tidak akan terlelap. Sungguh, tidak akan terlelap dan tidak akan tertidur Penjaga Israel .
3. Tuhan penjagamu, Tuhan naunganmu di sebelah tangan kananmu. Matahari tidak akan menyakiti engkau pada waktu siang, tidak pula bulan pada waktu malam.
4. Tuhan akan menjaga engkau terhadap segala kecelakaan; Ia akan menjaga nyawamu. Tuhan akan menjaga keluar masukmu dan sekarang sampai selama-lamanya.

Bait Pengantar Injil do=f, 4/4, PS 960
Ref. Alleluya, alleluya, alleluya
Ayat. (Luk 6:23b)
Bersukacitalah dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga.

Inilah Injil Suci menurut Matius (5:1-12)
   
"Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah."
   
Pada suatu hari Yesus naik ke atas bukit, sebab melihat orang banyak. Setelah Ia duduk, datanglah murid-murid-Nya kepada-Nya. Lalu Yesus mulai berbicara dan menyampaikan ajaran ini kepada mereka, "Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah orang yang berdukacita, karena mereka akan dihibur. Berbahagialah orang yang lemah lembut, karena mereka akan memiliki bumi. Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan. Berbahagialah orang yang murah hati, karena mereka akan beroleh kemurahan. Berbahagialah orang yang suci hatinya, karena mereka akan melihat Allah. Berbahagialah orang yang membawa damai, karena mereka akan disebut anak-anak Allah. Berbahagialah orang yang dianiaya demi kebenaran, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga. Berbahagialah kalian, jika demi Aku kalian dicela dan dianiaya, dan kepadamu difitnahkan segala yang jahat. Bersukacitalah dan bergembiralah, sebab besarlah ganjaranmu di surga, sebab para nabi sebelum kalian pun telah dianiaya."
Verbum Domini 
(Demikianlah Sabda Tuhan)
U. Laus tibi Christe 
(U. Terpujilah Kristus)

  
Renungan

  
Saudara dan saudari dalam Kristus, pada hari ini kita dipanggil untuk merenungkan kata-kata Tuhan kita Yesus dalam Sabda Bahagia yang Dia ajarkan kepada para murid dan orang-orang yang mendengar ajaran-Nya di gunung, seperti yang juga kita dengar dalam Injil kita. bagian hari ini. Delapan Sabda Bahagia adalah delapan kebajikan baik yang harus kita semua miliki dalam hidup kita masing-masing, seperti yang telah dilalui Yesus masing-masing, yang kemudian diharapkan dari kita umat Kristiani.  
 
Kita harus miskin di hadapan Allah, yang tidak mengacu pada kemiskinan materi, atau menjadi miskin karena kita tidak memiliki uang atau harta duniawi untuk menopang diri kita sendiri. Ini adalah kesalahpahaman yang sering dimiliki banyak orang sehubungan dengan istilah 'miskin dalam semangat'. Yesus tidak mendukung mereka yang miskin secara materi melawan yang kaya, dan Dia juga tidak mengutuk orang kaya hanya karena mereka kaya atau memiliki lebih banyak harta materi daripada yang lain.

Sebaliknya, itu berarti bahwa kita harus mengakui kemiskinan rohani kita, memahami bahwa kita semua adalah orang berdosa di hadapan Allah, nakal dan memberontak, telah dibuang dari hadirat-Nya karena ketidaktaatan dan keberdosaan kita. Pengakuan dan kesadaran akan dosa dan kelemahan diri sendiri adalah sesuatu yang tidak biasa kita lihat di antara kita sendiri. Kita seringkali terlalu bangga dan merasa terlalu benar sendiri untuk dapat melihat kesalahan kita sendiri dan karena itu kita tidak mampu mengambil langkah untuk memperbaiki situasi ini.

Karena itu Kerajaan Allah benar-benar milik mereka yang rendah hati dan mau diampuni, mereka yang mampu membuka diri untuk menerima kasih karunia Allah. Yang kemudian sampai pada Sabda Bahagia berikutnya, tentang mereka yang berduka. Dukacita ini sering dikaitkan dengan mereka yang sedih dan berduka karena kehilangan sesuatu atau seseorang yang berharga, seperti ketika seseorang yang mereka cintai meninggal dunia. Namun yang lebih penting lagi, seseorang yang miskin jiwa juga akan bersedih.

Mengapa demikian? Itu karena jika kita menyadari dosa-dosa kita, dan betapa buruknya dosa-dosa itu, kita akan sangat sedih, mengetahui bahwa Tuhan pasti akan menghukum kita atas semua perbuatan keji dan jahat yang telah kita lakukan. Penyesalan yang menyertai tindakan seseorang, mengetahui penyesalan atas dosa-dosanya yang tidak dapat dilakukan oleh banyak orang di zaman kita. Banyak dari kita tidak mengetahui dosa-dosa kita sendiri, dan betapa buruknya dosa itu bagi jiwa kita sendiri.

Dunia ini penuh dengan dosa dan kegelapan, dan banyak dari kita yang terjebak dalam kegelapan. Kita memenuhi diri kita dengan tindakan kebencian, kecemburuan, keserakahan dan semua hal lain yang tidak pantas bagi diri kita sendiri sebagai orang-orang yang menyebut diri mereka sebagai orang Katolik. Kita menyebabkan kerugian, rasa sakit, dan penderitaan pada orang lain hanya agar kita dapat memperoleh sesuatu untuk diri kita sendiri, agar kita mendapat manfaat di atas ketidaknyamanan dan penderitaan orang lain. Ini akan terjadi ketika setiap orang hanya peduli pada dirinya sendiri dan bukan pada orang lain.

Di sinilah kita perlu bersikap lembut, penuh kasih dan perhatian, tidak cepat marah tetapi tenang dan berbelas kasih. Kita harus memiliki keinginan untuk mengasihi satu sama lain, dan menunjukkan perhatian dan kepedulian terhadap saudara-saudara kita, terutama ketika kita melihat seseorang diperlakukan tidak adil, diintimidasi dan diambil haknya dari mereka. 
 
Kita semua dipanggil untuk menjadi mereka yang siap membantu saudara-saudara kita ini, membantu mereka dan menghibur mereka, menunjukkan belas kasihan dan cinta kepada mereka. Itulah sebabnya Tuhan memberkati semua orang yang memiliki belas kasihan dan belas kasihan di dalam hati mereka, semua orang yang tidak mampu duduk diam saat mereka melihat seseorang dianiaya, diintimidasi dan dianiaya. Itu tidak hanya berarti bahwa kita harus melakukan yang terbaik untuk mengatasi dosa-dosa kita, tetapi kita juga harus saling membantu melalui tindakan kita.

Hanya ketika kita memiliki niat yang benar, sikap yang benar, dan pemahaman yang benar tentang hal-hal barulah kita dapat melanjutkan dengan cara Kristiani. Dan memang, orang Katolik adalah orang yang cinta damai, yang mengusahakan kemajuan bagi saudara-saudaranya. Orang yang damai menginspirasi satu sama lain untuk mengesampingkan konflik dalam menangani masalah. Mereka akan berusaha sebaik mungkin untuk menghadirkan keharmonisan dan kedamaian dalam segala situasi. Saat itulah kasih harus mengalahkan kebencian, di mana keadilan harus mengalahkan ketidakadilan. 


Baca renungan lainnya di lumenchristi.id silakan klik tautan ini
 
Antifon Komuni (Mat 5:3)

Berbahagialah orang yang miskin di hadapan Allah, karena merekalah yang empunya Kerajaan Surga.  


  
  
Sabda bahagia mencerminkan wajah Yesus Kristus dan cinta kasih-Nya. Mereka menunjukkan panggilan umat beriman, diikutsertakan di dalam sengsara dan kebangkitan-Nya; mereka menampilkan perbuatan dan sikap yang mewarnai kehidupan Kristen; mereka merupakan janji-janji yang tidak disangka-sangka, yang meneguhkan harapan di dalam kesulitan; mereka menyatakan berkat dan ganjaran, yang murid-murid sudah miliki secara rahasia; mereka sudah dinyatakan dalam kehidupan Perawan Maria dan semua orang kudus. (Katekismus Gereja Katolik, No. 1717)
   
Renungan Pagi

terima kasih telah mengunjungi renunganpagi.id, jika Anda merasa diberkati dengan renungan ini, Anda dapat membantu kami dengan memberikan persembahan kasih. Donasi Anda dapat dikirimkan melalui QRIS klik link. Kami membutuhkan dukungan Anda untuk terus menghubungkan orang-orang dengan Kristus dan Gereja. Tuhan memberkati

renunganpagi.id 2024 -

Privacy Policy